Sedang Hits, Ini 8 Manfaat Clover Honey

Sedang Hits, Ini 8 Manfaat Clover Honey

Seruni.id – Clover honey sepertinya sedang hits saat ini. Mulai dari kalangan artis hingga orang biasa turut mengonsumsinya. Namun, sebenarnya apa sih clover honey itu? Bagi kalian yang masih bertanya-tanya, clover honey adalah madu yang berasal dari bunga atau nektar tamanan semanggi, yang dikonsumsi lebah penghasil madu. Sehingga, madu yang satu ini memiliki aroma yang unik yaitu aromanya yang seperti bunga.

Sedang Hits, Ini 8 Manfaat Clover Honey

Tak hanya dari aromanya saja yang unik, namun juga dari segi warnanya. Clover honey memiliki warna yang lebih terang daripada madu umumnya. Sehingga tidak heran jika banyak yang mencari madu ini untuk konsumsi sehari-hari. Kamu pasti telah mengetahui berbagai manfaat madu bagi kesehatan, namun berbeda dengan manfaat clover honey yang satu ini. Kali ini Seruni akan membahas tentang manfaat clover honey secara lengkap.

1. Obat Alami untuk Mengatasi Flu dan Batuk

Flu dan batuk adalah masalah kesehatan yang tidak bisa disepelekan. Karena jika dibiarkan, masalah tersebut akan semakin parah. Untuk mengatasinya, kamu perlu mengonsumsi bahan-bahan alami, seperti madu misalnya. Kamu bisa memilih clover honey sebagai solusinya. Menurut hasil penelitian yang dimuat dari jurnal Oxidative Medicine and Cellular Longevity tahun 2017, menyebutkan madu jenis ini tidak hanya mengatasi flu dan batuk saja, sifat antibakterinya mampu menenangkan tenggorokan.

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Pada masa pandemi saat ini, menjaga imunitas tubuh sangatlah penting, agar terhindar dari virus dan penyakit berbahaya lainnya. Dengan mengonsumsi clover honey, akan membuat sistem imun tetap perima, hal ini karena madu tersebut mengandung antibakteri dan antivirus. Kandungan tersebut juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar kamu tidak mudah terserang penyakit. Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi juga bisa memberi efek baik pada imunitas tubuh.

3. Mengatasi Cacar Air

Munculnya cacar air pada tubuh akan menyebabkan rasa tidak nyaman, selain itu juga membuat kita kurang percaya diri. Agar cacar air dapat menghilang dengan cepat, kamu perlu mengonsumsi clover honey secara rutin. Dalam penelitian diterbitkan jurnal Translational Biomedicine tahun 2012, mengungkapkan jenis madu manuka dan clover honey memiliki tingkat efektifitas yang sama dalam menghentikan penyebaran virus cacar air.

4. Menyembuhkan Luka

Jenis madu ini memiliki sifat anti-inflamasi, maka dari itu, madu ini juga memiliki manfaat untuk mengobati hingga menyembuhkan luka. Mulai dari luka gatal hingga luka bakar.

5. Baik untuk Kesehatan Jantung

Sejumlah penelitian menunjukkan, madu mungkin lebih baik bagi kesehatan jantung daripada gula. Dalam studi yang terbit tahun 2018 itu, peneliti ingin tahu efek madu pada kadar kolesterol. Sebanyak 60 responden terbagi ke dalam dua kelompok. Satu kelompok mengonsumsi 70 gr madu, sementara lainnya makan gula setiap hari selama 6 minggu.

Hasilnya, kelompok yang mengonsumsi madu memiliki kadar LDL (lemak jahat) serta trigliserida yang lebih rendah, sedangkan kadar kadar HDL (lemak baik) lebih tinggi. Namun, meski lebih sehat daripada gula, penggunaan madu tetap harus dibatasi karena termasuk gula tambahan. Konsumsi banyak gula tambahan biasa dikaitkan dengan kelebihan berat badan, risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kanker jenis tertentu.

6. Melancarkan Pencernaan

Clover honey juga mengandung prebiotik yang mampu melancarkan saluran cerna. Mengonsumsi madu jenis semanggi dengan takaran yang pas bisa meredakan nyeri perut, membantu penyembuhan gangguan pencernaan, serta meredakan sembelit, diare, dan tukak lambung.

7. Meningkatkan Kesehatan Gigi dan Mulut

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan jika rutin mengonsumsi clover honey adalah kesehatan gigi dan mulut yang terjaga. Madu semanggi memiliki kandungan antibakteri, antiradang, dan antioksidan yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri jahat.

8. Menurunkan Berat Badan

Beberapa penelitian dalam kumpulan jurnal PubMed sudah membuktikan, bahwa madu merupakan pemanis alami yang rendah kalori sehingga membantu dalam menurunkan berat badan. Meskipun begitu, para peneliti tetap menyarankan untuk membatasi asupan madu sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Baca Juga: 11 Manfaat Madu Hitam untuk Kesehatan

Itulah beberapa manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari clover honey. Meski memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, mengonsumsi madu semanggi tidak boleh berlebihan, terutama pada penderita diabetes, karena kandungan gulanya yang cukup tinggi. Selain itu, semua jenis madu, termasuk clover honey, sebaiknya tidak memberikan kepada bayi atau anak berusia di bawah 1 tahun, untuk menghindari risiko keracunan botulisme.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.