Sering Merasa Gelisah? Ini 6 Ayat Al-Qur’an yang Bisa Menjadi Penawarnya

  • Bagikan
Sering Merasa Gelisah? Ini 6 Ayat Al-Qur'an yang Bisa Menjadi Penawarnya
bapermulu.com

Seruni.id – Di antara kalian, mungkin sering merasa gelisah. Entah karena memikirkan masa depan, masa lalu, atau masalah-masalah lainnya. Namun, sadarlah. Bahwa apa-apa yang ada di dunia ini hanyalah sementara, begitupun dengan gelisah yang kamu rasakan.

Sering Merasa Gelisah? Ini 6 Ayat Al-Qur'an yang Bisa Menjadi Penawarnya
netralnews.com

Manakala perasaan itu muncul, bukalah Al-Qur’anmu. Sebab, di dalamnya Allah SWT telah memberikan jawaban atas kegelisahan yang kamu rasakan. Adapun ayat-ayat Al-Qur’an yang dapat membuat hati tenang ketika membacanya adalah:

 

1. Surat Ibrahim Ayat 7

Salah satu ayat Al-Qur’an yang dapat kamu baca ketika merasa gelisah adalah surat Ibrahim ayat 7. Di dalam surat tersebut, Allah berjanji pada orang-orang yang bersyukur, yang artinya:

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.”

Ketika rasa gelisah menghampirimu, entah karena insecure akan karier dan hal lainnya, maka bacalah surat Ibrahim ayat 7. Selain itu, agar kamu tetap bersyukur dan jauh dari rasa kufur, sering-seringlah melihat ke bawah. Lihatlah mereka yang kehidupannya tidak seberuntungmu. Tumbuhkan rasa yukur, karena rasa syukur mampu membuat hati terasa damai. Dengan bersyukur pula, Allah SWT akan menambahkan nikmatnya.

 

2. Surat Al-Baqarah Ayat 286

Setiap manusia yang bernyawa, pasti memiliki masalahnya masing-masing. Allah SWT memberikan ujian sesuai dengan batas kemampuan hamba-Nya. Namun, jika dirasa ujianmu terlalu berat hingga merasa gelisah, coblah membaca surat Al-Baqarah ayat 286, yang artinya:

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakan dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya.”

Dengan memaknai arti dari surat di atas, sudah semestinya kita sadar bahwa seberat apapun ujian, yakinlah kamu pasti mampu melaluinya. Allah yang menciptakan manusia tahu kemampuan setiap diri, jadi tak mungkin Allah membiarkan hamba-Nya dalam kesusahan.

 

3. Surat Al-Insyirah Ayat 5 dan 6

Ketika manusia ditimpa kesulitan, tentunya mereka akan merasa gelisah. Baik itu berupa ujian kesabaran, musibah kehilangan sesuatu atau ditinggal oleh seseorang yang mereka cintai. Namun, di dalam surat Al-Insyirah ayat 5 dan 6 Allah telah menjanjikan, bahwa di balik setiap kesulitan akan datang kemudahan.

Meski tidak langsung, tapi kita harus yakin bahwa pertolongan Allah itu yang paling tepat. Jadi, tatkala kamu sedang ditimpa kesulitan, maka bacalah surat Al-Insyirah ayat 5 dan 6 yang artinya:

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.”

 

4. Surat Hud Ayat 6

Rezeki sering kali membuat seseorang merasa gelisah. Entah karena khawatir tidak memiliki uang, tidak bisa makan di esok hari, dan kegelisahan lainnya. Padahal, Allah SWT telah menjamin rezeki setiap manusia, jadi buat apa kita mengkhawatirkannya? Apabila kamu merasa gelisah karena rezeki, maka bacalah surat Hud ayat 6 yang artinya:

“Dan tidak ada suatu bintang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semua tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh mahfuzh).”

 

5. Surat Ali Imran Ayat 15

Sebagai seorang muslim, sudah seharusnya kita tahu apa saja yang telah Allah janjikan untuk hambanya yang bertakwa. Dengan begitu, kita akan terhindar dari rasa gelisah. Lantas, apa yang Allah janjikan untuk orang yang bertakwa? Ternyata jawabannya ada di dalam surat Ali Imran ayat 15, yang artinya:

“Katakanlah, “Maukah aku kabarkan kepadamu apa yang lebih baik dari yang demikian itu?” Bagi orang-orang yang bertakwa (tersedia) di sisi Tuhan mereka surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya, dan pasangan-pasangan yang suci, serta rida Allah. Dan Allah Maha Melihat hamba-hamba-Nya.”

Surga yang indah dan kekal telah Allah siapkan untuk hamba-Nya yang selalu taat menjalani perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Jika berbuat salah atau khilaf, segeralah bertaubat dan tidak mengulanginya lagi.

 

6. Surat Al-Baqarah Ayat 152

Surat yang bisa kamu baca ketika merasa gelisah berikutnya adalah surat Al-Baqarah ayat 152. Ketika membacanya, hatimu akan menjadi tenang, karena Allah tidak pernah lupa kepada hamba-Nya.

“Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku.”

Semakin sering mengingat Allah di kondisi apapun, maka Allah akan mengingat kita kembali, bahkan lebih banyak. Semakin kita mendekat kepada Allah, maka Allah akan lebih dekat lagi kepada kita. Banyak-banyaklah berzikir menyebut nama Allah dalam kondisi senang maupun susah, agar hati menjadi tenteram dan Allah akan memudahkan urusan kita.

Baca Juga: Perbedaan Galau Antara Kita dan Para Sahabat Nabi

Kalau kamu merasa gelisah atau kecewa, healing terbaik adalah mengembalikan segalanya pada Sang Pemilik Hati. Sebab, hanya Allah-lah yang mampu mengobati segala keselisahan. Berzikir, salat, berdoa atau membaca Al-Qur’an adalah cara terbaik untuk membuat hati tenang. Yuk, perbanyak beribadah dan mengingat Allah.

  • Bagikan