5 Solusi Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Riba

5 Solusi Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Riba
aturduit.com

Seruni.id – Banyak dari kita yang mungkin ingin sekali membangun sebuah bisnis kecil-kecilan. Namun, keterbatasan modal membuat kita harus rela mengubur dalam-dalam impian tersebut. Solusi mendapatkan modal usaha paling mudah memang dengan meminjam ke bank.

5 Solusi Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Riba
umma.id

Akan tetapi, meminjam uang di bank tidaklah dianjurkan, karena hal tersebut sama saja termasuk ke dalam praktik riba. Tidak perlu khawatir dan berkecil hati, masih banyak cara mencari modal usaha tanpa utang. Pensaran seperti apakah caranya? Simak ulasan berikut ini.

1. Mengandalkan Uang Tabungan

Solusi mendapatkan modal usaha yang pertama yakni, dengan mengandalkan uang tabungan yang kamu miliki. Selain tidak membutuhkan pihak ketiga, uang yang kamu gunakan untuk berbisnis hanya antara kamu dengan dirimu sendiri. Untuk memperoleh hal ini, tentu syaratnya hanya satu; punya tabungan.

Menabung memang bukanlah hal yang mudah, apalagi jika tidak dipaksakan sejak dini. Akan tetapi, kalau kamu memiliki tekad yang bulat, pasti bisa kok menyimpan uang sedikit demi sedikit untuk kepentingan atau rencana di masa depan. Sambil menunggu tabungan cukup, kamu bisa mematangkan rencana bisnismu juga.

2. Menjual Aset yang Dimiliki

Kalau kamu tidak bisa menabung, kamu bisa kok menjual sebagian aset yang kamu miliki untuk memulai sebuah usaha. Sebenarnya menjual aset sama saja seperti kamu memakai uang tabungan untuk mendapatkan modal. Tapi, kamu tidak boleh sembarangan dalam menjual aset sebagai modal usaha nih.

Sebab, kamu harus memperhitungakan untung ruginya sebelum dijual. Jangan sampai solusi mendapatkan modal usaha tanpa riba ini, justru hanya akan membuatmu kerepotan. Di sampaing itu, ketika bisnis sudah berjalan, otomatis hal ini akan memudahkanmu mengembalikan aset tersebut. Tapi ingat ya, harus aset milik sendiri, bukan milik orang lain.

3. Mengikuti Kompetisi Berhadiah

Di zaman modern seperti sekarang ini, tak sedikit lembaga, perusahaan, bahkan pemerintah yang kerap menyelenggarakan kompetisi insan kreatif mudah, terutama di bidang bisnis. Nah, ini jadi kesempatan emas untukmu yang ingin mendapatkan modal usaha. Caranya tentu dengan selalu membuka diri atas informasi.

Jangan pernah malas untuk update pengetahuanmu tentang ajang-ajang seperti ini, dan jangan pernah ragu untuk mencoba. Kegaitan ini bukan hanya menambah pengalaman saja, tapi kamu juga bisa mendapatkan sokongan modal untuk bisnis yang telah terencana.

4. Mencari Dana Melalui Equity Crowdfunding

Istilah ini mungkin masih asing bagimu. Equity Crowdfunding merupakan wadah bagi para investor untuk dapat menanam saham secara patungan untuk sebuah bisnis yang dibuka oleh penyelenggara.

Sementara, kamu sebagai pelaku bisnis, bisa mendapatkan pendanaan melelalui cara tersebut, dengan proses mudah dan skema pembagian saham yang tepat dan memberi kenyamanan bagi pemilik binsis dan para investor. Equity Crowdfunding merupakan jawaban bagi tantangan para pelaku bisnis dalam memperluas bisnis.

5. Mencari Partner Bisnis yang Tepat

Cara mendapatkan modal usaha tanpa riba berikutnya adalah dengan mencari partner bisnis yang tepat. Cara ini terbilang cukup efektif bagi kamu yang memiliki sedikit modal. Maka dari itu, sebaiknya carilah teman bisnis yang tepat.

Dengan begitu, mereka akan membantumu agar dapat bekerja lebih konsisten dengan usaha yang sedang dijalankan. Dengan adanya partner bisnis, akan menambah modal usahamu. Namun, sebelum memilih partner, ada baiknya visi dan misi kalian sejalan, ya. Sehingga nantinya bisnis yang dijalankan pun berjalan dengan lancar.

Baca Juga: 10 Tips dan Cara Menjadi Pengusaha Sukses di Usia Muda

Setelah menyimak beberapa solusi mendapatkan modal usaha yang telah Seruni jelaskan, ternyata untuk mendapatkannya tidaklah sesulit yang kita bayangkan, kan? Bahkan, bagi seorang pemula sekalipun. Namun yang pasti, tentukan dulu bisnis apa yang akan kamu bangun. Setelah itu, barulah mencari modal usaha dengan menggunakan beberapa cara tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.