5 Tempat Wisata Balon Udara ala Cappadocia yang Ada di dalam Negeri

  • Bagikan
5 Tempat Wisata Balon Udara ala Cappadocia yang Ada di dalam Negeri
freepik.com

Seruni.id – Tak perlu repot datang jauh-jauh ke Cappadocia untuk merasakan sensasi terbang bersama balon udara. Mengapa? Sebab, Indonesia juga punya tempat wisata balon udara yang tak kalah indah dari Cappadocia, loh. Di mana saja ya lokasinya? Simak berikut ini yuk!

 

1. Kawasan Taman Nasional Gunung Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Jawa Timur

5 Tempat Wisata Balon Udara ala Cappadocia yang Ada di dalam Negeri
liputan6.com

Lokasi wisata balon udara ala Cappadocia yang pertama, ada di kawasan Taman Nasional Gunung Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Tempat wisata ini, bekerja sama dengan perusahaan swasta, Fly Tours Indonesia yang bergerak di dunia transportasi dan pariwisata udara. Kawasan wisata ini, siap mengajakmu berpetualang menaiki balon udara dengan ketinggian 50 meter dari atas permukaan tanah selama 10 menit.

Paket wisata ala Cappadocia di gunung Bromo ini, sudah ada sejak tahun 2019 silam. Selain naik balon udara, kamu juga bisa menikmati indahnya pemandangan gunung bromo yang berketinggian 2.329 mpdl. Tak cukup gunung Bromo, karena Bukit Teletubis, gunung Semeru, dan gunung Batok akan melengkapinya. Saat berkunjung ke sini, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, di antaranya:

  • Kapasitas balon udara minimal empat orang dengan satu kuota digunakan oleh pilot balon udara.
  • Setiap pengunjung diwajibkan untuk menggunakan jaket tebal dan masker.
  • Diharapkan para pengunjung tidak membawa barang yang mudah terbakar.
  • Bagi kamu yang memiliki riwayat penyakit jantung atau dalam kondisi hamil, tidak diperbolehkan menaiki wahana balon udara.

 

2. Sari Ater Hotel Resort, Subang, Jawa Barat

5 Tempat Wisata Balon Udara ala Cappadocia yang Ada di dalam Negeri
idntimes.com

Buat kamu yang berada di daerah Subang, Jawa Barat, kamu bisa mengunjungi tempat wisata ala Cappadocia di Sari Ater Hotel Resort. Wisata naik balon udara ini, dihadirkan oleh Indonesia Terbang, yaitu tim dari Federasi Aero Sport Indonesia 9FASI) yang bekerjasama dengan Fly Tours Indonesia. Lokasi ini, banyak sekali peminatnya. Sehingga kamu perlu melakukan reservasi terlebih dahulu melalui @sariaterhotelresort atau @indonesia.terbang.

Jam operasional wisata balon udara ala Cappadocia ini, hanya dibuka pagi hari dari pukul 06.00 WIB hingga 09.00 WIB. Sedangkan di hari libur, tempat tersebut dibuka mulai pukul 05.30 WIB hingga pukul 10.00 WIB, tergantung kondisi cuaca. Untuk bisa merasakan sensasi terbang di udara dengan ketinggaian 30 meter selama 15 menit, kamu akan dikenakan tarif yang beragam. Mulai dari Rp450.000 ribu per orang dan Rp800.000 ribu untuk pasangan.

Kalau kamu ingin menaiki bersama keluarga yang terdiri dari dua orang dewasa dan dua anak-anak di bawah 17 tahun atau tiga dewasa, maka kamu harus merogoh kocek sebenar Rp1,2 juta.

Selain itu, ada pula paket lima orang dewasa yang memiliki tarif lebih murah yaitu Rp 1,7 juta. Di luar paket yang ditawarkan ada juga beberapa biaya khusus kegiatan tambahan seperti untuk paket pre wedding sebesar Rp 2,5 juta, Drone Shoot Rp 150.000, dan Cinematic Video Shoot Rp 250.000. Tarif tersebut sudah termasuk sertifikat bukti penerbangan, camilan sesuai jumlah orang, dan foto.

 

3. Tanah Gajah Resort, Ubud, Bali

5 Tempat Wisata Balon Udara ala Cappadocia yang Ada di dalam Negeri
klook.com

Bali selalu punya tempat terbaik untuk memanjakan para pengunjungnya. Nah, salah satu tempat yang tak boleh kamu lewatkan saat ke bali adalah Tanah Gajah Resort, yakni tempat wisata balon udara ala Cappadocia. Di sana, kamu bisa merasakan sensasi terbang dengan balon udara dan menikmati pemandangan Ubud yang diselimuti sawah dengan ketinggian 50 meter.

Namun, sebelum naik balon udara, kamu harus melakuan reservasi melalui website tanahgajahubud.com. Untuk satu kali perjalanan, pengunjung akan dikenakan tarif sebesar Rp1,2 juta dengan kapasitas maksimum 2 orang dewasa dan 1 anak di bawah usia 12 tahun. Oh ya, tarif tersebut sudah termasuk fotografer, loh.

 

4. Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta

5 Tempat Wisata Balon Udara ala Cappadocia yang Ada di dalam Negeri
tamanmini.com

Jika Bali terlalu jauh untuk dikunjungi, wisata balon udara ala Cappadocia bisa kamu nikmati di Taman Mini Indonesia Indah, di Jakarta Timur. Kamu bisa menikmati keindahan pemandangan Jakarta dari ketinggian 15 menit selama 15 menit. Dengan diameter 69 meter persegi, balon udara ini mampu menampung kurang lebih 30 orang. Untuk menikmati sensasi terbang di udara, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp25.000. Namun, karena berada di lokasi wisata Keong Mas, maka pengunjung harus kembali membayar tiket sebesar Rp30.000.

 

5. Kawasan Wisata The Lodge Maribaya, Bandung

5 Tempat Wisata Balon Udara ala Cappadocia yang Ada di dalam Negeri
jalanseru.com

Tempat wisata balon udara ala Cappadocia berikutnya berada di kawasan Bandung, Jawa Barat. Tempat tersebut bernama The Lodge Maribaya. Berbeda dengan tempat yang telah Seruni sebutkan sebelumnya, di sini kamu hanya bisa menaiki balon udara sambil berfoto tanpa diterbangkan.

Lokasinya berada di Jalan Maribaya No. 149/252 RT03/15, Babakan, Gentong, Cibodas, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat. Wisata balon udara ini, mulai beroperasi sejak pukul 09.00-17.00 WIB. Selain balon udara, tempat tersebut juga menyediakan Galmping atau Galamour Camping. Di mana, kamu bisa merasakan sensasi camping dengan fasilitas mewah, berbagai pelayanan, dan memperoleh akses khusus untuk bersantai menghadap langsung ke arah hutan pinus, perkebunan, dan bukit.

Baca Juga: 7 Fakta Cappadocia, Tempat Wisata di Turki yang Viral di Drama Series

Jadi, itulah lima tempat wisata balon udara yang bisa kamu nikmati. Sudah siap menikmati sensasi indahnya pemandangan dari atas balon udara?

  • Bagikan