7 Tanaman Hias yang Mampu Menyerap Racun di Udara

  • Bagikan
7 Tanaman Hias yang Mampu Menyerap Racun di Udara
haibunda.com

Seruni.id – Adanya tanaman hias, tidak hanya mempercantik halaman rumah saja. Namun, juga bisa membuat udara menjadi lebih segar dan tampak asri. Selain itu, ternyata ada sejumlah tanaman hias yang mampu menyerap racun di udara, loh.

Hal ini terjadi karena selama proses fotosintesis, tumbuhan akan mengubah karbondioksida yang kita embus menjadi oksigen segar dan membuang racun dari udara yang kita hirup. Lantas, tanaman hias apa saja yang bisa kita letakkan di rumah dan menjadi agen penyerap racun di udara? Yuk simak tananam hias yang mampu menyerap racun di udara berikut ini:

1. Hebras (Gerber Daisy – Gerbera Jamesonii)

7 Tanaman Hias yang Mampu Menyerap Racun di Udara
indonesian.alibaba.com

Tanaman hias yang mampu menyerap racun di udara yang pertama ada Gerber Daisy yang berasal dari kawasan Afrika Selatan. Dengan warnanya yang bervariasi, bunga ini memiliki kemampuan untuk menyerap racun seperti trichloroethylene yang biasa muncul dari produk sabun cuci. Kalau kamu tertarik untuk memilikinya, kamu bisa menempatkan bunga ini di area sekitar dapur atau kamar mandi.

2. Anggrek

7 Tanaman Hias yang Mampu Menyerap Racun di Udara
pikiran-rakyat.com

Bunga yang satu ini sangat populer di kalangan pencinta tanaman hias. Anggrek yang memiliki berabagai macam jenis ini, juga dipercaya mampu menyerap racun di udara, loh. Cara menanam bunga anggrek ini sebaiknya dibiarkan saja, tapi jangan lupa disiram jika kondisi tanahnya mulai mengering. Bunga anggrek bisa dijadikan sebagai penyaring udara. Salah satunya dapat menyaring udara dari polusi xylene yang dikeluarkan dari cat dinding rumah. Bahkan, di malam hari anggrek bisa menghasilkan oksigen. Sehingga, bunga ini cocok sekali dijadikan sebagai tanaman hias indoor di rumahmu.

3. Sirih Gading

7 Tanaman Hias yang Mampu Menyerap Racun di Udara
dekoruma.com

Tanaman hias yang mampu menyerap racun di udara berikutnya adalah sirih gading atau biasa disebut dengan devil’s ivy. Selain harganya yang cukup murah, tanaman ini juga mudah ditemukan di berbagai pusat penjualan tanaman hias. Perlu kamu tahu nih, sirih gading ternyata dapat menyerap formaldehida atau formalin dari udara di sekitar rumah.

4. Bunga Anthurium

7 Tanaman Hias yang Mampu Menyerap Racun di Udara
sulsel.idntimes.com

Kehadiran tanaman hias di dalam rumah akan mengubah tampilan pada ruangan. Salah satu tanaman yang bisa kamu pilih adalah anthurium. Tanaman hias bunga yang berukuran besar ini juga dapat menyaring ammonia, formalin, toluena, dan xylene yang ada di dalam ruangan, loh. Sementara tanaman hias indoor berwarna merah terang ini bisa kamu letakkan saat hendak mendekorasi ruangan. Kamu bisa meletakkannya di ruang tamu atau di tempat yang bersirkulasi udara baik, yakni terkena cahaya matahari. Dengan menaruh tanaman ini, maka mood-mu pun akan lebih baik, loh. Agar tanaman semakin awet, jangan lupa lakukan penyiraman secara teratur, ya.

5. Lidah Buaya

7 Tanaman Hias yang Mampu Menyerap Racun di Udara
journal.sociolla.com

Selain untuk perawatan rambut dan kecantikan, lidah buaya menjadi salah satu jenis tenaman hias yang mampu menyerap racun di udara, loh. Kamu bisa menaruhnya di dalam maupun luar ruangan. Cara perawatannya cukup mudah, karena tanaman ini tidak memerlukan banyak air dan cahaya matahari. Pas sekali jika kamu menjadkannya sebagai tanaman hias di ruang tamu, kamar atau dapur.

6. Bunga Azalea

7 Tanaman Hias yang Mampu Menyerap Racun di Udara
bibitbunga.com

Tanaman hias yang mampu menyerap racun di udara berikutnya adalah bunga azalea. Bunga berwarna indah ini dipercaya dapat menyerap berbagai polutan di udara dan mengembalikannya menjadi oksigen yang segar. Tak hanya itu, bunga ini juga mampu memberikan nuansa yang sejuk dan damai. Oh ya, untuk warnanya beragam, mulai dari pink, kunging, dan ungu. Jadi, kamu bisa pilih sesuai dengan keinginanmu.

Namun, untuk pertumbuhan yang maksimal, sebaiknya simpanlah di tempat yang cukup terkena cahaya matahari dan jangan tempatkan di meja makan. Sebab, kalau kamu menaruhnya di dapur khawatir nektar dari bunga tersebut bersifat racun dan akan menghinggap di masakanmu.

7. Lidah Mertua

7 Tanaman Hias yang Mampu Menyerap Racun di Udara
surabaya.liputan6.com

Di Indonesia tanaman ini dikenal dengan sebutan lidah mertua atau pedang-pedangan. Sementara nama internasionalnya adalah snake plant, snake tongue, dan devil’s tongue. Tanaman ini begitu umum berada di halaman rumah-rumah Indonesia, padahal, lidah mertua juga baik sebagai tanaman indoor. Manfaat tanaman hias penyerap racun lidah mertua ini antara lain penghasil oksigen, mengatasi polusi udara, menyerap karbon dioksida, hingga menimalkan radiasi.

Baca Juga: 8 Tips Merawat Tanaman Hias di Dalam Rumah Agar Tak Mudah Layu

Dari ketujuh jenis tanaman hias yang mampu menyerap racun di udara, mana yang menjadi favoritmu?

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

seruni.id