Satu Pekan Jelang Masuk Sekolah, Ini yang Harus Ibu Siapkan untuk Anaknya

switzal.co.id

Seruni.id – Tak terasa libur sekolah akan segera berakhir. Itu artinya, si kecil sesaat lagi harus memulai aktivitasnya kembali masuk sekolah. Akan tetapi, mengingat liburan kali ini terbilang cukup panjang, menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi orangtua. Tak jarang, efek libur terlalu lama membuat anak menjadi malas bangun pagi dan sekolah. Lantas, apa sih yang harus Ibu siapkan?

momiesdaily.com

Ajak Anak Berbincang Mengenai Serunya Sekolah

Jelang masuk sekolah, bangun pagi dan kembali belajar menjadi dua alasan utama mengapa mereka berat kembali ke sekolah setelah liburan. Nah, agar lebih semangat, Anda bisa mengajaknya berbincang seputar hal-hal seru yang bisa ia lakukan.

Tiga hari sebelum anak kembali beraktivitas di sekolah, Anda bisa mengatakan padanya “Di sekolah nanti, kamu bisa bertemu kembali dengan teman-teman yang sudah merindukanmu karena lama tidak bertemu selama liburan.” di samping itu, jika anak memiliki kegiatan yang menjadi favoritnya, beritahu padanya bahwa dengan kembali bersekolah, ia bisa melakukannya kembali.

Ajak Anak Membaca Buku Terkait Pelajaran

Waktu liburan yang terlalu lama biasanya akan membuat anak lupa akan pelajaran. Untuk mengasahnya kembali, disarankan mulai menyelipkan beberapa buku edukasi ke dalam bacaannya. Buku edukasi dengan gaya tulisan atau gambar bercerita juga bisa menjadi alternatif bacaan di waktu malam sebelum anak Anda tidur.

Libatkan Anak Saat Menyiapkan Perlengkapan Sekolahnya

Agar anak semakin bersemangat saat kembali masuk sekolah, ajak ia terlibat dalam menyiapkan perlengkapannya. Dengan begitu, anak akan teringat kembalil hal-hal seru dan mengasyikkan yang biasa dilaluinya bersama guru dan juga teman-temannya. Jika memungkinan, Anda juga bisa membelikannya beberapa perlengkapan sekolah baru seperti tas atau sampul buku yang memuat gambar tokoh animasi kesukaannya. Begitu melihat tokoh kesukaannya terpampang di tas dan sampul bukunya, ia tentu akan dapat lebih antusias dan tak sabar segera bersekolah kembali.

Baantu Anak Membuat Daftar Kegiatan yang Dinanti Saat Sekolah

Selain mengingatkannya untuk belajar, anak juga akan semangat apabila diingatkan aktiviitas yang dapat mereka lakukan di sekolah, terutama yang melibatkan teman-temannya. Bantu mereka untuk menyusun daftar kegiatan yang bisa dilakukan setelah masuk sekolah.

Di samping melakukan beberapa cara di atas, ada baiknnya Anda juga mendengarkan apa yang diinginkan anak terkait hari pertamanya di sekolah. Bisa jadi, anak punya cara sendiri yang membuatnya semangat kembali ke sekolah, misalnya meminta untuk dibangunkan pagi harinya, diantar atau dijemput sekolah. Sebagai bentuk dukungan, cobalah turuti keinginannya ini jika masih dalam batas wajar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.