Rahasia Bangun Tidur dengan Rasa Bahagia, Gimana Caranya?

  • Bagikan
Rahasia Bangun Tidur dengan Rasa Bahagia, Gimana Caranya?
compospolitan.co.id

Seruni.id – Bangun tidur dengan rasa bahagia akan berdampak baik pada aktivitas yang dilakukan dalam sehari penuh. Lain halnya saat bangun tidur kita langsung gelisah dan galau, pasti melakukan apapun menjadi kurang bersemangat. Agar hari-hari berjalan dengan baik, kuncinya adalah bahagia saat bangun tidur. Namun, bagaimana caranya bangun tidur dengan rasa bahagia? Simak di bawah ini yuk, Seruni akan ungkap rahasianya.

Rahasia Bangun Tidur dengan Rasa Bahagia, Gimana Caranya?
fimela.com

1. Awali Harimu dengan Bersyukur

Kunci dari bahagia adalah bersyukur. Jadi, agar hari-harimu selalu dipenuhi dengan rasa bahagia, maka bersyukurlah dengan apa yang kamu miliki. Bersyukur karena kamu masih bisa terbangun di pagi hari, bernapas lega, dan bisa melihat mentari yang menyambutmu dengan sinar cerahnya.

Bagaimana cara melakukannya? Sebelum kamu beranjak dari tempat tidur, luangkanlah sedikit waktu untuk menulis tiga hal yang kamu syukuri dari hari yang sudah kamu lalui. Jadikanlah tulisan itu sebagai afirmasi dan jangan lupa berterimah kasih pada Sang Pencipta.

 

2. Ambil Napas Dalam-dalam

Selain menuliskan apa-apa saja hal yang membuatmu bersyukur, lalu cobalah ambil napas dalam-dalam dan melepaskan secara perlahan. Cara ini diyakini dapat meningkatkan suasana hati yang luar biasa. Melakukan pernapasan dalam akan memperluas diafragma, lalu mengantarkan oksigen ke semua sel tubuh dan mengeluarkan racun yang ada di paru-paru.

 

3. Tersenyum

Agar bangun tidur dengan rasa bahagia, jangan lupa untuk selalu tersenyum. Sebab, pada faktanya, tersenyum dapat menipu pikiran kita untuk merasa lebih bahagia. Ketika tersenyum, tubuh akan melepaskan hormon bahagia, seperti endorfin. Menurut penelitian, orang dewasa lebih sedikit tersenyum dibandingkan anak-anak. Jika dihitung, orang dewasa hanya tersenyum sebanyak 12 kali per hari, sedangkan anak-anak, sebanyak 150 kali.

 

4. Menikmati Alam

Menurut informasi dari seorang ahli terapi, orang yang paling bahagia adalah mereka yang kerap berjemur di bawah matahari pagi dan menikmati alam sesering mungkin. Hal ini bisa terjadi, karena alam memiliki kemampuan untuk menyembuhkan dan membangkitkan indra tubuh, mengurangi stres, kecemasan, depresi, serta meningkatkan kreativitas dan produktivitas.

Alam juga mengingatkan kita, bahwa ada sesuatu yang lebih besar di luar sana. Tak melulu harus pergi ke pantai untuk menikmati alam. Cukup luangkan waktu untuk berjalan-jalan di sekitar lingkungan tempat tinggalmu. Dengan selalu menikmati alam, ini akan membantu agar dapat bangun tidur dengan rasa bahagia.

 

5. Bermain dengan Hewan Peliharaan

Kalau kamu punya hewan peliharaan, coba deh luangkan waktu sebentar untuk bermain dengannya. Sebab, hewan peliharaan bisa menjadi sumber hiburan dan kegembiraan yang luar biasa. Berdasarkan penelitian di tahun 2014 silam, tekanan darah manusia akan menrun saat mereka memelihara dan bermain dengan hewan kesayangannya. Memelihara hewan, bisa membuat diri merasa terhubung sekaligus memiliki efek yang menenangkan. Dijamin kamu akan selalu tersenyum dan tertawa di pagi hari.

Baca Juga: Doa Bangun Tidur Lengkap dengan Bahasa Arab, Latin, dan Keutamaannya

Itulah rahasia agar bangun tidur dengan rasa bahagia. Selalu ingat, ya, kunci dari hari yang kamu jalani penuh dengan kebahagiaan atau tidak, berawal dari perasaan yang kamu rasakan saat bangun tidur. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

  • Bagikan