5 Cara Membasmi Jamur di Dalam Rumah

5 Cara Membasmi Jamur di Dalam Rumah

Seruni.id – Cara membasmi jamur di dalam rumah banyak sekali dicari oleh para ibu rumah tangga. Sebab, kehadirannya kerap menganggu pemandangan. Terlebih saat musim penghujan tiba, dengan bau dan kelembapan yang tak biasa, jamur mulai menyerang tembok, langit-langit, hingga lemari.

5 Cara Membasmi Jamur di Dalam Rumah

Sebenarnya jamur tidak hanya timbul saat musim hujan saja, pada musim panas dengan kelembapan dan suhu tinggi pun jamur juga bisa tumbuh. Jamur pun terbentuk atau bereproduksi melalui spora dan jamur yang tumbuh di rumah biasanya tidak beracun. Namun, tidak perlu khawatir, karena Seruni akan memberikan solusinya. Berikut beberapa tips agar rumah bebas dari jamur.

1. Gunakan Pemutih Berbahan Klorin

Cara membasmi jamur yang pertama yakni dengan memanfaatkan pemutih berbahan klorin. Selain murah, penggunaan pemutih sangat efektif untuk menghilangkan jamur. Meskipun kamu tidak dapat menggunakannya pada semua tempat.

Beberapa permukaan memiliki tingkat sensitivitas yang tinggi dan dapat menyebabkannya cepat rusak. Alih-alih berhemat, kamu justru mengeluarkan uang lebih nantinya. Material seperti stainless steel dan beberapa jenis batu dapat rusak parah jika terkena cairan pemutih. Sehingga, kamu harus menghindarinya.

Akan Tetapi, solusi sangat baik untuk digunakan, terutama pada kamar mandi karena selain membunuh jamur, cairan ini juga membantu memutihkan permukaan keramik.

2. Gunakan Disinfektan

Kamu juga bisa menggunakan deodorant sterilisasi atau fungisida untuk membasmi jamur. Namun, jika tembok rumahmu menggunakan wallpaper, maka sebaiknya lepaskan wallpaper terlebih dahulu. Lalu oleskan deodorant sterilisasi dan bersihkan setelah 2-3 jam.

Kalau cara ini sudah berhasil kamu lakukan, untuk mencegah jamur tumbuh kembali, sebaiknya gunakan wallpaper anti mikroba dan jangan lupa tempelkan pula pita anti mikroba ke bagian bawah jendela.

3. Cuka

Cuka yang terkenal dengan baunya yang kecut, ternyata bisa menjadi salah satu cara membasmi jamur, loh. Nah, jenis cukanya bisa kamu pilih sendiri, mau yang anggur atau apel, tak masalah. Caranya hanya dengan menuangkannya pada permukaan yang terdapat jamur. Tetapi, pelu kamu ingat untuk tidak menuangkannya ke atas permukaan yang putih, karena akan menimbulkan noda membandel yang sulit hilang.

Kamu juga dapat menggunakan cara yang sama pada kamar tidur. Cukup bersiap-siap saja menghadapi bau cuka yang kurang mengenakkan seharian. Oleh sebab itu, Seruni menyarankan untuk menggunakan cuka pada jamur membandel yang ada di dapur, sehingga aktivitas yang kamu tidak terganggu. Cara membasmi jamur menggunakan cuka sangat efektif. Selain itu, penggunaan cuka juga sangat murah dan mudah.

4. Hidrogen Peroksida

Jamur yang selalu jadi pengganggu ini muncul di kamar kamu? Solusinya adalah dengan menggunakan hidrogen peroksida. Bahan pembasmi jamur ini merupakan bahan kimia sebagai zat pembersih yang terbilang cukup efektif. Kamu cukup rendam kain dengan menggunakan hidrogen peroksida menggunakan sarung tangan.

Kemudian gosok-gosokkan kain yang telah basah pada permukaan yang berjamur. Lalu tunggulah hingga kira-kira 15 menit dan terakhir gosok dengan sikat dalam kondisi kering. Maka jamur tersebut akan hilang. Namun, kamu harus berhati-hati, sebab zat ini tidak beracun tapi dapat merusak kulit.

5. Baking Soda

Lemari pakaian adalah target lain yang disukai jamur, loh. Jamur biasanya berkembang dalam ruangan dengan ventilasi yang kurang sempurna. Sehingga, pakaian kamu menjadi incaran jamur. Untuk itu, segera ambil tindakan agar kondisi tersebut tidak semakin parah. Mengatasi jamur membandel pada pakaian adalah dengan menggunakan baking soda.

Caranya yaitu membuat sebuah pasta dengan campuran bikarbonat dan air, perbandingannya 1 banding 3. Kemudian, oleskan pasta tersebut ke bagian baju kamu yang terdapat jamur. Lalu tunggu selama 1 jam. Setelahnya, kamu bisa membilasnya dan mencuci pakaian seperti biasa dengan detergen.

Baca Juga: 7 Cara Menghilangkan Noda Membandel pada Pakaian, Dijamin Ampuh!

Jika kamu sudah melihat tanda-tanda noda jamur pada ruangan rumah, segeralah lakukan cara membasmi jamur tersebut dengan tips yang Seruni berikan ini. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.