10 Ide Konten Instagram yang Menarik Bagi Online Shop

  • Bagikan
10 Ide Konten Instagram yang Menarik Bagi Online Shop
sirclo.com

Seruni.id – Pelaku online shop kadang kala dihadapkan dengan kebingungan dalam menentun ide konten Instagram yang menarik. Sebab, jika kontennya itu-itu saja, akan membuat para pengikut merasa bosan, bahkan bisa saja satu per satu pengikut Instagram-mu akan meng-unfollow alias batal mengikuti akunmu. Bukankah ini menjadi hal yang merugikan? Apalagi mencari pengikut itu tidak semudah yang dibayangkan, loh.

10 Ide Konten Instagram yang Menarik Bagi Online Shop
starngange.com

Maka dari itu, kita harus memutar otak untuk bisa menyajikan konten-konten menarik. Dengan ide konten Instagram yang menarik, para pengikut pun akan merasa tertarik. Lalu, konten menarik apa sajakah yang dapat idunggah oleh para pedgang online di Instagram? Yuk baca ulasannya di bawah ini sampai selesai.

1. Kuis

Ide konten Instagram yang menarik pertama, yaitu kamu bisa membuat kuis, baik melalui unggahan di feed maupun story. Sebelum membagikan kuis tersebut, pastikan kamu menyusun pertanyaan-pertanyaan pendek. Namun, pastikan pula pertanyaanmu tidak terlalu mudah untuk ditebak agar membuat para pengikut Instagram-mu penasaran. Usahakan pula jangan terlalu sulit atau jadi nyeleneh karena jangan sampai mereka menganggap pertanyaanmu hanyalah candaan semata.

2. Quotes

Jenis konten seperti ini sering kali digunakan oleh para online shop. Tak ada salahnya untuk meniru konten yang satu ini. Buatlah quotes atau kata-kata mutiara yang berhubungan dengan apa yang kamu jual. Namun, kalau kamu merasa kesulitan untuk membuat quotes, cobalah mencarinya di internet. Contohnya, jika kamu menjual buku, maka kamu bisa membuat quotes seperti “Buku adalah jendela dunia”, atau “Buku adalah sahabat terbaikku, karena ia memberitahuku apa yang tidak aku ketahui”.

3. Beri Pertanyaan

Berinteraksi dengan followers penting juga loh dilakukan, agar mereka merasa nyaman dan juga dihargai. Salah satu cara berinteraksi yang bisa kamu lakukan adalah dengan memberikan pertanyaan kepada followers. Selain itu, interaksi juga diperlukan untuk menambah kepercayaan mereka.

Sebab, seperti yang kita tahu, jika kita berinteraksi dengan orang lain seperti mengobrol atau yang lainnya, maka akan terbentuk rasa saling percaya. Hal ini juga berlaku dalam jual beli, jadi sebaiknya kamu harus mencoba ide konten Instagram yang menarik ini, ya. Kalau bisnismu bergerak di bidang fashion, contoh konten pertanyaan yang bisa kamu gunakan adalah seperti “Apa yang kalian ketahui mengenai cotton comed?”

4. Konsep dengan OOTD

Ide konten Instagram yang menarik berikutnya, kamu bisa mempromosikan jualanmu melalui foto atau video OOTD. Selian itu, kamu juga perlu menyisipkan beberapa tips berpakaian. Misalnya, tema outfit untuk hangout bareng teman dengan gaya casual yang santai, tapi tetap kece. Jangan lupa tampilkan produk-produk yang bisa jadi pilihan, ya.

5. Ikuti Tren yang Viral

Kalau kamu merasa bingung mau upload apa lagi, tak ada salahnya untuk mengikuti tren yang sedang viral saat ini. Ide konten Instagram yang menarik ini akan memudahkanmu, loh. Karena kamu tidak perlu lagi memikirkan konsep dasarnya. Sisa menyesuaikan tren viral tadi dengan produkmu. Agar followers-mu merasa terlibat, kamu bisa mengajak mereka untuk membuat konten serupa untuk mereka unggah sendiri.

