Waspada, ini 8 Tanda Orang yang Manipulatif!

  • Bagikan
Waspada, ini 8 Tanda Orang yang Manipulatif!
womantalk.com

Seruni.id – Dalam kehidupan sosial, orang yang manipulatif kerap kali dihindari. Bukan tanpa alasan. Sebab, meraka bisa dengan mudah memengaruhi emosi dan mental seseorang untuk menjatuhkan orang lain.

Waspada, ini 8 Tanda Orang yang Manipulatif!
nova.gir.id

Manipulasi adalah bentuk mekanisme pertahanan diri seseorang, tatkala dirinya berhadapan dengan lingkungan yang membuatkan tertekan. Tentunya cara tersebut ia pakai guna melindungi dirinya dengan membolak-balikan fakta dengan menyerang orang lain.

Cara tersebut, juga menjadi trik bagi pelaku untuk menyerang dan mempengaruhi emosi orang lain. Sehingga ia dapat mengendalikan orang tersebut dan mendapatkan apa yang diinginkan. Lantas, seperti apa ciri orang yang manipulatif sesungguhnya agar dapat lebih waspada? Berikut ulasannya:

 

1. Terbuka pada Siapa Saja

Ciri orang yang manipulatif pertama, biasanya mereka akan terbuka kepada siapa saja. Bahkan, mereka tak segan membagikan rahasia dan kelemahannya agar kamu merasa istimewa. Ini menjadi trik licik mereka, agar kamu juga mudah membuka rahasia kepada mereka. Ketika kamu rela membuka rahasia tersebut, bukan tidak mungkin hal tersebut dijadikan sebagai senjata untuk memanfaatkanmu.

 

2. Mengambil Keuntungan untuk Diri Sendiri

Orang yang manipulatif, biasanya akan menghalalkan segala cara demi menguntungkan dirinya sendiri. Mereka tak akan peduli dengan apa yang diperbuat dan apakah itu merugikan orang lain atau tidak. Mereka akan tetap melakukannya. Selain itu, demi meraih keuntungan, orang yang manipulatif, juga tidak memiliki rasa empati sama sekali.

 

3. Sering Berada di Zona Nyaman

Mereka yang tergolong manipulatif, cenderung berinteraksi di zona nyamannya. Seperti lingkungan pertemanan, keluarga, dan kantor. Hal ini mereka lakukan demi bisa mengendalikan keadaan dan meraih apa yang diinginnya dengan lebih mudah. Saat dirinya masuk ke dalam lingkungan baru, biasanya mereka akan bersikap sebaik mungkin agar bisa diterima.

 

4. Selalu Menyalahkan Orang Lain

Menyalahkan orang lain untuk membenarkan dirinya, merupakan ciri orang yang manipulatif yang mesti kamu waspadai. Biasanya, orang yang manipulatif selalu mencari celah untuk menyalahkan orang lain agar menutupi keburukannya. Jadi, mereka tidak akan dibenci oleh lingkungan sekitarnya. Justru yang terjadi sebaliknya, orang-orang akan dimanipulasi sehingga membenti individu tertentu.

 

5. Egois

Orang yang manipulatif, juga cenderung mementingkan dirinya sendiri atau bisa dibilang egois. Mereka tidak akan peduli dengan kepentinngan orang lain, demi meraih apa yang ia inginkan. Sekalipun hal tersebut merugikan orang lain.

 

6. Mengajukan Pertanyaan Pancingan

Ini merupakan ciri orang yang manipulatif yang ada dalam hubungan profesional maupun hubungan personal. Mereka sering kali mengajukan berbagai pertanyaan sebagai umpan untuk memancingmu. Setelah itu, ia akan menanggapi dengan cara yang kurang baik dan memancing perselisihan. Trik licik ini, memungkinkan mereka untuk mengontrol dan mempengaruhi keputusanmu. Sebab, kamu mungkin akan merasa bersalah setelah mengungkapkan pemikiran yang menyebabkan perselisihan tersebut.

 

7. Melakukan Perundungan Intelektual

Perundungan intelektual merupakan ciri manipulasi yang harus kamu waspadai. Biasanya jenis perundungan ini, kerap dilakukan dengan cara memaparkan data atau fakta yang tidak kamu kuasai secara mendalam. Hal tersebut, kemudian membuatmu merasa tidak mampu dan tidak berdaya dalam mengambil sebuah keputusan.

 

8. Membuat Lelucon yang Menyinggung

Orang yang manipulatif, kerap kali melemparkan sebuah lelucon yang bertujuan untuk memperliatkan sisi kelemahanmu. Sehingga, kamu akan merasa minder dan tidak nyaman di hadapan orang lain. Dengan begitu, mereka akan merasa lebih hebat daripada kamu.

 

Cara Menghadapi Orang yang Manipulatif

Setelah mengetahui apa saja ciri orang yang manipulatif, kamu harus juga mengetahui bagaimana cara menghadapi mereka, agar mereka tidak bisa seenaknya memanipulasi dirimu atau orang lain. Adapun caranya yaitu:

  • Cobalah sampaikan pendapatmu secara jelas, tegas, dan spesifik. Jika kamu memang bersalah, jangan takut untuk meminta maaf, tapi tidak perlu secara berlebihan.
  • Pastikan kamu tidak memikirkannya secara mendalam tentang segala yang dikatakan oleh manipulator.
  • Usahakan untuk tidak tergesa-gesa dalam mengambil keputusan.
  • Tidak perlu repot untuk mengalahkan manipulator. Justru sebaiknya, carilah cara untuk memberitahu secara halus bahwa kamu paham ia sedang memanipulasi.
  • Jangan berinteraksi terlalu banyak dengan manipulator, apalagi jika hubungan dengannnya bukan hubungan personal.
  • Cari orang yang bisa kamu percaya, yang tidak berada di bawah pengaruh manipulator, untuk bercerita atau meminta saran mengenai situasi yang sedang kamu hadapi.

Baca Juga: 10 Tanda Sifat Egois yang Mungkin ada Dalam Dirimu

Semoga bermanfaat, ya!

  • Bagikan
seruni.id