Trik Mudah Mengembalikan Kontak WhasApp yang Hilang

tipspintar.com

Seruni.id – Kehilangan kontak WhatsApp adalah hal yang menjengkelkan dan tentunya membuat kita panik. Apalagi, jika di dalamnya terdapat nomor-nomor penting. Tapi, kamu tak perlu khawatir berlebihan, ya. Karena kamu bisa loh mengembalikan kontak WhatsApp yang hilang dengan sangat mudah. Bagaimana caranya? Yuk langsung disimak di bawah ini.

Trik Mudah Mengembalikan Kontak WhasApp yang Hilang
centerklik.com

1. Membersihkan Chache pada WhasApp

Langkah pertama untuk mengembalikan kontak WhatsApp yang hilang adalah dengan masuk ke setting lalu application, kemudian pilih WhatsApp. Setelah muncul tam[ilan Apps Info, kamu bisa langsung memilih menu Force Stop kemudian pilih Clear Csche. Jika sudah, kamu bisa langsng me-restart smartphonemu dan lihat kembali ke aplikasi WhasApp.

2. Mengaktifkan Menu Permission

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kontak WhatsApp hilang secara tiba-tiba. Salah satunya bisa saja dikarenakan menu permission pada smartphonemu belum aktif. Sehingga, menyebabkan kontak tidak terkoneksi dan hilang, ketika dengan tidak sengaja me-restart smartphone.

Agar hal tersebut tidak kembali terjadi, maka jangan lupa untuk mengaktifkan menu permission, ya. Caranya bagaimana? Sangat mudah sekali, pertama-tama kamu harus masuk dulu ke menu setting lalu application dan pilih menu WhatsApp kemudian menu permission. Setelah itu, aktifkan menu Permission di WhatsApp-mu agar sistem bisa membaca kontakmu dan mengurangi kemungkinan nomor kontak hilang secara tiba-tiba.

3. Menampilkan Semua Kontak dari Pengaturan WhasApp

Jika nomor kontak WhasApp menghilang, bisa saja terjadi karena pengaturan kontak pada menu pengaturan WhatsApp belum aktif. Agar hal ini tidak terulang lagi, ada baiknya untuk segera mengaktifkan pengaturan ini di menu setting lalu contact dan cek list opsi display all contact.

4. Mengaktifkan Kontak di Menu Gmail

Kontak WhatsApp biasana akan terhubung dengan akun Google. Apabila di smartphone-mu terlalu banyak memiliki akun Gmail, maka kontak yang seharusnya tersimpan di Gmail menjadi tidak muncul di buku telepon pun di WhasApp. Untuk mengatasinya, pilih settings di aplikasi kontak smartphone-mu. Lalu cari menu contact to display, dan cek list akun Gmail tempat kamu menyimpan kontak. Setelah itu, jangan lupa refresh contact pada aplikasi WhatsApp dan secara otomatis kontak yang hilang atau tidak terdeteksi akan muncul.

5. Hapus dan Instal Ulang WhatsApp

Terakhir, jika cara di atas belum juga berhasil untuk mengembalikan kontak WhatsApp yang hilang, kamu bisa menghapus aplikasi WhatsApp dan menginstal ulang. Namun peru kamu ingat, ketika menginstal ulang, kamu harus memasang aplikasi yang tersedia di Play Store maupun AppStore, ya.

Baca Juga: Agar Data WhatsApp Tak Bisa ‘Dicuri’ Facebook

Dengan cara di atas, semoga kontak WhatsAppmu yang hilang berhasil kembali lagi. Jadi, kamu bisa menghubungi orang-orang yang ada di kontak WhatsAppmu. Selamat mencoba, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.