5 Resep Roti Ala Korea yang Lembut dan Bikin Ketagihan

  • Bagikan
5 Resep Roti Ala Korea yang Lembut dan Bikin Ketagihan
food.detik.com

Seruni.id – Membuat roti khas Indonesia sepertinya sudah biasa, dengan cita rasa khas yang dimilikinya, yakni manis dan gurih. Jika ingin mencoba sensasi yang berbeda, cobalah resep roti ala Korea yang lembut, nikmat, dan juga sedang hits. Dijamin kamu akan ketagihan ketika pertama kali mencicipinya. Apalagi, cara pembuatannya tidak terlalu sulit. Daripada makin penasaran, langsung saja simak resep roti ala Korea berikut ini:

1. Hotteok

5 Resep Roti Ala Korea yang Lembut dan Bikin Ketagihan
cakapcakap.com

Kamu tahu gak sih? Kuliner khas Korea itu tidak hanya sebatas ramyeon, tteobokki, kimbab, dan jajangmyeon, loh. Bagi kamu pencinta makanan manis, wajib banget mencoba hotteok. Roti berbentuk bulat ini mirip seperti pancake, hanya saja ukurannya lebih mini. Kalau di tempatmu masih sulit menemukannya, buat saja di rumah dengan resep roti ala Korea berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 11 gram ragi instan
  • 50 gram gula halus
  • 75 gram tepung ketan
  • 100 ml krimer
  • 200 ml susu cair
  • Tepung terigu 200 gram
  • Selai kacang secukupnya
  • Cokelat Ovomaltine secukupnya

Cara membuat:

  • Langkah pertama, tentunya kamu harus menyiapkan wadah berukuran sedang. Kemudian, masukkan tepung terigu, tepung ketan, gula halus, dan ragi instan. Jika sudah, aduk hingga bahan tersebut tercampur rata.
  • Setelah itu, tambahkan krimer dan susu cair ke dalam tepung, lalu aduk kembali sampai adonan kalis. Diamkan beberapa saat hingga adonan mengembang.
  • Jika sudah mengembang, ambil 50 gram atau sekepal adonan, lalu pipihkan. Tambahkan selai kacang atau sesendok cokelat, kemudian bentuk bulat.
  • Pipihkan dengan tangan, lalu sisihkan, lakukan cara yang sama sampai adonan habis.
  • Kalau semua adonan sudah selesai kamu bentuk, barulah siapkan teflon yang sebelumnya telah diolesi mentega, panaskan di atas kompor. Setelah itu panggang kue di atasnya.
  • Balik kue, panaskan bagian satunya agar matangnya merata. Gunakan api kecil agar adonan tidak gosong dan matang sempurna.

2. Egg Bread

5 Resep Roti Ala Korea yang Lembut dan Bikin Ketagihan
flickr.com

Resep roti ala Korea berikutnya adalah egg bread, roti telur ala Korea ini cukup populer sebagai jajanan kaki lima. Perpaduan antara roti dan telurnya benar-benar menjadi kombinasi yang sempurna. Untuk membuatnya sendiri pun tidak terlalu sulit, kok. Berikut resep yang bisa kamu coba.

Bahan-bahan:

  • 1 sendok makan mentega (lelehkan)
  • 1 butir telur untuk adonan
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 4 butir telur untuk dicepok di atas adonan
  • 130 ml susu cair
  • 200 gram tepung terigu
  • Garam 1/3 sendok teh
  • Baking powder 1 sendok teh
  • Esens vanila 1 sendok teh
  • Parsley kering secukupnya

Cara membuat:

  • Siapkan wadah sedang dan bersih. Lalu campurkan mentega, gula pasir, garam, 1 butir telur, dan esens vanila. Kocok menggunakan whisk hingga gula larut.
  • Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit ke dalam adonan. Tambahkan baking powder dan susu cair. Aduk hingga bahan tercampur rata.
  • Panaskan oven, olesi loyang dengan mentega. Tuang adonan ke loyang hingga setengah bagiannya.
  • Ceplok telur di atas adonan. Taburi dengan parsley kering secukupnya.
  • Panggang roti selama kurang lebih 20 menit hingga matang.

3. Donat Tepung Ketan

5 Resep Roti Ala Korea yang Lembut dan Bikin Ketagihan
fimela.com

Kalau kamu sering menonton drama Korea, mungkin kamu akan menemui scene di mana mereka makan jajanan di pinggir jalan. Salah satu jajanan pinggir jalan yang unik adalah kue donat tepung ketan. Dari tampilannya, sekilas memang mirip seperti kue goreng di Indonesia, tapi donat ketan ini memiliki cita rasa yang berbeda. Adapun resep roti ala Korea yang satu ini, yakni sebagai berikut:

Bahan-bahan:

  • 1 sendok teh baking powder
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 30 gram tepung terigu
  • 200 ml air
  • Tepung ketan 200 ml
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Gula putih halus sebagai topping atau gula pasir sebagai taburan

Cara membuat:

  • Campurkan semua bahan tepung, gula, baking powder, dan garam. Aduk hingga bahan merata.
  • Setelah itu, tuang sedikit demi sedikit air ke dalam wadah sambil mengaduk adonan hingga kalis.
  • Buat bulatan-bulatan dan diamkan.
  • Goreng donat dengan minyak panas dan api sedang. Setelah mengembang dan berwarna kuning kecokelatan, barulah angkat dan tiriskan.
  • Terkahir, taburi dengan gula halus atau gulung dalam gula pasir.

4. Donat Kepang

5 Resep Roti Ala Korea yang Lembut dan Bikin Ketagihan
kompas.com

Umumnya donat berbentuk bulat dengan lubang di bagian tengahnya. Berbeda dengan Korea, mereka memiliki donat yang sangat unik, namanya adalah donat kepang. Bukan sekadar namanya saja, ya, tapi bentuknya memang benar-benar dikepang, loh. Bentuknya yang unik dengan rasa yang manis, membuat donat kepang menjadi salah satu makanan favorit di Negeri Gingseng. Buat kamu yang penasaran gimana rasa dan cara membuatnya, yuk lihat resep roti ala Korea berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 1 sendok teh garam
  • 2 butir kuning telur
  • 5 gram ragi instan
  • 60 gram margarin
  • 100 gram gula pasir
  • 250 ml air es
  • 500 gram tepung terigu protein sedang
  • Minyak secukupnya

Cara membuat:

  • Pertama, buatlah adonannya terlebih dahulu. Dengan cara mencampurkan tepung terigu, gula pasir, kuning telur, ragi instan, dan air es. Semua bahan tersebut dimixer hingga kalis. Setelah kalis, barulah masukkan garam dan margarin, kemudian mixer kembali hingga menjadi elastis.
  • Selanjutnya, bagi adonan dengan berat masing-masing 40 gram, lalu bulatkan dan biarkan selama 30 menit hingga mengembang. Setelah mengembang, ambil adonan, lalu pipihkan secara memanjang.
  • Jika sudah, potong menjadi tiga bagian, sisakan bagian ujung agar adonan tidak putus, lalu bentuk kepang. Lakukan hingga adonan habis.
  • Terkahir, panaskan minyak di dalam teflon, lalu goreng donat kepang menggunakan api sedang hingga matang. Jangan lupa dibalik agar matang merata. Setelah matang, angkat, tiriskan, dan donat pun siap disajikan.

5. Cream Cheese Garlic Bread

5 Resep Roti Ala Korea yang Lembut dan Bikin Ketagihan
klikdokter.com

Resep roti ala Korea berikutnya ada cream cheese garlic bread, roti gurih khas Negeri Gingseng ini memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang gurih. Isinya pun padat, sehingga saat dimakan cukup membuat perut kenyang, dan pastinya bikin ketagihan. Jadi makin penasaran dong dengan roti yang satu ini? Yuk langsung buat sendiri di rumah dengan resep berikut.

