8 Tips LDR bagi Pasangan Suami Istri Agar Tetap Harmonis

  • Bagikan
8 Tips LDR bagi Pasangan Suami Istri Agar Tetap Harmonis
fairygodboss.com

Seruni.id – Meski sedang berjauhan, keharmonisan dalam rumah tangga harus tetap terjaga. Bagaimana caranya? Berikut Seruni akan membagikan tips LDR bagi pasangan suami istri.

8 Tips LDR bagi Pasangan Suami Istri Agar Tetap Harmonis
popbela.com

Menjalani hubungan jarak jauh alias long distance relationship (LDR), bukanlah perkara mudah bagi pasangan suami istri. Apalagi, jika harus dipisahkan oleh jarak yang sangat jauh, berbeda pulau, negara, bahkan benua. Ini bukan sekadar sulitnya menahan rindu saja. Namun, seberapa kuat kita bertahan melintasi berbagai tantangan, seperti rasa khawatir dan curiga. LDR bagi pasangan suami istri, mereka harus menjaga kehamonisan rumah tangga agar tidak terprovokasi oleh apapun. Nah, buat kamu yang saat ini sedang berjauhan dengan pasangan halalmu, Seruni telah merangkum beberapa tips LDR bagi pasangan suami istri agar hubungan tetap manis dan harmonis. Apa saja tipsnya?

 

1. Fokus pada Kualitas Komunikasi

Sejumlah penelitian mengungkapkan, bahwa pasangan suami istri yang menjalani hubungan jarak jauh, mereka lebih puas dengan komunikasi dijalani saat itu, daripada pasangan yang tinggal bersama. Kemungkinan besar, mereka menyadari bahwa komunikasi itu sangat penting untuk menjaga keharmonisan rumah tangga. Masalah pernikahan jarak jauh, pada umumnya berakar pada komunikasi, sama seperti hubungan lainnya. Maka dari itu, kunci dari hubungan LDR bagi suami istri agar tetap harmonis adalah komunikasi yang berkualitas.

 

2. Saling Menjaga Kesetiaan dan Kepercayaan

Tips LDR bagi pasangan suami istri yang berikutnya adalah selalu menjaga kesetiaan dan kepercayaan satu sama lain. Sebab, kedua hal tersebut, adalah modal utama untuk menciptakan keharmonisan meski sedang terpisahkan jarak. Jika kesetiaan dan kepercayaan tidak bisa dijaga, maka akan muncul banyak pikiran negatif, seperti curiga dan berpikiran buruk. Maka dari itu, sebaiknya percaya saja pada pasanganmu, bahwa tidak akan terjadi hal-hal buruk, sehingga kesetiaan akan tercipta dengan sendirinya.

 

3. Selalu Mendoakan Pasangan

Menjaga komunikasi dan menjaga kesetiaan memang penting, tapi ada yang lebih penting dari itu, yaitu berdoa. Sebab, biar bagaimana pun pasanganmu bukan milikmu, tapi milik Sang Pencipta. Jadi, berdoalah agar pasangamu selalu diberikan kemudahan dan keselamatan dalam menjalankan setiap aktivitasnya. Doa yang tulus, akan memberikan sinyak positif pada pasanganmu.

 

4. Menyamakan Jadwal

Variasi dalam pekerjaan dan jadwal tidur, serta perbedaan zona waktu, agak sedikit membebani pernikahan jarak jauh. Untuk tetap terhubung secara emosional dalam hubungan jarak jauh, cobalah prioritaskan jadwal kalian, sehingga kalian berada dalam kondisi terbaik saat berbicara satu sama lain.

 

5. Berikan Pengertian dan Perhatian

Tips LDR bagi pasangan suami istri yang berikutnya adalah saling memberikan pengertian dan perhatian satu sama lain. Meski sederhana, tapi kedua hal tersebut dapat menambahkan energi positif bagi pasangan yang dipisahkan oleh jarak. Mulailah untuk memberikan pengertian dan perhatian kepada pasangan, sekalipun hanya berbentuk pesan singkat. Ucapan-ucapan sederhana, akan memberikan semangat untuk pasangan.

 

6. Membagikan Detal Harian Meski Membosankan

Hal yang palig membuat rindu dari hubungan jarak jauh adalah momen di mana bisa berbagi cerita tentang keseharian masing-masing. Meski membosankan, tapi ini bisa membuat hubungan menjadi harmonis. Lantas, bagaimana bisa berbagi cerita jika dipisahkan oleh jarak? Kalian bisa melakukan video call, mengirimkan foto, atau mengatakannya melalui pesan teks.

 

7. Hindari Komunikasi yang Berlebihan

Meski komunikasi menjadi kunci keharmonisan dalam rumah tangga, tapi jangan melakukannya secara berlebihan, ya. Melansir dari laman Lifehack, banyak pasangan LDR yang menganggap bahwa komunikasi yang sering dilakukan akan membantu. Namun ternyata, ini tidak benar, loh. Komunikasi yang berlebihan hanya akan memperburuk keadaan.

 

8. Bertemu Sesekali

Tips LDR bagi pasangan suami istri selanjutnya, jika kalian memiliki waktu luang, cobalah untuk bertemu. Pulanglah dan temui dia, kamu juga bisa membuat kejutan kecil untuknya. Meski pertemuannya cukup singkat, tapi setidaknya kalian bisa melepas rindu dan menikmati waktu bersama.

Baca Juga: 5 Cara Mengasah Komunikasi di Dalam Pernikahan

Demikianlah sedikit tips LDR bagi pasangan suami istri yang bisa Seruni bagikan. Semoga hubungan keluargamu dan pasangan selalu harmonis sepanjang waktu, ya.

  • Bagikan