7 Tips Aman Meninggalkan Rumah Ketika Liburan

  • Bagikan
7 Tips Aman Meninggalkan Rumah Ketika Liburan

Seruni.id – Tak terasa, waktu liburan akan segera tiba. Sudah ada rencana untuk pergi bersama keluarga? Selain merencanakan tempat berlibur dan keselamatan selama perjalanan, kamu juga perlu tahu beberapa tips aman meninggalkan rumah ketika liburan.

7 Tips Aman Meninggalkan Rumah Ketika Liburan

Sebab, keamanan rumah juga harus diprioritaskan. Tentunya kamu tidak ingin kan terjadi sesuatu di rumahmu saat kamu meninggalkannya? Maka dari itu, berikut ini Seruni telah merangkum tips aman meninggalkan rumah ketika liburan. Simak baik-baik, ya.

 

1. Pastikan Semua Barang Berharga Sudah Kamu Amankan

Tips aman meninggalkan rumah ketika liburan yang pertama adalah, memastikan bahwa semua barang berharga yang kamu miliki sudah kamu simpan di tempat yang paling aman. Agar lebih tenang dan liburan tidak terganggu, akan lebih baik menaruhnya di dalam brankas dengan fitur kode pengaman, tahan api, tahan banting, dan kedap air.

 

2. Perhatikan Listrik

Sebelum meninggalkan rumah untuk berlibur, terlebih dalam waktu yang cukup lama, pastikan listrik dalam keadaan aman. Selain itu, pastikan pula tidak ada kabel charger yang tertinggal. Pemeriksaan ini sangat berguna sekali untuk menghindari terjadi korsleting listik, ketika kamu tidak berada di rumah.

 

3. Memasang Lampu Rumah yang Bisa Menyala Otomatis

Rumah yang gelap dan tampak kosong, kerap kali menjadi sasaran empuk para penjahat. Maka dari itu, kamu perlu memastikan bahwa lampu di rumahmu akan menyala saat malam hari. Agar tidak repot, kamu bisa memasang lampu yang dapat diatur kapan harus menyala dan mati. Walaupun sedikit lebih boros daripada lampu pada umumnya, tapi hal tersebut cukup efektik untuk menandakan bahwa ada kehidupan di dalamnya.

 

4. Pastikan CCTV Sudah Menyala

Kalau di rumahmu terdapat kamera CCTV, sebelum kamu pergi, pastikan CCTV tersebut sudah menyala, ya. Usahakan, CCTV terletak di spot yang tidak kelihatan. Seperti kamar, adapur, pintu masuk, ruang kerja, dan ruang keluarga.

 

5. Tidak Meninggalkan Kunci di Tempat ‘Rahasia’

Kebanyakan orang, akan menyimpan kunci di tempat yang menurutnya ‘rahasia’. Misalnya, di bawah keset, di dalam pot bunga, maupun di dalam sepatu. Sebenarnya, itu bukan lagi menjadi tempat rahadia, melainkan sudah menjadi rahasia umum. Alih-alih aman, tempat tersebut justru membahayakan rumahmu, loh. Maka dari itu, tips ama meninggalkan rumah ketika liburan, salah satunya adalah menghindari menaruh kunci di sana.

 

6. Memastikan Semua Pintu dan Jendela Telah Terkunci

Tips aman meninggalkan rumah ketika liburan berikutnya adalah, memastikan bahwa pintu dan jendela telah tertutup dan terkunci. Ada baiknya, untuk menambah gembok di bagian pintu atau pagar rumah, agar membuatnya lebih aman. Sebab, sekecil apa pun celah jendela yang kamu buka, itu dapat memencing pencuri untuk masuk ke dalam.

 

7. Beritahu Tetangga Bahwa Kamu Akan Pergi Berlibur

Bagi yang akan pergi berlibur, pastikan rumah yang ditinggalkan tetap aman. Ketika mengetahui ada tetangga yang tidak bepergian selama musim liburan ini, cobalah memberitahunya mengenai kepergian kamu. Selain untuk mempererat silaturahmi, tetangga adalah orang terdekat yang dapat dipercaya untuk menjaga rumah kamu. Jika perlu, kamu bisa menitipkan kunci cadangan kepadanya apabila kamu merasa lebih aman dan nyaman.

Baca Juga: Tips Liburan Aman Di Tengah Merebaknya Virus Corona

Jadi, itulah tujuh tips aman meninggalkan rumah ketika liburan. Semoga perjalananmu menyenangkan, ya!

  • Bagikan
seruni.id