Tantangan Orangtua Millenial dalam Mendidik Anak

Orangtua Millenial dalam Mendidik Anak
akperkerihusada.ac.id

Seruni.id – Berkembangnya zaman, menjadi tantangan tersendiri bagi orangtua millenial dalam mendidik anak. Orangtua yang tergolong usia millenial rata-rata memiliki anak berusia 1-3 tahun. Saat ini, tak hanya orang dewasa, balita pun terkadang sudah ada yang diberikan smartphone oleh orangtuanya. Bahkan, sebagian besar dari mereka ada yang kecanduan. Semakin hari mereka semakian mahir berselancar di internet tanpa dimonitor sepenuhnya oleh orangtua.

tirto.id

Dilansir dari IDN Times, seorang psikolog Sakhya Aulia Prima, M.Psi menyebutkan setidaknya ada empat tantangan besar orangtua millenial dalam mendidik anak. Sebagian besar dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang begitu pesat. Apakah kamu adalah salah satu orangtua millenial? Mari kita mengulik lebih lanjut, apa saja tantangannya yang harus kita disakapi secara bijak. Berikut ulasannya:

Mudah Terpengaruh Infirmasi dari Orang Asing

Di era globalisai saat ini, arus informasi berselancar begitu cepat. Berkembangnya internet dengan sangat cepat, turut andil dalam hal ini. Anak-anak menjadi semakin mudah meng-akses informasi apa saja di internet, bahkan bertemu orang asing melalui media sosial atau platform digital lainnya.

Terkadang, usia anak yang masih sangat belia, mereka belum bisa mengimbangi ataupun memfilter segala informasi yang mereka dapatkan. Bahkan, mereka cenderung lebih mudah terpengaruh dari orang asing, bisa melalui gambar maupun tayangan video.

Nah, inilah yang akan menjadi tantangan terberat orangtua millenial dalam mendidik anak. Sebagai generasi yang juga bergantung pada internet dan gadget, sepertinya memang sukar rasanya jika melarang anak terlalu dekat dengan teknologi.

Orangtua Tidak Dapat Mengawasinya 24 Jam Penuh

Sebagai orangtua, tentunya tidak dapat mengawasi buah hatinya 24 jam penuh. Ada kalanya sederet aktivitas membuat proses memonitoring anak menjadi terhambat. Terkadang, orangtua pun kerap kecolongan ketika anak sudah pandai mengakses internet. Demi tetap bisa mengawasi anak, sebaiknya berilah jadwal pada anak, kapan mereka boleh memainkan gadget dan kapan mereka harus melepaskannya. Dengan begitu, anak tidak akan kecanduan gadet.

Padatnya Kesibukan Orangtua Membuat Sulit Membagi Waktu Bersama Anak

Padatnya kesibukan orangtua terkadang menjadi salah satu penyebab sulitnya mengontrol anak. Pekerjaan di luar maupun di dalam rumah seringkali membuat fokus terbagi. Kadang sampai kesulitan membagi waktu antara pekerjaan dan mengawasi si kecil.

Tidak Mudah Mempercayai Informasi yang Diterima, dari Orangtua Sekalipun

Hadirnya internet memiliki dampak yang positif pun negatif. Sisi baiknya, ia akan mendapatkan hal-hal baru yang ditemukan di internet. Namun, ada pula sisi negatifnya, loh. Anak menjadi sulit mempercayai info yang ia terima, sekalipun dari orangtuanya. Sebab, dia merasa bahwa dia bisa mendapatkan banyak hal di internet, namun terkadang mereka bingung harus mempercayai yang mana.

Memilih Teknologi yang Tepat untuk Si Kecil Akan Menjadi Solusi

Terkadang, memberikan gadget adalah salah satu solusi orangtua dalam mendiamkan akan ketika mereka sedang merengek. Dengan begitu si anak akan terhibur. Padahal, sebelum memberikan mereka gadget, orangtua perlu tahu teknologi yang aman dan ramah untuk si kecil.

Saat ini, banyak perangkat komunikasi yang dikhususkan untuk anak-anak. Hal tersebut bisa menjadi solusi yang tepat bagi orangtua millenial. Dan, jika dirasa sudah waktunya, barulah beri mereka kesempatan untuk mengakses lebih banyak informasi.

Dalam generasi yang lebih beragam secara etnis, orangtua millennial telah mengasah gaya parenting yang khas. Sebuah gaya parenting yang terbentuk dari heterogenitas dan keterbukaan pikiran. Moms, apapun gaya parenting yang Anda terapkan, pastikan itu adalah cara terbaik membuat anak Anda bahagia.

Berikan Dukungan Kepada Kami Dengan Memberikan Rating

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.