Sering Mulas Ketika Gugup? Ternyata Ini Penyebabnya

  • Bagikan
Sering Mulas Ketika Gugup? Ternyata Ini Penyebabnya
klikdokter.com

Seruni.id – Mulas ketika gugup adalah reaksi alami yang terjadi pada tubuh kita. Bahkan, ketika gugup melanda bukan hanya mulas yang dirasa, tapi membuat jantung berdebar lebih kencang dari biasanya dan suhu tubuh berubah menjadi lebih dingin.

Sering Mulas Ketika Gugup? Ternyata Ini Penyebabnya
klikdokter.com

Rasa gugup umumnya tak hanya terjadi sekali, tapi berkali-kali. Terlebih ketika kita menghadapi sesuatu yang baru. Mulas ketika gugup yang sering terjadi, pastinya membuat kita bertanya-tanya, apa sih yang menjadi penyebabnya? Untuk menjawab rasa penasaranmu, mari simak ulasannya berikut ini.

 

1. Nervous Stomach

Nervoues stomach adalah kondisi di mana perut terasa mulas ketika gugup melanda. Melansir dari Mindset Helath, nervous tomach merupakan gejala umum untuk berbagai masalah, dan kecemasan serta stres, yang dapat bertanggung jawab atas rasa sakit ini jika tidak ada penyebab biologis lain, seperti sakit maag. Rasa cemas yang kamu rasakan, juga dapat berpengaruh terhadap kondisi pencernaan seperti kembung, sakit perut, mual, bahkan mendadak ingin buang air besar.

 

2. Terjadi Gangguan Sistem Pencernaan

Berdasarkan sebuah tulisan yang ada di laman Harvard Medical School dikatakan, bahwa ketika seseorang mengalami gugup atau panik, proses pencernaan di tubuh otomatis akan melambat bahkan terkadang dapat berhenti. Hal ini terjadi agar tubuh bisa mengerahkan seluruh energi untuk menghadapi gangguan psikologis seperti rasa gugup tersebut. Kalau kamu sering mengalami mulas ketika gugup, maka kamu perlu memperhatikan tingkat stres dan kesehatan pencernaan yang kamu miliki. Bahkan, jika sudah terlalu menganggu dan kamu sudah ragu dengan kondisi tersebut, maka kamu bisa langsung memeriksakannya ke dokter. Untuk mengtahui secara pasti apa yang terjadi.

 

3. Disebabkan oleh Sistem Saraf Tubuh

Dalam Harvard Mental Health Latter tahun 2010, dituliskan bahwa penyebab mulas ketika gugup adalah karena sistem saraf informal yang terdapat di dalam tubuh kita. Sistem saraf ini dikenal sebagai brain-gut axis (sumbu otak-usus). Pada dasarnya, otak kita mampu berkomunikasi dengan seluruh tubuh melalui sistem saraf yang terdiri dari beberapa komponen utama. Salah satunya adalah sistem saraf enterik. Di mana, saraf tersebut bertugas untuk membantu mengatur proses pencernaan.

 

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Mulas ketika gugup melanda menjadi hal yang paling menganggu. Maka kamu harus segera mengetahui cara mengatasi masalah ini. Namun, cara yang paling efisien adalah dengan mengelola stres dan rasa cemas sebaik mungkin. Sebab, semakin sering kamu berhadapan dengan orang lain, maka kamu akan terlatih untuk biasa mengelola kecemasan.

Selain itu, penting juga untuk memperhatikan kesehatan pencernaan, karena pencernaan sangat rentan akan stres. Kemudian, konsumsilah berbagai makanan sehat seperti buah dan sayur. Bukan hanya itu saja, biasakan pula untuk berolahraga secara rutin setiap harinya. Kamu bisa memilih jenis olahraga ringan dan membuatmu rileks, seperti yoga atau jogging.

Baca Juga: Mengapa Stres Dapat Memicu Keinginan Buang Air Besar?

Sekarang kamu sudah tahu kan apa saja penyebab mulas ketika gugup melanda? Semoga ini bisa menjawab rasa penasaranmu, ya.

  • Bagikan