Tips Hemat Jelang Hari Raya

ringkaskata.com

Seruni.id – Tanpa terasa kita sudah memasuki minggu-minggu akhir Ramadhan. Itu tandanya, hari Raya Idul Fitri akan segera tiba. Momen itu tentu sudah ditunggu-tunggu umat Muslim di seluruh dunia. Menjelang lebaran, biasanya kebutuhan semakin meningkat. Karena tentunya banyak keperluan yang hendak dibeli, hingga akhirnya, terkadang membuat kita kalap dan membeli apapun yang sebenarnya tidak diperlukan. Nah, agar tetap hemat jelang hari raya, kamu bisa menerapkan beberapa tips di bawah ini, loh. Yuk di simak baik-baik.

Catat Setiap Kebutuhan yang Ingin Dibeli

fimela.com

Agar hemat jelang hari raya, kamu bisa mengantisipasinya dengan cara mencatat prioritas kebutuhan apa saja yang hendak dibeli, tentunya kebutuhan tersebut yang memang benar-benar kamu butuhkan, ya. Cara ini dilakukan agar kamu bisa meminimalisir kemungkinan belanja barang yang sebenarnya tidak diperlukan. Utamakan untuk membeli kebutuhan yang menjadi prioritas utama saja.

Tabung Sebagian Pendapatan

idntimes.com

Saat mendapatkan penghsilan entah itu dari gaji ataupun THR, pastikan kamu menyisihkan sebagian uangmu, ya. Nah, sebaiknya kamu memiliki dua rekening yang berbeda, salah satu rekening tersebut, bisa kamu gunakan untuk menabung dan satunya lagi untuk mencukupi kehidupan sehari-haru. Dengan begitu, ketika mendapatkan penghasilan yang lebih banyak termasuk menjelang hari raya, jangan sampai penghasilanmu habis begitu saja.

Jangan Mudah Tergiur dengan Diskon Besar

internasional.republika.co.id

Jelang hari raya, diskon besar-besaran mulai bertebaran di mana-mana, tentu hal ini sangat menggoda sekali. Tapi, jika kamu ingin hemat jelang lebaran, kamu harus bijak menyikapinya, ya. Jangan mudah tergiur dengan banyaknya produk yang didiskon secara besar-besaran, lebih baik belilah segala sesuatu secukupnya saja.

Hindari Terlalu Sering Pergi ke Pusat Perbelanjaan

idntimes.com

Jalan-jalan dan mengunjungi pusat perbelanjaan memang menyenangkan. Namun perlu diingat, jalan-jalan dan mengunjungi pusat perbelanjaan, akan menuntutmu untuk melakukan pengeluaran. Sebaiknya, kunjungi pusat perbelanjaan pada saat dibutuhkan saja. Berdiam diri di rumah justru akan membuatmu lebih hemat dan bijak dalam mengelola keuangan.

Rencanakan Liburan dari Jauh-jauh Hari

travelagent.co.id

Mau berlibur ataupun mudik lebaran, usahakan tidak memesan tiket transportasi secara mendadak, semuanya harus direncanakan dari jauh-jauh hari. Karena tentunya, harga tiket dan hotel pasti jauh lebih murah. Jangan lupa untuk sesuaian dengan jadwal keluarga, agar tiket yang telah dibeli tidak terbuang sia-sia.

Itulah beberapa tips hemat jelang hari raya. Sudah siap untuk berhemat?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.