Bahan roti:

  • 1 butir telur ayam
  • 3 gram garam
  • 4 gram ragi instan
  • 20 gram margarin
  • 30 gram gula pasir
  • 110 ml susu cair
  • 250 gram tepung terigu protein tinggi

Bahan krim keju:

  • 1 sendok makan peterseli atau seledri yang sudah dicincang
  • 5 sendok makan gula halus
  • 50 gram susu cair
  • 200 gram cream cheese (kalau tidak ada, kamu bisa menggantinay dengan keju cedar atau keju parmesan)
  • Bahan saus bawang putih:
  • 1 sendok makan peterseli
  • 5 siung bawang putih
  • 100 gram margarin
  • Telur ayam 1 butir

Cara membuat roti:

  • Siapkan wadah, masukkan susu, gula, dan ragi. Aduk ketiga bahan tersebut hingga merata dan gula larut. Setelah itu, biarkan sejenak kurang lebih 5-10 menit. Di wadah lain, masukkan tepung, telur, dan garam.
  • Sebelum mengolahnya, kamu harus memastikan apakah adonan ragi sudah berbusa atau belum. Jika sudah, tuangkan adonan ragi di atas tepung, telur, dan garam. Uleni hingga kalis.
  • Kalau sudah kalis, pindahkan adonan ke alas pemanggang. Lalu, campurkan margarin. Uleni kembali hingga kalis. Apabila adonan masih terasa kasar, tambahkan air sedikit demi sedikit sampai adonan halus dan lentur.
  • Tutupi adonan dengan kain dan biarkan beberapa saat. Tunggu selama satu jam hingga adonan roti mengembang sempurna.
  • Jika dirasa sudah mengambang, jangan lupa kempiskan adonannya, ya. setelah itu, uleni kembali selama dua menit.
  • Bagi adonan menjadi beberapa bagian, bentuk bulat berukuran kecil atau sedang hingga permukaan halus.
  • Biarkan sejenak selama 30 menit sampai adonan tersebut mengembang.
  • Panaskan oven sekitar 180 derajat, kemudian panggang roti sampai berwarna kecokelatan. Tunggu, kurang lebih 30 menit.
  • Biar roti bun buatanmu tetap renyah. Setelah selesai dipanggang, langsung masukkan ke dalam lemari pendingin. Hal inilah yang membuat roti cream cheese garlic bread tidak hanya gurih, tetapi juga bertekstur garing dan renyah.
  • Kalau sudah beku, diamkan hingga roti bisa dibelah menjadi 6 bagian tanpa terputus.

Cara membuat krim keju dan saus bawang putih:

  • Sebelum membuat krim keju dan saus bawang putih, sebaiknya pisahkan roti yang sudah dipotong menjadi enam bagian, ya.
  • Siapkan ketiga bahan, tuang ke dalam sebuah wadah, campurkan bahan tersebut dan aduk hingga merata.
  • Untuk mengaduknya, cukup gunakan spatula agar krim keju yang dibuat tidak terlalu lembut. Kemudian, tambahkan cincangan daun peterseli atau seledri.
  • Sedangkan untuk membuat bahan saus bawang putihnya, kamu perlu melelehkan mentega terlebih dahulu, kemudian aduk secara perlahan. Saat melelehkan mentega, pastikan tidak sampai mendidih, ya.
  • Cincang bawang putih dan daun peterseli.
  • Angkat mentega yang telah cair. Kemudian, masukkan bawang putih, daun peterseli yang telah dicincang, susu kental manis, dan telur ayam.
  • Aduk sampai semua bahan sampai merata.

Cara mengisi krim keju dan saus bawang putih:

  • Jika langkah-langkah di atas sudah selesai, kini saatnya untuk mengisi krim keju dan saus bawang putih yang sudah kamu buat ke dalam roti yang sudah dipotong sebelumnya.
  • Usai membuat isian untuk bagian dalam roti, kamu bisa mengoleskan krim keju ke setiap bagian dalam roti.
  • Siram atau celupkan ke dalam saus bawang putih hingga seluruh bagian roti tertutupi saus tersebut.
  • Panggang kembali roti dalam oven dengan suhu 200 derajat celcius selama 10-15 menit.
  • Kini, cream cheese garlic bread buatanmu sendiri siap disajikan selagi hangat. Hidangkan bersama kopi hitam atau teh hijau, bikin akhir pekan terasa lebih nikmat.

Baca Juga: 5 Resep Roti Sobek Lembut yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

Itulah lima resep roti ala Korea yang bisa kamu buat di rumah sebagai camilan saat santai bersama keluarga. Kamu tertarik untuk membuat yang mana dulu nih? Coba tulis di kolom komentar, yuk. Semoga resep roti ala Korea yang Seruni berikan dapat bermanfaat, jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-temanmu, ya!

  • Bagikan
seruni.id