Manfaat Air Mawar untuk Kecantikan

doktersehat.com

Seruni.id – Merawat kecantikan wajah dengan bahan alami memang sudah tak diragukan lagi. Salah satu yang sangat populer adalah dengan menggunakan air mawar. Sejak zaman dahulu, manfaat air mawar sudah digunakan sebagai perawatan wajah. Sebab, di dalamnya terkandung beberapa komponen seperti terpen, glikosida, falvonoid, dan anthocyanin. Di balik kecantikan dan keanggunan bunga mawar, ternyata berikut ini adalah manfaat air mawah yang jarang diketahui.

arah.com

Mengatasi Iritasi dan Kemerahan pada Kulit

Air mawar biasanya digunakan sebagai semprotan atau pelembab wajah. Sifat inflamasi yang melekat pada air mawah dapat mengurangi eritema dan edema kulit. Jika diaplikasian secara rutin, air mawar memiliki efek anti inflamasi dan antioksidan yang dapat menenangkan eksim dan kulit rawan rosacea.

Selain itu, air dari bunga mawar juga memiliki efek anti penuaan dengan kemampuannya mencegah kerusakan kolagen. Nah, kalian yang sudah berumur di atas 30 tahun untuk mencegah penuaan dini, mulailah gunakan air mawar secara rutin.

Mengatasi Jerawat

Jerawat yang meradang tentu akan sangat menganggu. Terkadang, wajah menjadi tak enak dilihat. Bahkan, akan terasa sangat perih. Siapa sangka manfaat air mawar ternyata juga bisa mengatasi jerawat. Di dalam air mawar terkandung antibakteri sehingga dapat digunakan untuk mengatasi berbagai infeksi kulit akibat bakteri seperti jerawat. Bagaimana caranya?

Mudah banget, loh. Kamu hanya perlu mengaplikasikan air mawar keseluruh wajah. Untuk ramuan yang lebih ampuh, kamu bisa menambahkan perasan air lemon ke dalamnya. Namun, perlu diingat, bahwa lemon sebaiknya tidak digunakan oleh pemilik kulit kering. Jadi, sebelum menggunakannya, lebih perhatikan dulu jenis kulitmu, ya.

Menyegarkan Wajah

Seharian beraktivitas apalagi di luar ruangan, akan membuat wajah terlihat kusam dan tidak segar. Biasanya, kita akan mencuci muka untuk mengembalikan kesegarannya. Tapi, cuci muka aja gak cukup, loh. Lantas, giamana caranya agar wajah kembali segar sepenuhnya?

Nah, manfaat air mawar bisa kamu gunakan sebagai spray untuk wajah dan menyegarkannya kembali tanpa harus melakukan touch up. Dengan menyemprotkan air mawar ke wajah, dijamin wajahmu akan kembali segar dan bersinar. Selain itu, air mawar pun sering dijadikan sebagai salah satu bahan dasar setting spray yang difungsikan untuk membuat make up di wajah menjadi tahan lama.

Toner Wajah Alami

Manfaat air mawar yang satu ini mungkin sudah sering kamu dengar. Air mawar dapat digunakan sebagai toner atau pembersih wajah yang bisa memberikan efek menyegarkan di kulit wajah. Untuk mengaplikasikannya, kamu bisa menuangkan air mawar pada kapas, lalu tepuk-tepuk pada permukaan wajah. Metode ini bisa kamu lakukan secara rutin di malam hari sebelum tidur.

Menghilangkan Ketombe

Ketombe yang bersarang di rambut sering sekali menimbulkan rasa gatal yang sangat menganggu. Sudah melakukan berbagai cara tetap saja ketombe tak kunjung menghilang? Manfaatkan saja air mawar yang dikenal ampuh sebagai pengobatan untuk radang kulit dan ketombe pada rambut. Air bunga mawar ini dapat dijadikan sebagai kondisioner alami yang memberikan nutrisi untuk pertumbuhan rambutmu.

Sebagai Perawatan Mata

Manfaat air mawar selanjutnya adalah sebagai perawatan mata. Merawat area sekitaran mata sering kali dilupakan. Padahal, mata yang segar juga merupakan salah satu kunci dari penampilan cantik. Selain karena tidak dirawat dengan baik, mata panda biasanya muncul akibat pola tidur yang tidak teratur.

Air mawar yang telah didinginkan sebagai bahan untuk mengompres mata. Khasiatnya adalah untuk mengatasi mata yang bengkak atau dapat juga mengatasi mata panda. Area mata menjadi lebih segar dan cerah jika dikompres dengan air mawar secara rutin.

Membersihkan Make Up

Manfaat air mawar yang lainnya yaitu dapat digunakan sebagai make up remover. Setelah seharian menggunakan make up, tentunya wajah harus dibersihan. Selain agar kulit bisa bernafas, tujuan dari membersihkan make up adalah untuk menghindari menumpuknya berbagai bakteri kotoran pada wajah yang dapat menyebabkan permasalahan pada kulit wajah.

Jika kehabisan permbersih make up, air mawar bisa dijadikan sebagai make up remover darurat. Cara menggunkannya adalah dengan mencampurkan minyak kelapa dan air mawar, lalu aplikasikan di wajah menggunakan kapas pembersih.

Cara Membuat Air Mawar

Saat ini memang sudah banyak air mawar yang dijual dipasaran. Jika ingin menggunakan produk air mawar yang sudah tersedia, maka ikuti petunjuk penggunaannya agar mendapatkan hasil yang maksimal. Selain menggunakan produk air mawar yang sudah tersedia, kamu juga dapat membuatnya sendiri di rumah, loh. Berikut adalah langkah yang harus diikuti untuk membuat air mawar di rumah:

Resep Air Mawar

Bahan-bahan:

• 150 gram kelopak mawar segar organik (cukup satu jenis)
• 500 ml air mineral

Cara membuat:

• Pertama-tama, bersihkan kelopak mawar sampai benar-benar bersih dari kotoran.
• Kemudian, simpan kelopak mawar ke dalam sebuah panci, lalu campurkan dengan air.
• Rebus bunga mawar di atas kompor dengan api kecil, dan ditutup rapat-rapat selama kurang lebih 20 menit.
• Angkat panci, saring air mawar dan masukkan ke dalam wadah yang memiliki tutup seperti toplles. Diamkan selama beberapa saat hingga suhu menurun, baru kemudian ditutup.
• Air mawar siap digunakan.

Untuk membuat air mawar, Seruni sarankan nih, jangan membuatnya terlalu banyak, ya. Meskipun air mawar dapat bertahan selama 6 bulan, namun ada baiknya untuk tidak menyimpannya terlalu lama demi menjaga kesegarannya. Air mawar yang sudah jadi, bisa kamu simpan di dalam botol spray kecil dan sisanya simpan di lemari pendingin.

Gimana? Banyak banget kan manfaat air mawar yang belum kamu ketahui? Yuk mulai sekarang pakailah bahan-bahan alami untuk merawat kecantikan wajah serta tubuh, karena yang alami sudah tentu aman dari bahan kimia yang berbahaya. Selamat mencoba dan semoga mendapatkan manfaatnya, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.