9 Cara Ampuh Membasmi Rayap Pada Furnitur Kayu

10 Cara Ampuh Membasmi Rayap Pada Furnitur Kayu
oakfurnitureland.ie

Seruni.id – Rayap merupakan salah satu masalah yang seringkali dijumpai pada rumah atau furnitur kayu. Selain menjengkelkan, keberadaan rayap juga membuat material rumah dan perabot rumah berbahan kayu menjadi tidak tahan lama. Lalu, adakah cara ampuh membasmi rayap yang bisa dilakukan?

10 Cara Ampuh Membasmi Rayap Pada Furnitur Kayu
pelaksanabangunan.com

Sebenarnya ada banyak sekali cara membasmi rayap, namun sebaiknya hindarilah obat-obatan kimia untuk mengatasinya, karena risiko kesehatan yang ditimbulkan. Sebaiknya gunakanlah cara-cara alami yang lebih aman. Nah, untuk kamu yang memiliki perabotan rumah berbahan kayu, yuk intip beberapa tips yang bisa kamu lakukan berikut ini!

1. Meminimalisir Kerusakan dengan Alas

Agar furnitur tidak mudah tergores atau terkena noda, bagian atas meja atau furnitur kayu lainnya ditutupi dengan kain taplak atau table runner. Apabila sudah terlihat kusam, kamu bisa menggantinya. Sedangkan untuk meminimalisir kayu dimakan rayap, pastikan kamu sudah memberikan alas pada bagian bawah. Bisa dengan menggunakan penyangga kecil atau menambah lapisan pada bagian kaki atau permukaan furnitur yang menempel langsung pada lantai maupun dinding.

2. Memindahkan Furnitur

Rayap cenderung suka dengan ruangan atau tempat yang lembap, maka jangan heran jika furnitur atau perabotan rumah berbahan kayu lebih mudah dihinggapi rayap. Jika furnitur mudah dipindahkan, maka sebaiknya pindahkan ke tempat yang lebih kering. Sebab, rayap tidak suka di temapt yang kering dan beberapa jenis rayap mudah kering karena kondisi yang panas. Pindahkan ke tempat yang lebih terbuka dan terkena sinar matahari langsung. Tunggulah hingga rayap benar-benar hilang dan telurnya pun mati.

3. Gunakan Solar

Teknik ini hampir sama untuk mengawetkan kayu, dimana rayap akan mati jika pada bagian kayu diberikan solar. Akan tetapi, kamu harus benar-benar membiarkan solar masuk ke dalam pori kayu. Sebelumnya, kamu bisa menghilangkan lapisan cat paling luar terlebih dahulu kemudian menguaskan solar pada bagian luar. Sebaiknya lakukan cara ini setiap hari hingga rayap benar-benar hilang.

4. Air Larutan Garam

Cara ampuh membasmi rayap berikunya yakni dengan menggunakan larutan garam. Cukup buatkan larutan air garam, kemudian siramkan pada seluruh permukaan furnitur yang berayap. Lakukan cara ini dengan rutin sampai rayap benar-benar menghilang. Namun sayangnya, kandungan air ini akan membuat lemari mudah lembap, jadi kamu harus benar-benar mengeringkan furnitur, jika tidak maka rayap akan kembali datang.

5. Gunakan Kapur Sirih

Jika menggunakan larutan garam tidak cukup ampuh dalam membasmi rayap, kamu bisa menggunakan cara lain, yakni dengan membuat air kapur sirih. Air kapur sirih memiliki efek yang panas dan bisa membuat rayap cepat mati. Ini akan memudahkanmu untuk membasmi mereka. Cukup menyemprotkan beberapa kali setiap jam air kapur sirih pada furnitur yang terkena rayap. Pastikan rayap terkena larutan ini dan akan mati dalam beberapa jam. Jemur kembali furniture kayu sebelum menggunakannya.

6. Minyak Jeruk

Banyak sekali bahan alami yang tidak disukai oleh rayap, salah satunya adalah minyak jeruk. Kamu bisa menggunakan bahan ini untuk membasmi rayap pada furnitur. Cara penggunaannya cukup mudah, hanya menyemprotkan minyak jeruk pada seluruh permukaan furnitur, kemudian kamu bisa langsung menunggu hasilnya dalam hitungan jam. Dijamin cara ini akan membuat rayap mati seketika.

7. Menggunakan Air Cucian Beras

Air cucian beras tidak hanya bisa menyuburkan tanaman saja, tetapi juga dapat digunakan sebagai alat pembasmi rayap. Cukup kumpulkan air bekas cucian beras tersebut, kemudian semprotkan pada tempat yang terserang rayap. Rayap pun akan berkurang secara perlahan dan pergi meninggalkan tempat tersebut. Cara membasmi rayap yang satu ini sangat mudah dilakukan dan murah, bukan?

8. Gunakan Daun Salam dan Kemangi

Bumbu dapur yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Selain cocok untuk bumbu dapur, aroma khas dari daun salam dan kemangi akan sangat efektif untuk membasmi rayap, loh. Caranya dengan meletakkan kedua daun tersebut ke perabotanmu. Alhasil, rayap tidak akan berani mendekati. Di samping itu, bahan ini juga aman untuk diletakkan pada lemari pakaian karena tidak akan membuat pakaian menjadi bau. Sehingga, cara membasmi rayap yang satu ini tidak memberikan efek negatif .

9. Kapur Barus

Kamper alias kapur barus memang memiliki segudang manfaat. Kapur barus dengan kandungan naftalena di dalamnya acapkali digunakan sebagai cara membasmi rayap yang efektif. Selain mencegah serangga kecil di rumahmu, aroma yang kuat dari kapur barus juga sangat tidak disukai oleh rayap. Cukup letakkan kapur barus di furnitur-furnitur rumahmu dan beberapa sudut rumahmu. Rayap akan menghindari lokasi tersebut.

Baca Juga: Tips Merawat Peralatan Memasak Berbahan Kayu Agar Awet dan Tahan Lama

Jika kamu sudah menerapkan sembilan cara di atas dan rayap mati atau pergi maka kamu bisa langsung melakukan tindakan pencegahan. Tindakah pencegahan ini dilakukan dengan bahan cat yang akan melapisi furnitur kayu.

Cat yang mengandung bahan anti rayap sangat dibutuhkan agar lemari atau furnitur kayu lainnya tidak dirusak kembali oleh rayap. Inilah fungsi cat tidak hanya untuk mempercantik furniture kayu namun juga untuk meberikan perlindungan dari rayap bahkan jamur. Semoga informasi ini bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.