Jualanmu Sedang Sepi? Yuk Buat Produk Kembali Menarik dengan 5 Tips Ini!

  • Bagikan
Jualanmu Sedang Sepi? Yuk Buat Produk Kembali Menarik dengan 5 Tips Ini!
securityintelligence.com

Seruni.id – Meski penjualan sedang lesu dan sepi, tapi jangan sampai menyurutkan semangatmu, ya. Yuk bangkit dan buat produk kembali menarik dengan tips jitu ini.

Jualanmu Sedang Sepi? Yuk Buat Produk Kembali Menarik dengan 5 Tips Ini!
rimma.co

Kita pasti setuju, kalau berbisnis online tidak selalu mulus dan tidak semudah yang terlihat. Dagangan yang dipasarkan tak melulu laris diburu pembeli, ada kalanya penjualan sepi dan lesu. Tak jarang, hal ini justru membuat semangat menurun. Apalagi, bagi para pemula, mengetahui cara membuat online shop jadi menarik dan konsisten jadi challenging banget. Nah, meski jualan sedang sepi, jangan patah semangat, ya. Ayo coba tips ini agar produk kembali menarik perhatian para pembeli.

1. Buatlah Konten yang Sesuai Tren

Untuk membuat produk kembali menarik dan banyak dilirik oleh pembeli, maka buatlah konten yang sesuai dengan tren. Manfaatkanlah berbagai media sosial yang ada, bisa dari YouTube, Twitter, Facebook, Instagram, maupun Tiktok. Kelima media sosial tersebut bisa kamu gunakan sebagai media promosi, jadi buatlah konten semenarik mungkin. Agar calon pelanggan tertarik dan mau melihat online shop kita secara lebih detail. Maka dari itu, yuk mulai asah kreatifitasmu sekarang juga, sehingga akan membantu membangun kepercayaan untuk audiens.

2. Memperhatikan Waktu Unggahan

Ketika ingin mengunggah produk jualan, pastikan kamu mengunggahnya di waktu yang tepat, ya. Ini menjadi sebuah strategi penting untuk menjaring minat konsumen. Sebaiknya pilihalah waktu yang sekiranya banyak orang yang meluangkan waktunya untuk membuka media sosial. Misalnya menjelang istirahat makan siang, yakni pukul 12.00-13.00 WIB. Atau pukul 16.00-1700 WIB apabila target marketmu adalah pegawai kantoran. Jangan lupa, malam hari juga menjadi waktu yang tepat untuk mengunggah produk di media sosial, loh. Dimulai dari pukul 19.00-23.00 WIB. Oh ya, selain itu, kamu juga perlu fast respons dalam menanggapi kiriman DM atau komentar dari konsumen, agar mereka tidak terlalu lama menunggu balasan.

3. Membuat Persona Buyer

Target segementation itu sangatlah penting, loh. Sebab, setiap produk yang kamu jual, pasti diperuntukan bagi usia, karakter, atau bahkan level masyarakat tertentu. Oleh karena itu, menentukan persona buyer dapat membantu kita memahami target audiens dengan lebih mendalam.

4. Manfaatkan Segala Bentuk Pemasaran Free

Sebagai pemula yang baru mulai merintis bisnis berbasis online, menekan anggaran adalah hal yang diutamakan. Agar nantinya modal dapat dimanfaatkan untk keperluan yang penting, maka salah satu komponen yang bisa dipangkas adalah dari segi promosi. Agar produk kembali dilirik, carilah cara promosi gratis di internet. Misalnya via Insta Story, blast email, dan lain-lain.

5. Berkolaborasi dengan Bisnis Lain

Pernah melihat kolaborasi bisnis yang berlalu-lalang di laman Instagram? Agar produk kembali dilirik, kamu juga bisa loh menggunakan cara seperti itu. Pilihlah akun online shop yang bisa berkolaborasi dengan produkmu atau target market yang sesuai dengan SOP online shopmu, kemudian komunikasi dan tentukan sistem kerja sama. Atau cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengadakan giveaway dan menawarkan diskon. Bukankah ini akan sama-sama menguntungkan dan sama-sama menyenangkan?

Baca Juga: 10 Ide Konten Instagram yang Menarik Bagi Online Shop

Itulah beberapa tips jitu untuk membuat produk kembali dilirik. Dari sekian tips di atas, hal yang paling penting dan tidak boleh dilupakan adalah bagaimana cara kamu memperlakukan pelanggan dengan sebaik-baiknya. Karena tidak bertatap muka, maka kepercayaan adalah kunci kesuksesan sebuah bisnis. Maka setelah online shop yang kamu bangun menjadi lebih menarik, meningkatkan pelayanan pelanggan juga harus diperhatikan, ya!

  • Bagikan
seruni.id