Teknik 4-7-8 Jadi Alternatif Saat Susah Tidur, Bagaimana Melakukannya?

  • Bagikan
Teknik 4-7-8 Jadi Alternatif Saat Susah Tidur, Bagaimana Melakukannya?
aladokter.com

Seruni.id – Susah tidur sepertinya menjadi salah satu masalah yang kerap dialami oleh banyak orang. Padahal, rasanya badan sudah sangat lelah. Biasanya hal ini akan berdampak pada waktu tidur yang berkurang. Dan yang paling menyebalkan adalah, ketika di pagi hari, kita justru merasakan kantuk.

Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi susah tidur di malam hari, bisa dnegan menggunakan aromaterapi atau mengonsumsi minuman herbal seperti teh. Namun, jika beberapa cara tersebut sudah kamu lakukan dan hasilnya masih tetap sama, cobalah lakukan teknik pernapasan 4-7-8. Sebelum melakukannya, ketahui dulu yuk apa itu teknik 4-7-8 berikut ini:

 

Apa itu Teknik 4-7-8?

Teknik 4-7-8 Jadi Alternatif Saat Susah Tidur, Bagaimana Melakukannya?
okezone.com

Teknik 4-7-8 adalah pola pernapasan yang disadur dari teknik yoga kuno, pranayama. Biasanya, teknik ini kerap dipakai oleh para praktisi untuk bisa mendapatkan kendali penuh atas pernapasan mereka sendiri. Jika teknik 4-7-8 dikerjakan secara rutin, maka akan sangat bermanfaat untuk membantu seseorang agar tidurnya lebih rileks.

Sebenarnya, segala teknik pernapasan memang dirancang untuk membawa tubuh ke dalam keadaan relaksasi yang mendalam, termasuk teknik 4-7-8 ini. Namun, dengan metode khusus, menahan napas dalam jangka waktu tertentu memungkinkan tubuh dapat mengisi kembali oksigennya.

Selain itu, dengan melakukan relaksasi akan membantu kita untuk mengembalikan keseimbangan tubuh dan mengatur respons fight-or-flight yang kita rasakan ketika stres melanda. Teknik ini akan sangat membantu sekali, terlebih ketika kamu sedang mengalami susah tidur karena merasa cemas atau khawatir.

Awalnya, teknik ini mungkin terkesan sedikit memaksa pikiran dan tubuh untuk tetap fokus mengatur napas. Namun, jika sudah terbiasa, kamu akan lebih mudah melakukannya. Menurut mereka yang sudah rutin melakukannya mengaku bahwa hal tersebut dapat menenangkan jantung yang berdebar kencang atau menenangkan saraf yang lelah.

 

Bagaimana Cara Menerapkannya?

Teknik 4-7-8 Jadi Alternatif Saat Susah Tidur, Bagaimana Melakukannya?
nationalgeograpic.grid.id

Teknik 4-7-8 bisa kamu lakukan dengan mudah, loh. Di mana awalnya kamu perlu mengatur posisi duduk maupun berbaring yang paling nyaman. Kalau kamu menggunakan teknik ini untuk mengatasi susah tidur di malam hari, maka posisikan tubuhmu dalam keadaan berbaring yang rileks.

Setelah itu, kamu bisa melakukan persiapan latihan terlebih dahulu dengan cara meletakkan ujung lidah ke langit-lanigt mulut, tepat di belakang gigi depan atas. Usahakan agar lidah tetap di tempatnya selama latihan berlangsung. Mungkin cara ini bukan hal mudah bagi beberapa orang, maka tidak masalah, karena nantinya kamu akan terbiasa. Adapun langkah-langkah yang bisa kamu lakukan dalam siklus satu napas, yaitu:

  • Langkah pertama, biarkan mulut terbuka, lalu buatlah suara mendesing dan hembuskan napas sepenuhnya melalui mulut.
  • Setelah itu, tutup rapat mulut, tarik napas dalam diam melalui hidung dalam hitungan ke-4.
  • Kemudian, tahan napas selama tujuh detik.
  • Terakhir, buang napas dari mulut selama delapan detik.

Jika ingin mendapatkan hasil yang optimal, cobalah berlatih dengan teknik tersebut selama empat kali siklus putaran (4 napas). Namun, perlu diingat, napas yang ditahan (selama tujuh detik) merupakan bagian terpenting dari latihan ini. Oh ya, selain itu, sangat disarankan untukmu hanya berlatih pernapasan 4-7-8 selama empat kali napas ketika pertama kali memulai.

Untuk melakukannya tidak perlu terburu-buru, jika sudah lebih rutin kamu bisa secara bertahap meningkatkan hingga delapan napas penuh, kok. Sebagai tambahan, teknik pernapasan ini tidak boleh dilakukan di lingkungan yang kurang mendukung kamu untuk bisa sepenuhnya rileks, ya.

Baca Juga: 7 Teknik Pernapasan untuk Redakan Stres, Bikin Tubuh Lebih Rileks!

Itu dia hal-hal yang perlu kamu tahu soal teknik pernapasan 4-7-8. Meski tidak mutlak bisa mengatasi masalah susah tidur, tetapi cara ini bisa banget dicoba. Semoga membantu, ya.

  • Bagikan