Tidak Akur dengan Keluarga Suami? Begini Cara Mengatasinya

Tidak Akur dengan Keluarga Suami? Begini Cara Mengatasinya

Seruni.id – Tidak akur dengan keluarga suami seringkali terjadi dengan berbagai alasan. Ada yang berasalan mereka tidak bisa diterima dengan baik, atau kerap dikucilkan keluarga suami. Tak jarang, karena hal tersebut, membuat pernikahan mereka berantakan, bahkan pertengkaran antar keduanya pun sering terjadi.

Tidak Akur dengan Keluarga Suami? Begini Cara Mengatasinya

Sang istri akan cenderung menarik semua perhatian suami kepadanya. Ia sengaja menjauhkan suaminya dari keluarganya, yang dianggap tidak menyukainya. Akhirnya, terjadilah permusuhan antara pihak istri dan keluarga seuami, termasuk mertuanya.

Jangan biarkan hal ini terjadi, tidak jarang pertengkaran istri dengan keluarga suami berakhir dengan perceraian dan permusuhan berkepanjangan. Maka, jika kamu merasa adanya ketidak sukaan keluarga suami terhadapmu, perhatikan hal-hal berikut ini:

1. Jangan Merasa Bahwa Mereka Membencimu

Biasnya, mereka yang tidak akur dengan keluarga suami, tercipta karena adanya pemikiran yang tidak benar tentangmu. Sebenarnya hal ini tidak akan berlangsung lama, jika kamu sesegara mungkin mendekatkan diri dengan keluarga suami. Tak jarang, mertua yang membencinya, pada akhirnya akan bisa berubah. Celaan mereka berubah menjadi sebuah pujian dan kebencian menjadi kecintaan.

Tidak akur dengan keluarga suami masih bisa diatasi dengan mudah. Yakni dengan tidak merasa dibenci keluarga suami, terlebih pada awal pernikahan. Apalagi kalau kamu sampai mengasingkan diri dari mereka. Segeralah tunjukkan sikap manismu dan berusahalah menarik perhatian keluarga suami, khususnya kepada kedua orangtuanya alias mertuamu. Karena setelah menikah kedua orangtua suami adalah orangtuamu juga.

2. Persembahkan Akhlak yang Terbaik

Agar kamu dan keluarga suami bisa akur dan rukun, maka persembahkanlah akhlak terbaik yang ada padamu di hadapan mereka. Tak jarang, ada seorang istri yang memasang wajah masam dan jutek karena tidak terbiasa dengan keluarga suami. Ada pula yang menolak ikut acara keluarga sang suami. Hal tersebutlah yang memicu ketidaksukaan mereka kepadamu. Jadi, cobalah untuk berbaur bersama mereka dan tetap berpikir positif. InsyaAllah perlahan-lahan mereka akan berubah dan bisa lebih menerima keberadaanmu di keluarganya.

3. Berdoa kepada Allah SWT

Jika kedua cara tersebut tidak bisa mengatasi ketidakakuranmu dengan keluarga suami, maka berdoalah. Sebab, hanya Allah yang dapat membolak-balikkan hati manusia. Mintalah agar hatimu dan mertuamu dilembutkan. Sehingga dapat mengasihi dan menerima satu sama lain. Hal ini sangat penting untuk dilakukan. Sebab, semanis apa pun kamu bersikap, jika hati keluarga suami tidak terbuka, justru akan banyak prasangka yang hadir. Maka berdoalah.

Baca Juga: 10 Cara Jadi Menantu Idaman Mertua

Tetaplah bersabar dalam menghadapi masalah yang ada dengan keluarga suami, ya.Terlebih pada mertua. Ingatlah bahwa bagaimanapun juga mertua adalah orangtua dari suami, sehingga penting bagimu untuk bisa menjaga sikap dan ucapan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.