6. Testimoni

Setelah customer selesai bertransaksi, kamu bisa menanyakan mengenai kepuasan mereka. Jika mereka puas, kamu bisa meminta mereka untuk membagikan foto mereka menggunakan produkmu dan meminta review dari mereka. Kamu bisa membagikan foto tersebut sebagai bentuk testimonial. Konten testimonial dapat membantu meningkatkan penjualanmu karena meningkatkan kepercayaan calon pembeli.

Terkadang ada juga customer yang mengunggah foto mereka saat menggunakan produk dan men-tag akun Instagram bisnismu. Kamu bisa membagikan konten seperti ini sebagai bentuk dari testimoni. Jangan lupa untuk izin terlebih dahulu dan berikan mereka kredit pada caption. Hal ini dapat mendorong customer lainnya untuk ikut membagikan foto mereka menggunakan produkmu.

7. Konten Momen Spesial

Ide konten Instagram yang menarik berikutnya adalah mengenai momen spesial, biasanya customer senang akan hal ini. Misalnya, konten spesial liburan akhir tahun, Idulfitri, tahun baru, atau momen spesial lainnya. Kamu bisa membagikan konten musiman untuk momen-momen tersebut. Pastikan kamu mengunggahnya di hari dan momen yang tepat agar konten tetap relevan. Selain dapat menarik customer, ini juga salah satu cara untuk membangun hype terhadap brand-mu terutama apabila kamu akan mengadakan promo pada momen tersebut.

8. Makna Warna Outfit

Makna warna outfit bisa dijadikan sebagai salah satu ide konten Instagram yang menarik untuk disajikan kepada pengikutmu. Pasalnya, tak sedikit orang yang belum mengetahui bahwa ada makna di balik pemilihan warna outfit yang dikenakan. Dengan begitu, hal ini bisa menjadi informasi baru untuk mereka ketahui. Dalam konten ini, tentu bisa sekalian mempromosikan produk yang diperdagangkan ya. Bisa juga tampilkan produk yang paling best seller, sehingga bisa menarik perhatian buyers.

9. Meme atau Konten Menghibur Lainnya

Ide konten Instagram yang menarik berikutnya, kamu bisa mengunggah meme atau konten menghibur lainnya. Selain dapat menghibur para pengikutmu, konten lucu juga mendorong orang unutk membagikan ke teman-temannya, sehingga bisnismu akan semakin meningkat. Kamu bisa menggunakan meme atau budaya pop yang sedang tren sehingga konten lebih segar dan menarik. Selain itu, sebaiknya konten lucu ini juga relevan dengan bisnis atau produk yang kamu tawarkan maupun persona brand yang ingin dibangun. Meme atau konten lucu ini juga bisa menjadi cara kreatif bagi kamu untuk menunjukkan keunggulan produkmu.

10. Giveaway

Salah satu hal yang dapat menarik perhatian followersmu adalah dengan adanya giveayaw. Sampai sekarang ide konten Instagram yang menarik ini banyak dilakukan untuk meningkatkan jumlah followers. Biasanya konten jenis ini kerap kali dibuat oleh produk yang baru saja membuka akun media sosial. Konten yang memberikan feedback secara real kepada orang lain seperti giveaway memang bisa menarik perhatian dengan cepat. Apalagi kalau bisa memberi hadiah yang nilainya cukup menggiurkan. Hadiahnya tidak harus uang, kamu bisa memberikan produk jualanmu sebagai kenang-kenangan bagi para pemenang.

Baca Juga: Cara Menghapus Akun Instagram Secara Permanen Atau Sementara

Itulah beberapa ide konten Instagram yang menarik yang bisa kamu coba. Tidak sulit, kan? Hanya saja memang membutuhkan kreativitas yang lebih. Selamat mencoba, ya!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

seruni.id