Tips Agar Tetap Bugar saat Puasa

go-dok.com

Seruni.id – Selama bulan suci Ramadan, seluruh umat Islam di dunia akan menunaikan ibadah puasa. Meskipun harus menahan lapar dan haus, kita harus tetap semangat menjalaninya. Jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan bergerak, sehingga membuat tubuh menjadi lemas dan tidak bugar. Puasa biasanya diidentikan dengan masalah kesehatan seperti dehidrasi dan kurang energi. Nah, agar tetap bugar saat puasa, Seruni akan memberikan beberapa tips kesehatan untuk mendukung kondisi tubuhmu. Berikut tujuh tips agar tetap bugar selama puasa:

Tetap Berolahraga

Hasil gambar untuk agar tetap bugar saat puasa
hellosehat.com

Berolahraga sangat dianjurkan, untuk membuat tubuh sehat dan bugar. Jangan jadikan puasa sebagai penghalang tidak olahraga. Kamu tetap bisa melakukan olahraga ringan seperti jogging, yoga, ataupun bersepeda. Jika biasanya kamu melakukan olahraga selama satu jam, bisa dikurangi jam latihannya, misalnya menjadi 30 menit. Kurangi juga intensitas dan gerakan tubuh menjadi lebih ringan, contohnya perlambat langkah kaki saat berlari. Olahraga tersebut bisa dilakukan pada pagi hari, namun jika tidak terbiasa di pagi hari, kamu bisa melakukannya pada sore hari.

Memilih Makanan yang Tepat saat Sahur

Hasil gambar untuk Memilih Makanan yang Tepat saat Sahur
idntmies.com

Memilih makanan yang tepat, terutama saat sahur, adalah sebuah keharusan di bulan Ramadan, karena berkaitan dengan energi yang dibutuhkan oleh tubuh selama menjalani puasa. Untuk mendapatkan banyak nutrisi dalam waktu singkat, kamu bisa mendapatkannya pada smoothies dengan buah-buahan, sayur, chia seed, dan juga selai kacang. Selain itu, protein juga dibutuhkan seperti daging, telur, kacang, akan memberi energi yang cukup untuk tubuh.

Perhatikan Asupan Cairan

Hasil gambar untuk Perhatikan Asupan Cairan
jpurnal.sociolla.com

Agar tetap bugar saat puasa, asupan cairan juga penting untuk diperhatikan. Saat puasa, cobalah untuk lebih banyak minum air putih untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Pada dasarnya, orang dewasa memerlukan sekitar dua liter air perhari, atau setara dengan delapan gelas perhari, ataupun 250 mililiter setiap gelasnya. Jadi, tidak sembarangan delapan gelas perhari, ya. Rumusnya yaitu, 2-4-2, maksdudnya, dua gelas saat sahur dan menjelang imsak. Lalu, empat gelas dari berbuka puasa sampai makan malam. Kemudian, dua gelas lagi saat menjelang tidur.

Tidur yang Cukup

Hasil gambar untuk tidur
dream.co.id

Untuk menjaga tubuh tetap bugar saat puasa, kita dianjurkan menjaga pola tidur. Karena, kekurangan tidur bisa membuat kita rentan terserang kesehatan fisik, yang disebabkan turunnnya kualitas sistem imun tubuh. Di samping itu, kekurangan tidur juga bisa menimbulkan masalah psikis, dari menurunkan suasana hati, stres hingga depresi. Lalu, berapa durasi waktu yang ideal untuk tidur malam? Menurut rekomendasi National Sleep Foundation, usia 18-64 tahun setidaknya memerlukan tidur selama 7-9 jam.

Hindari Tempat yang Terlalu Panas

Hasil gambar untuk wanita berhijab beraktivitas di dalam ruangan
vaseline.co.id

Tempat yang terlalu panas bisa menyebabkan kita merasa dehidrasi. Agar tetap bugar saat puasa dan terhindar dari dehidrasi, maka berdiamlah di dalam ruangan atau di tempat yang teduh dan batasi aktivitas fisik yang terlalu berat. Dan beristirahatlah jika memungkinkan.

Makan Secukupnya

Hasil gambar untuk Makan Secukupnya saat berbuka
halodoc.com

Setelah seharian menahan lapar dan haus, biasanya ketika telah masuk waktu berbuka, banyak orang orang yang “kalap” saat menyantap hidangan berbuka. Langsung megonsumsi banyak makanan saat berbuka, justru akan membuat perut terasa kembung dan begah. Itu sebabnya, kita dianjurkan untuk makanan secukupnya. Kita bisa makan secara bertahap, misalnya berbuka dengan makanan yang ringan seperti salad buah, kurma, es buah, atau air putih. Selang beberapa jam kemudian, atau setelah salat tarawih, barulah makan besar.

Mengurangi Makanan dan Minuman yang Manis

Hasil gambar untuk Mengurangi Makanan dan Minuman yang Manis
hellosehat.com

Saat berbuka puasa, kurangilah mengonsumsi makanan dan minuman manis serta produk olahan. Bukankah kita dianjurkan untuk ‘berbuka dengan yang manis?’. Memang, makanan atau minuman manis penting dikonsumsi saat berbuka puasa untuk menstabilkan gula darah. Akan tetapi, harus diperhatikan porsi makanan atau minuman tersebut. Apalagi, jika rasa manis itu terbuat dari gula. Sebab, tanpa disadari, miuman dan makanan manis yang kita konsumsi secara rutin selama bulan Ramadan, justru akan menyebabkan kenaikan berat badan. Dan harus diingat, kita harus tetap memastikan tubuh fit saat Ramadan, maka energi yang dikeluarkan harus lebih banyak daripada energi yang masuk.

Nah, itulah beberapa tips agar tetap bugar saat puasa yang bisa kamu terapkan. Semoga kita dapat menjalani puasa dengan baik tanpa ada halangan apapun. Aamiin. Semoga bermanfaat, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.