Tips Memilih Catokan Rambut Sesuai dengan Kebutuhan

Tips Memilih Catokan Rambut Sesuai dengan Kebutuhan
facetofeet.com

Seruni.idHair straightener atau lebih dikenal dengan catokan kerap digunakan para wanita untuk meluruskan rambut mereka. Alat pelurus rambut yang tepat akan membantu rambutmu terlihat lebih cantik dalam sekejap, tanpa menghasilkan kerusakan yang berlebihan. Nah, jika kamu masih bingung memilih catokan yang tepat, yuk ikuti beberapa tips yang akan Seruni bagikan berikut ini.

Tips Memilih Catokan Rambut Sesuai dengan Kebutuhan
hilight.id

1. Tentukan Fungsinya

Inovasi teknologi kian berkembang, kini bukan hanya alat komunikasi saja yang canggih, loh. Namun terjadi pada alat catokan. Kini alat catokan tidak hanya memiliki fitur pelurus rambut saja, tapi dilengkapi dengan keunggulan dan fungsi lainnya. Seperti bisa dipakai sebagai alat untuk membuat rambut ikal pun kriting. Jadi, sebelum memilih catokan rambut, pastikan kembali alat catok apa yang kamu inginkan.

2. Penting Memahami Bentuknya

Bukan hanya dari fungsi saja, memilih catokan rambut juga harus diperhatikan dari bentuknya, ya. Jika menginginkan alat yang multi-fungsi seperti pengeriting rambut, maka kamu bisa memilih alat dengan bentuk yang lebih lengkuk dan kaku. Untuk hasil rambut yang lebih lurus dan sleek seperti keluar dari salon, pilih bentuk yang lebih kaku dengan sudut-sudut tajam.

Perlu diketahui, bahwa semakin lebar permukaan plates, maka proses mencatok rambut pun akan semakin cepat. Sebab, alat tersebut akan menghantarakan panas yang cukup dan lebih dapat menangkap rambut dalam sekali capit. Tapi kalau jenis rambut kamu tipis dengan batang rambut yang halus, pilih plates yang tak terlalu lebar, untuk hasil rambut yang tidak terlihat lepek dan lebih sehat.

3. Ketahui Jenisnya

Terdapat tiga jenis plates yang biasa digunakan sebagai pelurus rambut. Pertama yakni jenis titanium, dengan harga lebih mahal, catokan dengan titanium plates lebih cepat panas dengan panas yang merata. Titanium plates paling ampuh dan cepat meluruskan rambut yang sangat keriting dan kasar. Kemudian ada jenis ceramic, jenis ini adalah yang paling umum digunakan. Harganya lebih affordable dan efektif memberi hasil tekstur yang halus. Terakhir yaitu tourmaline atau biasa disebut ionic plates, ini cocok banget buat kamu yang memiliki rambut rusak karena plates jenis ini memproduksi ion negatif yang mampu mengurangi tekstur kering dan kaku pada rambut rusak.

4. Pilih Catokan yang Memiliki Pengaturan Suhu

Suhu yang terlalu panas dapat menyebabkan rambut rusak. Sedangkan, alat catok mengandalkan hawa panas agar dapat menata rambut dengan efektif. Untuk meminimalisir kerusakan pada rambut, maka pilihlah alat catok yang dilengkapi dengan pengatur suhu sehingga dapat disesuaikan dengan kondisi rambut yang kamu miliki.

5. Perhatikan Daya

Alat catokan dapat berfungsi jika dialiri listrik. Setiap alat pelurus rambut ini memiliki daya listri yang berbeda-beda tergantung jenisnya. Agar tidak membebani tagihan listrimu, maka jangan lupa untuk memilih catokan rambut yang memiliki daya listrik ekonomis, ya. Dengan begitu, maka kamu dapat memaksimalkan penggunaan alat catok dengan lebih nyaman.

Baca Juga: 5 Kesalahan Ketika Memotong Rambut Sendiri di Rumah

Setelah membaca tips di atas, semoga kalian tidak salah memilih catokan rambut, ya. Jika ingin membeli pastikan memilih yang memang sesuai dengan fungsi plus budget yang kamu miliki. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.