Tips Pakai Heels Agar Tetap Nyaman dan Anti Lecet

Tips Pakai Heels Agar Tetap Nyaman dan Anti Lecet
brilio.net

Seruni.id – Memakai sepatu heels menjadi salah satu solusi bagi si pemilik tubuh mungil demi menunjang penampilannya, agar terlihat lebih tinggi, jenjang, dan feminin. Namun, sepatu berhak tinggi ini sering kali menyakitkan. Apalagi, kamu yang memang belum terbiasa. Wajar bila terasa sakit hingga menimbulkan lecet. Nah, bagi kamu yang ingin pakai heels tetap nyaman dan anti lecet, wajib banget menyimak tips yang Seruni berikan berikut ini.

1. Pilih Ukuran yang Tepat

Tips Pakai Heels Agar Tetap Nyaman dan Anti Lecet
popbela.com

Agar tetap nyaman ketika pakai heels dan tentunya anti lecet, pastikan kamu memilih ukuran sepatu yang memang sesuai, ya. Sebab biasanya, ukuran kaki akan berubah-ubah setiap tauhunnya. Bahkan, perubahan tersebut terjadi secara kontras, bisa dirasakan jika kamu telah memiliki anak.

Jadi, sebelum membeli sepatu baru, ukurlah lebih dulu untuk menemukan ukuran panjang dan lebar kakimu dengan akurat. Bukan hanya panjang saja, lebar pun sangat memengaruhi, agar kaki tidak terasa sesak bagaikan terjepit sepanjang hari.

2. Ketahui Jenis Kaki Lebih Dulu

Tips Pakai Heels Agar Tetap Nyaman dan Anti Lecet
twitter.com

Jika sudah memastikan ukuran kaki, selanjutnya kamu juga perlu mengetahui jenis kakimu terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Mudah sekali. Coba basahi kakimu dan lalu cap kakimu di atas kertas putih.

Jika sudah, kamu bisa tahu apakah kamu bertipe telapak kaki rata (normal) atau memiliki lengkungan dalam yang tinggi. Dari situlah kamu bisa mengetahui, memgapa telapak kakimu yang flat itu merasa kesakitan saat pakai heels. Dan menderita memakai pointed shoes buat kamu yang memiliki ukuran jari kaki lebar.

3. Gunakan Deodoran Roll di Tepi dan Bagian Dalam Heels

Tips Pakai Heels Agar Tetap Nyaman dan Anti Lecet
suara.com

Meskipun deodorant kerap digunakan untuk menghilangkan aroma tak sedap pada ketiak. Namun ternyata, ini bisa digunakan untuk membuat heelsmu tetap nyaman dan menghindari lecet pada kaki. Sebelum menggunakan heels, oleskan deodorant berbentuk roll on di bagian yang berisiko menimbulkan lecet.

Seperti sendi jari kaki, bagian belakang tumit, hingga bagian atas kaki yang kerap bergesekan dengan sepatu untuk memudahkan kakimu masuk ke dalam sepatu, sehingga mencegah agar kaki tidak melepuh. Setelah itu, diamkan sejenak hingga mongering sebelum digunakan.

4. Oleskan Kaki dengan Petroleum Jelly

Tips Pakai Heels Agar Tetap Nyaman dan Anti Lecet
hipwee.com

Apabila tidak ada deodorant, kamu bisa menggantinya dengan petroleum jelly pada bagian tumit, telapak kaki, punggung kaki, serta pergelangan kaki. Tunggulah beberapa saat hingga meresap oleh kulit agar tidak licin. Ini berguna untuk mencegah terjadinya gesekan kasar antara kulit dan sepatu yang bisa membuat kakimu lecet. Pun sebaliknya, jika kakimu mudah berkeringat, gunakan sampo kering untuk menghindari licin yang menyebabkan kamu jatuh saat pakai sepatu heels. Sampo kering akan mencegah kaki lembap dan membuatnya kering dalam jangka waktu lama.

5. Rekatkan Jari dengan Plaster

Tips Pakai Heels Agar Tetap Nyaman dan Anti Lecet
kurio.id

Saat pakai heels, seringkali terasa sakit hingga menimbulkan kram pada ujung tumit, hal ini dikarenakan tekanan di antara jari tengah dan jari manis. Guna mengurangi rasa sakit tersebut, kamu bisa merekatkan plester pada kedua jari tersebut. Trik ini akan membuat ruang antara jari-jari kaki dan menjaganya agar terhindar dari kram. Namun, trik ini hanya bisa digunakan jika sepatu heels yang kamu gunakan adalah sepatu yang memiliki ujung tertutup atau peep toe heels.

6. Memakai Bantalan Kaki

Tips Pakai Heels Agar Tetap Nyaman dan Anti Lecet
blanja.com

Agar heelsmu tetap nyaman ketika digunakan, kamu bisa menambahkan bantalan berupa alas kaki di bagian dalamnya. Untuk alasnya, kamu bisa memilih dengan bahan silicon metatarsal, karena bahannya yang sangat empuk dan bisa meredam guncangan yang diterima kakimu. Pemakaian bantalan kaki membuat kaki lebih mudah bertumpu pada high heels dan mengurangi rasa sakit pada tumit.

7. Manfaatkan Hair Dryer

Tips Pakai Heels Agar Tetap Nyaman dan Anti Lecet
today.com

Pada dasarnya, panas yang dihasilkan dari hair dryer bisa melenturkan sepatu yang kaku, loh. Begitupun dengan heels yang kamu miliki. Caranya, kenakan kaus kaki yang agak tebal, kemudian pakailah heels yang akan dilenturkan.

Angin-anginkan sepatu dengan hair dryer secara memutar agar panasnya merata dan mencegah material sepatu meleleh. Jika sepatu sudah mulai hangat dan lentur, perlahan-lahan putarlah dan tekukkan dari bagian tengah sepatu untuk melenturkannya. Namun, dalam melakukan ini jangan terlalu berlebihan, ya. Agar sepatumu bisa kembali ke bentuk semula dan tidak patah.

8. Jangan Dipaksa

Tips Pakai Heels Agar Tetap Nyaman dan Anti Lecet
genpi.co

Jika kamu sudah menerapkan semua tips di atas, tapi masih terasa sakit dan tidak nyaman. Berarti kamu harus mulai merelakan untuk melepaskan heels dan kembali menggunakan falt shoes. Wajib sekali untuk menyesuaikan pemakaian sepatu dengan kebutuhan yang diperlukan.

Baca Juga: 8 Cara Merawat Sepatu High Heels Agar Lebih Tahan Lama

Meski sepatu high heels cocok digunakan untuk menyempurnakan penampilanmu, akan lebih baik hindari menggunakannya terlalu lama karena memiliki risiko kesehatan. Selamat mencoba tips di atas, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.