8 Tanda Seorang Ibu Butuh Liburan

google.com

Seruni.id – Gimana sih tanda seorang ibu butuh liburan? Salah satu tandanya yaitu adanya rasanya bosan dan jenuh. Liburan sangat dibutuhkan untuk setiap orang, karena dapat memberikan dampak yang baik dan juga menciptakan semangat baru di dalam di diri.

getaditya.com

Apalagi, untuk seorang ibu yang setiap harinya menghabiskan waktu di rumah, mengurus anak, suami, dan urusan rumah tangga lainnya tentu akan merasakan jenuh. Nah, berikut ini Seruni akan membagikan delapan tanda seorang ibu butuh liburan:

Selalu Marah yang Tak Terkendali

Tanda seorang ibu butuh waktu untuk beristirahat dan liburan adalah jika mereka selalu marah. Mengekspresikan kemarahan sebenarnya bisa menjadi cara yang sehat untuk mengomunikasikan perasaan negatif (lebih baik mengeluarkan daripada menyimpannya) atau dapat memotivasi seseorang untuk menyelesaikan masalah.

Namun, bagaimana kemarahan ditunjukkan, terutama jika itu adalah masalah kronis, bisa menjadi tanda yang jelas dari masalah mendasar lainnya. Kita dapat memafhumi, memang menjadi ibu adalah serangkaian tanggung jawab yang tidak pernah berakhir. Ibu bisa sangat kelelahan, karena kelelahannya itu, timbul lah emosi yang bahkan tidak terkendali. Penting sekali untuk mengenali hal ini, bicarakan pada pasangan kalau kamu butuh waktu untuk ‘me time’ dan beristirahat.

Merasa Bosan

Jika kamu merasakan bosan yang berkepanjangan atau tidak bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari, berarti itu tandanya kamu sedang membutuhkan sesuatu yang menyegarkan psikis-mu. Liburan menjadi salah satu alternatif yang bisa kamu pilih untuk mengembalikan semangat yang hilang.

Selalu Merasa Terganggu

Merasa terganggu, mudah tersinggung akan hal-hal spele lain menjadi sebuah tanda bahwa seseorang sedang mengalmi stres. Stres akut umumnya bersifat jangka pendek, dengan peningkatan tekanan darah dan deta jantung tetapi tidak cukup untuk menciptakan konsentrasi negatif yang mendalam pada otak dan tubuh.

Stres episodik dan kronis pada tubuh, yaitu kapan pun stres terjadi setiap hari dan dalam jangka waktu yang lama, dapat menciptakan gejala fisiologis. Jadi, ketika kamu merasa sangat mudah marah, menangis, dan kecewa mejadi salah satu tanda seorang ibu butuh liburan.

Kerap Ceroboh

Dalam menjalankan aktivitas rumah tangga, apalagi mengurus anak, harus dijalankan dengan fokus. Namun, jika belakangan ini kamu kerap melakukan kecerobohan, itu tandanya kamu butuh berlibur. Sebab, kesalahan-kesalahan yang terjadi akibat kecerobohan merupakan salah satu indikator bahwa fokus-mu menurun. Cobalah luangkan waktu untuk berlibur, tujuannya agar pikiranmu kembali segar dan bisa fokus kembali seperti biasa.

Sulit Tidur

Pernah merasakan kesulitan saat hendak tidur? Padahal, tubuh terasa sangat lelah? Jika iya, berarti kamu sedang mengalami stres. Kondisi stres yang terjadi pada tubuh akan membuatmu sulit untuk rileks agar dapat tertidur.

Kesulitan Menghadapi Masalah Kecil

Orang-orang yang kekurangan waktu liburan biasanya akan kesulitan untuk memahami perspektif yang berbeda. Mereka pada umumnya akan menganggap masalah kecil seakan gangguan yang besar yang membutuhkan penyelesaian secepat mungkin.

Micheal Kerr, penulis ‘The Humor Adventage’ mengatakan pada Business Inside bahwa kurangnya perspektif yang sehat terhadap masalah menunjukkan bahwa kamu perlu mengkalibrasi ulang mental, salah satunya adalah dengan berlibur.

Tak Punya ‘Me Time’

Kapan terkhir kali kamu melakukan me time sederhana seperti pergi ke salon? Jika kamu tidak bisa mengingat karena sudah terlalu lama melakukannya, maka aturlah waktu untuk pergi liburan sendiri. Selain akan memberikan semangat baru, perjalanan liburan juga akan memberikan banyak ide segar dalam pikiranmu. Tidak perlu pergi ke tempat yang jauh, cukup pilih tempat yang nyaman, seperti tempat dengan suasana pegunungan dan pantai, dijamin pikiranmu akan kembali rileks.

Merasa Kelelahan

Salah satu tanda seorang ibu butuh liburan yang paling jelas adalah saat kamu merasa begitu kelelahan dengan rutinitas yang ada. Kamu merasa seperti tidak memiliki semangat untuk melakukan berbagai aktivitas. Selain itu, kamu juga menjadi malas berdandan dan memberikan penampilan terbaik dihadapan suami. Rasa pegal di seluruh tubuh pun mulai melanda. Bukan tak mungkin, tubuh kamu mulai membutuhkan sinyal untuk beristirahat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.