5 Tips Memasak Beras Merah Agar Pulen dan Tidak Keras

sahabatnestle.co.id

Seruni.id – Beras merah selama ini memang diakui sebagai beras yang paling menyehatkan di antara beras yang lainnya. Hal ini disebabkan karena beras yang satu ini mengandung berbagai macam nutrisi yang bermanfaat, terlebih lagi untuk kesehatan tubuh.

Sayangnya, memasak beras merah tidak semudah memasak beras putih. Beras merah memiliki tekstur yang lebih keras serta rasa yang lebih hambar. Karena itu, kamu perlu tahu tips memasak beras merah agar pulen dan juga tidak keras. Berikut tipsnya!

Cuci Beras 2-3 Kali Bilasan

Related image
lifestyle.okezone.com

Langkah pertama sebelum memasak beras merah yang harus kamu lakukan adalah mencucinya dengan air bersih. Cara membersihkannya sama dengan membersihhkan beras putih yang kita konsumsi sehari-hari.

Dalam mencuci beras merah, hanya membutuhkan 2 sampai 3 kali bilasan saja agar vitamin yang terkandung dalam beras merah tidak ikut larut bersama air.

Gunakan Air Lebih Banyak

Image result for masak beras merah dengan panci
yukmasakvegetarian.blogspot.com

Beras merah memiliki tekstur yang lebih keras dibandingkan dengan beras putih biasa. Maka air yang digunakan untuk memasak beras merah haruslah lebih banyak, agar tekstur nasi yang dihasilkan pulen dan tidak keras.

Tambahkan air dengan perbandingan 3:1 atau sama dengan 3 gelas air untuk 1 takar beras.

Rendam Beras Merah

Related image
novandito.com

Sebelum dimasak, beras merah sebaiknya direndam terlebih dahulu selama kira-kira 30 menit. Tekstur beras yang keras akan menjadi lebih lunak dengan proses perendaman ini.

Masak dengan Cara Manual

Image result for masak beras merah menggunakan langseng
halodoc.com

Untuk memasak beras merah, tidak dianjurkan menggunakan rice cooker, ya. Masaklah dengan cara yang manual. Hal ini disebabkan karena tekstur beras merah memiliki perbedaan dengan beras biasa atau nasi putih.

Campurkan dengan Beras Putih

Image result for merendam beras merah dalam air
magazine.job-like.com

Cara selanjutnya yang bisa kamu coba untuk memasak beras merah agar pulen yaitu mencampurkan beras merah dengan beras putih. Kamu bisa mencampurkannya dengan perbandingan yang sesuai selera.

Baca Juga: Yum… Ini Nih 16 Makanan Berbahan Dasar Nasi Yang Harus Kamu Coba

Itulah tips atau cara memasak beras merah agar pulen dan tidak keras. Sederhana bukan? Semoga tips yang kami berikan ini bermanfaat dan bisa membantu anda. Selamat mencoba di rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.