Resep Kentang Goreng Keju, Mudah, Renyah, dan Anti Gagal!

Resep Kentang Goreng Keju, Mudah, Renyah, dan Anti Gagal!
dapurumami.com

Seruni.id – Tak ada camilan yang bisa disantap untuk menemani kumpul keluarga? Sepertinya kamu harus coba membuat kentang goreng keju, nih. Selain enak camilan yang satu ini juga mengenyangkan, loh.

Resep Kentang Goreng Keju, Mudah, Renyah, dan Anti Gagal!
cookpad.com

Menurut kebanyakan orang, kentang goreng yang dijual di restoran cepat saji memiliki rasa yang berbeda dengan yang dibeli secara curah atau kemasan. Namun, harga kentang goreng di restoran fast food tersebut tidak dapat dikatakan murah. Agar bisa menikmati camilan tersebut dengan lebih hemat, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya gampang banget, tapi jangan lupa untuk menyiapkan bahan-bahan berikut ini, ya.

Resep Kentang Goreng Keju

Agar lebih hemat biaya, kamu bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah, ya. Apa saja sih bahan yang dibutuhkan?

Bahan-bahan:

  • 1/2 sendok teh lada bubuk
  • 3 tangkai daun seledri (cincang halus atau bisa diganti dengan oregano kering)
  • 10 sendok makan penuh tepung maizena (setara dengan 150 gram)
  • 100 gram keju chedaar (parut)
  • 500 gram kentang (kukus dan haluskan)
  • Garam dan penyedap rasa secukupnya

Cara membuat:

  • Langkah pertama, cuci dan potong kentang dengan ukuran sedang. Kukus dan haluskan kentang.
  • Kemudian kentang yang sudah dihaluskan, uleni sampai rata. Masukkan tepung maizena dan parutan keju.
  • Adonan yang sudah teraduk kemudian dimasukkan ke plastik kiloan dan ratakan bentuk adonan dengan rolling pin, jika tidak ada bisa menggunakan botol kaca.
  • Potong sesuai selera. Namun, agar pisau tidak lengket, gunakan sedikit tepung. Goreng dengan api kecil hingga kecoklatan. Pastikan kentang digoreng sampao benar-benar kering agar saat dingin tidak melempem.
  • Sajikan selagi masih hangat bersama cocolan mayonnaise atau saus sambal sesuai selera.

Trik Agar Tidak Gagal dalam Membuat Kentang Goreng Keju

Kunci keberhasilan dalam membuat kentang goreng keju, tidak hanya terletak pada bahan-bahan yang digunakan saja. Tapi, juga pada proses pembuatannya. Saat hendak digoreng, usahakan api pada kompor tidak terlalu kecil pun besar, alias sedang saja. Metode ini akan membuat bahan yang tercampur, menjadi sangat renyah ketika dimakan.

Saat ini, banyak sekali resep kentang goreng tanpa menggunakan keju. Lantas, bagaiaman rasanya? Memang rasa gurih bisa didapatkan dari garam, gula, atau bumbu penyedap rasa. Namun, namanya saja ‘Kentang Goreng Keju’, sudah pasti harus menggunakan keju di dalamnya.

Ada dua jenis keju yang paling cocok untuk membuat kentang goreng ini. Pertama adalah cheddar, dengan tekstur yang tidak terlalu lembek dan rasanya yang cukup gurih. Dengan menambahkan keju cheddar parut pada proses pembuatan adonan kentang goreng keju ini, akan lebih memunculkan rasa sangat gurih dan juga sensasi lebih renyah daripada butiran keju cheddar yang sangat kering.

Dan jenis yang kedua, yakni keju permesan. Biasanya keju dengan jenis ini dijual dengan harga yang cukup mahal. Jika menurutmu keju permesan sangat tidak ekonomis, kembalilah untuk memilih keju chedaar. Akan tetapi, hindari penggunaan keju lunak yang mudah lumer, seperti mozzarella karena hanya akan membuat tekstur kentang hancur saat digoreng.

Baca Juga: 8 Resep Cemilan Berbahan Keju yang Simpel dan Nikmat

Gimana, mudah kan? Selamat mencoba, semoga keluargamu suka dengan kentang goreng buatanmu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.