7 Tips Agar Tidak Canggung Saat Bertemu Teman Lama

  • Bagikan
7 Tips Agar Tidak Canggung Saat Bertemu Teman Lama
popbela.com

Seruni.id – Bertemu teman lama sering kali membuat kita merasa serba salah. Hendak menyapa lebih dulu, khawatir dibilang sok kenal. Jika tidak, nantinya malah dianggap sombong. Situasi ini pasti sering banget terjadi di kehidupan kita, apalagi ketika berjumpa dengan mereka yang sudah lama putus kontak.

7 Tips Agar Tidak Canggung Saat Bertemu Teman Lama
galadiva.com

Padahal, seharusnya kita tidak perlu riau dengan pemikiran tersebut. Untuk menunjukkan bahwa kita adalah orang yang masih mengingat dia sekaligus agar tidak canggung saat bertemu teman lama, berikut ini ada beberapa tips sederhana yang bisa kamu lakukan. Seruni telah merangkumnya untukmu.

 

1. Jangan Ragu Memberi Senyuman

Ketika bertemu teman lama, sering kali kita merasa ragu, apakah mereka masih mengingat kita atau tidak. Agar tidak dianggap sok kenal atau sok asyik, maka hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah buat kesan yang baik.

Yaitu dengan cara memberikan senyuman dan menganggukan kepala. Cara ini bisa kamu lakukan agar mendapat perhatian dari teman lamamu. Jika mendapatkan respons yang baik, kamu bisa mencoba untuk memulai obrolan.

 

2. Memperkenalkan Diri Kembali

Meskipun kamu kenal dengan mereka, belum tentu mereka masih mengenalmu. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk memperkenalkan diri kembali ketika mendapati ada teman lama di sekitarmu.

Di momen tersebut, kamu juga bisa mengonfirmasi kembali apakah orang yang kamu ajak bicara adalah benar teman lama. Jangan sampai kamu berbuat tidak sopan, sementara orang yang diajak bicara ternyata salah sasaran.

 

3. Sedikit Nostalgia

Saat bertemu teman lama, hindarilah menanyakan hal-hal yang sifatnya pribadi. Seperti, “Apa pekerjaanmu sekaran?” “Berapa gajimu?”, “Kapan menikah?” atau “Kapan punya anak?”. Sebab, bagi sebagian orang, pertanyaan tersebut sifatnya sensitif dan dapat melukai hati.

Cobalah untuk memulai percakapan dengan nostalgia akan kenangan-kenangan lucu, berkesan, dan menyenangkan yang bisa kamu bagikan dengan teman-temanmu. Dengan begitu, akan memunculkan kembali kenangan yang menyenangkan yang pernah kalian lalui.

 

4. Menghargai Setiap Respons yang Diberikan

Mungkin kamu pernah bertemu teman lama yang ketus, enggan diajak ngobrol, atau ketika disapa pun tidak membalas sepatah kata. Jika kamu mendapati respons seperti ini, hargailah.

Tak perlu canggung jika diabaikan seperti itu. Sebab, bisa jadi ia hanya sedang bingung karena tidak mengenalimu atau dia sedang terburu-buru, sehingga tidak begitu fokus siapa yang menyapanya.

 

5. Tunjukkan Minat

Saat bertemu teman lama dan mereka membagikan kisah dan perjalanan hidupnya, simak dan perhatikan baik-baik, ya. Tunjukkanlah sikapmu yang antusias akan kisahnya.

Sebisa mungkin, berilah tanggapan yang sesuai, jangan terlalu berlebihan, dan tunjukkan empati yang tepat. Meski sepele, tapi hal tersebut akan membuat temanmu merasa dihargai, loh.

 

6. Bersikap Hangat

Ketulusan dan kebahagiaan yang kamu rasakan karena bertemu teman lama, akan membuat suasana menjadi lebih hangat. Jangan ragu untuk menyampaikan bahwa kamu merindukannya dan merindukan saat-saat di mana kalian kerap menghabiskan waktu bersama.

Dengan sikap yang hangat dan ketulusan yang kamu tunjukkan, bisa mencairkan beberapa kecanggungan, yang mungkin bisa tercipta karena kalian sudah lama tak saling bertemu.

 

7. Buat Rencana Selanjutnya dan Tetap Terhubung

Agar dipertemuan selanjutnya tidak lagi canggung, cobalah buat rencana yang akan datang dengan temanmu. Dan jangan lupa untuk tetap terhubung, entah melalui media sosial atau via Whats’App.

Tanyakan kontaknya dengan sopan. Jika bukan sesuatu yang sangat darurat, ada baiknya hindari meminta kontak teman lamamu dari orang lain tanpa izin, ya. Sebab, beberapa orang cenderung sangat berhati-hati memberikan nomor ponselnya kepada orang lain.

Oh ya, penting sekali untuk kamu ketahui nih, tetap terhubung dengan teman, bisa menjadi ladang rezeki yang tidak kamu sangka-sangka. Barang kali ada hal baik yang bisa kamu dapatkan dari pertemuan kembali itu.

Baca Juga: 7 Ciri Red Flag dalam Pertemanan

Itulah 7 tips agar tidak canggung saat bertemu teman lama. Ingat, ya, bahwa perlakukan sopan perlu kamu jadikan sebagai kunci utama saat hendak menyapa ataupun mengobrol dengan orang lain, agar kesan siapapun akan baik terhadapmu. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan