Kenali 8 Tanda Stres pada Anak yang Jarang Diketahui Orangtua

health.kompas.com

Seruni.id – Stres tak hanya dialami oleh orang dewasa, tapi juga pada anak-anak. Penyebab stres pada anak pun bisa beragam, seperti cara pengasuhan orang tua yang terlampau keras, masalah emosi anak, kurang tidur, masalah akademik sekolah hingga perundungan yang mungkin saja ia dapatkan.

Namun sayangnya, kebanyakan anak belum bisa mengungkapkan atau mengidentifikasi apa yang ia rasakan, atau memang tidak ingin terbuka dengan orang tua. Para orang tua pun, tak jarang juga banyak yang tidak peka terhadap kondisi stres anak.

Maka dari itu, perlu bagi Anda mengetahui tanda-tanda stres yang terjadi pada anak. Tujuannya, agar Anda bisa segera mengenali dan bertindak menangani stres pada anak. Berikut tandanya:

Murung dan Suka Menyendiri

Image result for anak Murung dan Suka Menyendiri
isigood.com

Apakah Anda merasa anak belakangan ini si kecil jadi terlihat murung dan lebih suka menyendiri, Moms? Ketika ditanya, ia hanya menggeleng lemas dan seolah tak bersemangat. Hati-hati, ini adalah salah satu tanda stres pada anak.

Konsentrasi Menurun

Image result for anak Konsentrasi Menurun
family.fimela.com

Si kecil jadi susah sekali fokus. Misalnya saja, saat belajar atau bermain ia hanya melamun dengan tatapan kosong.

Baca Juga: Bagaimana Jika Nilai Anak Menurun? Lakukan 8 Hal Ini!

Munculnya Perilaku Negatif

Image result for Munculnya Perilaku Negatif pada anak
hellosehat.com

Perhatikan kalau akhir-akhir ini anak menunjukkan perubahan perilaku yang kurang baik. Apakah anak jadi mudah marah, tersinggung, mengeluh, membantah, atau menangis? Anak dan remaja juga mungkin lebih sering berbohong dan menyalahi aturan di rumah. Contohnya keluyuran sampai malam atau menolak mengerjakan pekerjaan rumah tangga yang jadi tanggung jawabnya.

Sering Merasa Ketakutan

Image result for anak Sering Merasa Ketakutan
Ibupedia.com

Anak juga jadi sering merasa takut pada hal-hal yang sebetulnya awalnya baik-baik saja. Ia terlihat seperti trauma pada suatu hal yang kurang menyenangkan dan membuat ia stres. Maka tak jarang bila Anda mendapati ia akan menghindari sesuatu.

Susah Tidur

Image result for anak Susah Tidur
palembang.tribunnews.com

Tanda stres pada anak yang mungkin terjadi lainnya, ialah anak jadi susah tidur. Ia sering terbangun saat tidur, tidak nyenyak, hingga berdampak kurang tidur dan mengganggu kestabilan emosi si kecil.

Merasa Mual Hingga Muntah

Image result for anak Merasa Mual Hingga Muntah
Mommyasia.id

Tanda stres pada anak juga bisa sampai menimbulkan mual hingga muntah lho Moms. Itu mungkin saja terjadi akibat pikiran dan emosi yang bermasalah kemudian mencetus reaksi pada fisik.

Perubahan Nafsu Makan

Image result for Perubahan Nafsu Makan pada anak
nikita.grid.id

Nafsu makan anak bisa naik atau menurun secara drastis karena stres. Bila nafsu makannya turun, ia mungkin saja beralasan bahwa makanannya tidak enak atau ia tidak lapar. Sedangkan kalau nafsu makannya naik, anak mungkin jadi lebih sering ngemil dan cepat lapar padahal sudah makan.

Mengompol

Related image
enjoyfamily.fr

Hati-hati kalau anak yang sudah berhenti mengompol tiba-tiba kembali menunjukkan kebiasaan tersebut. Biasanya anak yang sedang stres memang kembali melakukan berbagai kebiasaan yang dimilikinya saat kecil dulu. Di samping mengompol, anak mungkin juga mengisap jari lagi atau tidak mau lepas dari boneka kesayangannya.

Nah, jika tanda-tanda di atas muncul pada anak Anda segeralah bantu anak Moms. Cari tahu sumber stresnya, peluk hangat dan buat ia nyaman untuk bercerita hingga dapat menyelesaikan stresnya bersama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.