4 Tempat Berbahaya Jika Bertransaksi Menggunakan Kartu

  • Bagikan
4 Tempat Berbahaya Jika Bertransaksi Menggunakan Kartu
finance.detik.com

Seruni.id – Bertransaksi menggunakan kartu debit memang memudahkan kita. Apalagi, kita juga tidak perlu repot-repot membawa banyak uang tunai. Saat ini, banyak pula tempat-tempat yang menyediakan mesin ATM untuk memudahkan transaksi. Namun sayangnya, meski menawarkan sejumlah kemudahan, bertaransaksi menggunakan kartu sering jadi incaran kejahatan, loh.

4 Tempat Berbahaya Jika Bertransaksi Menggunakan Kartu
tangcitymall.com

Paling marak terjadi sih, skimming atau pencurian informasi pribadi. Kamu sudah tahu belum sih, ternyata ada beberapa tempat berbahaya jika kamu menggunakan kartu debit. Agar kamu lebih waspada, berikut ini Seruni telah merangkum beberapa tempat yang rentan terkena skimming.

 

1. Tempat Belanja Online dengan Website yang Tidak Jelas

Kamu suka belanja online dan bertransaksi menggunakan kartu? Sepertinya mulai saat ini, kamu harus lebih waspada deh. Karena tidak semua situs aman, loh. Sebab, ada beberapa website yang ternyata rentan skimming. Ketika belanja online melalui sebuah website, coba deh perhatikan, apakah website tersebut dipenuhi oleh iklan yang tidak jelas dan meminta data yang sangat pribadi? Kalau iya, lebih baik dihindari, ya. Tentunya kamu tidak ingin kan hal buruk terjadi?

 

2. ATM di Ruang Terbuka

Kini kita bisa menjumpai mesin ATM dengan mudah, seperti di mall, pinggir jalan atau ruang terbuka lainnya. Ini memang sangat membantu kita, loh. Apalagi, jika sedang di jalan dan butuh banget uang tunai. Namun, kita harus berhati-hati ketika bertransaksi menggunakan kartu di mesin ATM yang ada pada ruang publik. Sebab, di beberapa ATM terkadang terdapat kamera tersembunyi yang dipasang oranga sing untuk melihat PIN kita.

Parahnya lagi, ada orang yang nekat mengikuti dari belakang agar bisa langsung mengambil uangmu. Sangat mengerikan, bukan? Jadi, ketika kamu mengambil uang di ATM terbuka, pastikan saat memasukkan PIN kamu menutupinya dengan tangan. Lihat juga orang di sekeliling atau dibelakang kamu, apakah mencurigakan atau tidak.

 

3. Self-Service Pom Bensin

Di sejumlah pom bensin, kini sudah ada yang menyediakan pembayaran melalui kartu. Biasanya yang bersifat self service alias melayani sendiri. Meski lebih efisien, tapi ternyata tempat ini juga menjadi sasaran empuk para pencuri untuk mengambil data pribadi kamu. Akan lebih baik, jika memiliki uang tunai, bayarlah secara cash.

 

4. Pesan Minta Transfer dari Nomor yang Tidak Dikenal

Kasus penipuan marak terjadi di mana-mana, selain pada tempat-tempat yang telah Seruni sebutkan, kejahatan juga bisa terjadi melalui SMS, loh. Seperti memintamu untuk mentransfer sejumlah uang, dengan berbagai alasan. Misalnya, untuk membeli pulsa atau membayar rumah sakit. Bahkan,a da yang mengaku sebagai salah satu teman dekatmu. Jika sudah seperti ini, lebih baik konfirmasi dulu ke teman kamu, ya. Apa itu benar teman kamu atau bukan, karena kalau salah yang ada uang kamu bisa habis diambil sama si penipu.

Baca Juga: Cara Cek Rekening Penipu, Mudah dan Aman

Jadi, itulah beberapa tempat yang rentan pencurian jika kamu bertransaksi menggunakan kartu. Mulai sekarang, bijaklah ketika hendak bertransaksi, ya. Jangan mudah percaya dengan SMS atau website tertentu.

Selain itu, jika kamu ingin ngambil uang di ATM, usahakan cari yang dekat atau di dalam bank yang kamu tuju, ya. Kalaupun di luar ruangan, selalu jaga dan tutupi PIN kamu agar tidak dilihat orang. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan