Putri, Anak Petani yang Berhasil Mendapat Beasiswa ke Kanada

  • Bagikan
Putri, Anak Petani yang Berhasil Mendapat Beasiswa ke Kanada
republika.co.id

Seruni.id – Siapapun bisa mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di universitas yang diinginkan. Termasuk Putri Wahyu Kusumaningtyas.

Putri, Anak Petani yang Berhasil Mendapat Beasiswa ke Kanada
detik.com

Siswi Madrasah Alliyah Negeri (MAN) 2 Ponorogo itu, berhasil mendapatkan beasiswa untuk kuliah di University of British Columbia (UBC), Kanada.

Anak seorang petani asal Magetan itu, rencananya akan terbang ke Kanada pada bulan Agustus mendatang. Diketahui, Putri adalah salah satu finalis dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN).

Lantaran menjadi salah satu finalis, Putri pun mendapatkan undangan beasiswa Indonesia Maju Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Ia pun kemudian mencoba peruntungannnya itu dan menyiapkan segala persyaratan. Setelah semua proses ia lalui, ia pun tak menyaka jika diirnya akan lolos.

“Awalnya saya ikut Olimpiade Sains Nasional, meski tidak juara, tapi jadi salah satu finalis,” tuturnya.

“Saya lolos seleksi administrasi, wawancara, serta melengkapi persyaratan seperti paspor, nilai IELTS, personal profile untuk apply ke kampuan tujuan. Kemudian menunggu Latter of Acceptance atau LoA dan terakhir lolos seleksi tahap pembinaan,” kata Putri.

Menurut Putri, ia bukanlah siswi yang paling pintar di sekolah. Bahkan, ia mengaku bahwa dirinya hanya mendapatkan peringkat ke-26 dari 300 siswa kelas XII.

Namun, karena ketekunannya dalam belajar, Putri menjadi satu-satunya wakil MAN 2 Ponorogo yang lolos kuliah ke Kanada. Terlebih, UBC adalah salah satu kampus yang telah diidam-idamkan sejak lama.

Biaya Kuliah Ditanggung Pemerintah

Meski bukanlah siswi yang paling pintar di sekolah, tapi Putri telah membuktikan bahwa kesungguhan membuatnya berhasol lolos seleksi beasiswa tersebut. Nantinya, seluruh biaya selama masa perkuliahan akan ditanggung pemerintah.

“Mulai dari biaya hidup, tunjangan kesehatan, biaya buku dan penelitian, hingga biaya kedatangan semua ditanggung,” tandas Putri.

Sementara itu, Kepala MAN 2 Ponorogo Nastain mengaku bangga dan turut mendukung prestasi anak didiknya.

“Kita dukung terus siswa yang membawa prestasi, membawa nama baik sekolah, Kemenag, dan negara Indonesia,” tutur Nastain.

Baca Juga: Rein Vidya Wisudawan Termuda yang Lulus Kedokteran di Unpad

  • Bagikan