Hindari Bajakan, Ini Tips Membeli Buku Secara Online

Hindari Bajakan, Ini Tips Membeli Buku Secara Online
mojok.co

Seruni.id – Era digital saat ini, memudahkan kita untuk meraih apapun hanya dengan sekali klik. Seperti membeli buku secara online, bisa kamu lakukan di mana saja. Tapi, marakanya peredaran buku bajakan saat ini, terkadang membuat kita ragu unutk membelinya.

Sebab, tak sedikit pengedar buku bajakan memanfaatkan teknologi internet sebagai basis yang paling mudah untuk mengelabui banyak orang. Maka dari itu, di bawah ini Seruni memberikan tips aman membeli buku secara online. Agar kamu tidak tertipu dan sehingga tidak membeli buku yang bajakan.

1. Cermati Toko Online yang Dituju Sebelum Membeli

Hindari Bajakan, Ini Tips Membeli Buku Secara Online
merahputih.com

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengen mencermati toko online yang kamu tuju. Agar tidak tertipu, pastikan kredibelitas toko tersebut, cermati akun sosial medianya. Kalau kamu berbelanja via e-commerce, perhatikan review atau ulasan yang diberikan pembeli. Jika terdapat banyak komentar negatifnya, sebaiknya urungkan niatmu unutk berbelanja di toko tersebut, ya. Lebih baik, kamu mencari toko buku online lain yang sudah punya nama. Toko-toko tersebut bisa menjadi referensimu untuk berbelanja buku dengan kualitas terbaik.

2. Langsung ke Spot Buku yang Dicari

Hindari Bajakan, Ini Tips Membeli Buku Secara Online
sintiaastariana.com

Ketika sudah menemukan toko buku online yang pasti. Kemudian langsung saja ke spot buku yang sedang kamu cari. Biasanya pada platform onlie lebih mudah untuk menemukannya. Kamu hanya perlu memilih kategori buku sesuai keinginan. Bahkan, di sana juga tersedia pilihan jenis buku, penulis, hingga harga. Hal ini akan memudahkanmu dan membuat fokus ketika memilih buku.

3. Baca Detail Buku yang Ingin Dibeli

Hindari Bajakan, Ini Tips Membeli Buku Secara Online
winnetnews.com

Kemudian, langkah berikutnya, pastikan kembali detail buku yang ingin dibeli dengan membaca deskripsi produknya. Biasanya, mereka akan melampirkan keterangan seperti jenis cover, nomor ISBN, penerbit, tahun terbit, hingga status ketersediaan barang. Apalagi, jika kamu membeli buku second alias bekas dan ternyata langka, jangan sampai kamu melewatkan untuk membaca deskripsi dengan teliti di bagian review dan cermat dalam memilih kondisi bukunya.

4. Tanyakan Kualitas Buku Tersebut

Hindari Bajakan, Ini Tips Membeli Buku Secara Online
ohayojepang.kompas.com

Saat membeli buku secara online, sebaiknya jangan tergesa-gesa. Pastikan terlebih dahulu kualitas buku yang ingin dibeli. Apakah repro/KW atau original. Ini penting sekali dilakukan, karena banyak sekali buku-buku yang dijual online, namun tidak menyertakan keterangan.

Apabila sudah menanyakan kualitas bukunya, dan si penjual meyakinkan saat menjawab bahwa buku tersebut asli. Sebaiknya kamu jangan mudah percaya. Cermati lagi harga buku yang ingin dibeli. Pada umumnya, buku bajakan akan membanderol harga lebih rendah dibanding buku yang asli.

Kamu bisa membandingkan buku yang kamu beli dengan harga buku yang sama tapi di toko yang berbeda. Buku KW alias bajakan, biasanya akan menawarkan harga yang murah, atau normal. Intinya, kamu harus pintar-pintar membandingkan harga dan kualitas.

5. Pastikan Ketentuan dan Kebijakan Pengiriman Buku

Hindari Bajakan, Ini Tips Membeli Buku Secara Online
liputan6.com

Selanjutnya, pastikan ketentuan dan kebijakan pengiriman buku. Sepertinya tidak menjadi masalah besar jika kamu melakukan pembelian buku melalui situs domestik. Tapi, kamu harus tetap cermat saat membelinya dari situs internasional. Karena biaya pengiriman termasuk pajak yang tidak murah mungkin saja akan terjadi. Meski ada beberapa situs seperti Book Depository yang menawarkan pengiriman bebas biaya ke belahan dunia manapun.

6. Pastikan Tentang Kebijakan Garansi Pengembalian

Hindari Bajakan, Ini Tips Membeli Buku Secara Online
acerid.com

Tentunya kamu tidak ingin kan menerima barang dalam kondisi yang tidak layak? Selain memastikan kondisi buku yang akan dibeli, sebelum melakukan pembayaran sebaiknya periksa ketersedian garansi dan cara retur untuk berjaga-jaga apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.

7. Review Buku Setelah Menerima

Hindari Bajakan, Ini Tips Membeli Buku Secara Online
gatsuone.blogspot.com

Kamu sudah terbantu dengan ulasan dari orang lain saat mencari buku-buku yang sesuai dengan keinginan. Tak ada salahkan kan, untuk membantu yang lain dengan memberikan review jujur darimu? Nantinya, ulasan tersebut akan membantu calon pembeli lainnya untuk memantapkan hati saat berburu buku idaman mereka, baik dalam bentuk eBook maupun buku fisik.

Baca Juga: 10 Ide Rak Buku Minimalis, Bikin Kamu Betah Baca di Rumah

Ingatlah, dengan membeli buku asli baik itu baru maupun bekas, kita setidaknya sudah berkontribusi melawan pembajakan buku.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.