6 Jenis Self Care yang Bisa Dilakukan di Malam Hari

  • Bagikan
6 Jenis Self Care yang Bisa Dilakukan di Malam Hari
haloyouth.pikiran-rakyat.com

Seruni.id – Ada berbagai jenis self care yang bisa dilakukan di malam hari untuk memulihkan pikiran dan energi yang terkuras. Self care sendiri merupakan salah satu upaya proaktif untuk memperoleh kesehatan dengan menyeimbangkan pikiran, raga, serta jiwa. Baik secara personal maupun profesional.

Namun, sayangnya, selama ini self care kerap disalahartikan sebagai perilaku berlebihan dalam makan, minum, maupun bermedia sosial demi menyenangkan diri sendiri. Padahal, melakukan self care tiak dengan cara demikian, ya. Bagi kamu yang tidak ingin repot dan punya waktu terbatas, self care bisa dilakukan di malam hari. Ada banyak pilihan self care yang bisa dilakukan di malam hari, loh. Yuk coba sendiri di rumah dengan berbagai pilihan berikut ini:

1. Meditasi

6 Jenis Self Care yang Bisa Dilakukan di Malam Hari
aniskhoir.com

Jenis self care yang bisa dilakukan di malam hari yang pertama adalah bermeditasi. Meditasi menjadi salah satu sarana relaksasi yang bisa kamu jadikan sebagai self care terbaik di malam hari. Melakukan meditasi secara rutin dapat memberikan dampak pada kedamaian batin. Selain itu, jika kamu melakukannya sebelum tidur, juga dapat membantu kamu mengatasi insomnia, meningkatkan kulitas tidur, dan memberikan ketenangan pada tubuh sekaligus pikiran.

2. Mendengarkan Musik

6 Jenis Self Care yang Bisa Dilakukan di Malam Hari
womantalk.com

Apakah kamu suka mendengarkan musik? Pas banget nih, aktivitas ini bisa kamu lakukan sebagai self care di malam hari, loh. Sama halnya seperti bermeditasi, mendengarkan musik juga dapat membuat pikiran dan hati menjadi lebih rileks. Terlebih jika melakukannya saat malam hari. Kebiasaan mendengarkan musik ini, bisa kamu pilih sebagai self care terbaik yang mudah dan simpel. Musik sendiri bisa membantu mengurangi stres, depresi, hingga masalah insomnia. Pilihlah musik kesukaanmu atau musik santai yang dapat menenangkan pikiran dan hatimu.

3. Memakai Skincare

6 Jenis Self Care yang Bisa Dilakukan di Malam Hari
lifestyle.kompas.com

Memakai skincare rutin mungkin terdengar sepele, apalagi banyak wanita yang menjadikan skincare sebagai kebutuhan wajib. Padahal menggunakan skincare menjadi salah satu self care, loh. Kegiatan ini tidak hanya membuat wajah menjadi glowing saat bangun di pagi hari, tapi juga menjadi salah satu sarana relaksasi setelah tubuh dipadati dengan kesibukan sepanjang hari.

4. Mandi dengan Air Hangat

6 Jenis Self Care yang Bisa Dilakukan di Malam Hari
aladokter.com

Self care yang bisa dilakukan di malam hari berikutnya adalah mandi menggunakan air hangat. Adakah dari kalian yang sering melakukannya? Ternyata mandi di malam hari dengan air hangat dapat mengurangi ketegangan otot tubuh setelah beraktivitas seharian. Selain itu, kegiatan ini juga dapat menurunkan stres dan rasa kecemasan.

5. Menyalakan Lilin Aroma Terapi

6 Jenis Self Care yang Bisa Dilakukan di Malam Hari
ngobrolin.id

Pilihan self care yang bisa kamu lakukan di malam hari dan tidak boleh terlewatkan adalah menyalakan lilin aroma terapi. Penggunaan lilin aroma terapi dapat membantu mengatasi insomnia, stres, dan membuat kualitas tidur lebih meningkat. Aromanya yang khas akan memberikan efek menenangkan dan nyaman. Kamu bisa menyalakannya sebelum tidur dan pastikan telah mematikannya saat kamu akan berbaring di atar kasur, ya. Sebab, jika lupa khawatir akan terjadi hal yang tidak kamu inginkan.

6. Membaca Buku

6 Jenis Self Care yang Bisa Dilakukan di Malam Hari
aladokter.com

Membaca buku merupakan salah satu kegiatan self care yang bisa kamu lakukan di malam hari. Kegiatan ini juga menjadi favorit banyak orang. Namun, untuk menyelesaikan satu buku dengan fokus, tentunya butuh waktu luang dan situasi yang nyaman. Mala hari menjadi waktu yang tepat untuk menyelesaikan bacaan yang tertunda. Apalagi, di malam hari kesunyian akan semakin terasa dan membuatmu lebih fokus. Namun, saat hendak membaca pastikan pencahayaannya cukup, ya.

Baca Juga: 6 Cara Mencintai Diri Sendiri Sebelum Mencitai Orang Lain

Itulah berbagai jenis self care yang bisa dilakukan di malam hari. Meskipun kegiatan ini kerap terabaikan, tapi self care sangat penting loh untuk kesehatan mental. Jangan lupa sayangi diri sendiri, ya!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

seruni.id