Tips Agar Terbebas dari Hutang di Tanggal Tua

0
es.brasil247.com

Seruni.id – Ketika gajian sebagian karyawan cunderung lebih mementingkan keinginan dan sering lupa kebutuhan yang akan mendadak datang di akhir bulan, sampai-sampai harus berhutang ke mana-mana untuk memenuhi kebutuhan yang lainnya. Mulai sekarang kurangi yuk berhutangnya dengan membaca tips agar terbebas dari hutang di tanggal tua berikut ini.

Rencanakan Liburan

Tidak ada yang salah jika Anda ingin liburan, terutama jika traveling merupakan salah satu hobi Anda. Namun ada baiknya jika Anda merencanakan liburan jauh-jauh hari sebelum waktunya. Idealnya Anda menyimpan gaji selama dua bulan dengan tidak membeli barang-barang yang bukan menjadi kebutuhan utama untuk menjadi uang saku saat Anda liburan. Jadi misalnya Anda ingin pergi liburan, sebaiknya Anda menabung dua bulan sebelum berangkat agar jangan sampai hutang dengan kartu kredit.

Simpan Kartu ATM di Rumah

Terdengar sulit, tapi jika sudah dibiasakan, akan terasa mudah. Ambil uang dengan perincian yang sudah Anda hitung per minggunya, sehingga Anda dapat mengatur berapa banyak sisa uang yang Anda miliki dan berapa banyak kebutuhan yang belum terpenuhi dalam seminggu itu. Ingat, jangan suka membohongi diri sendiri, karena tujuan Anda melakukan hal ini adalah untuk menghemat dan belajar untuk lebih terstruktur dalam mengatur pengeluaran.

Gunakan Aplikasi Reward

Ini hal yang paling mudah untuk dilakukan. Saat ini banyak sekali muncul aplikasi yang bisa memberikan Anda beragam keuntungan seperti diskon ataupun point rewards. Namun jangan salah pilih, karena tidak semua memberikan keuntungan secara langsung ataupun malah memberikan banyak syarat untuk mendapatkannya.

Baca Juga: Cara Mengatur Gaji UMR Agar Napas Tetap Lega

Simpan Bon Pengeluaran

Setiap bulan tidak ada salahnya Anda menyimpan bon pengeluaran. Kenapa hal ini cukup penting? Tidak lain agar bon-bon ini menjadi pengingat sekaligus sebagai rem Anda dalam mengambil keputusan. Meskipun terlihat sepele, bon ini akan mengingatkan seberapa banyak pengeluaran yang sudah Anda keluarkan dalam sebulan ini. Bila tidak, gaji akan tiba-tiba habis sebelum waktunya dan Anda terpaksa hutang ke mana-mana

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.