Kenali 10 Warna Lidah yang Dapat Mendeteksi Kondisi Kesehatanmu!

  • Bagikan
Kenali 10 Warna Lidah yang Dapat Mendeteksi Kondisi Kesehatanmu!
dream.co.id

Seruni.id – Kondisi kesehatan kita tidak hanya dapat diketahui dari warna kuku saja, loh. Namun, bisa diketahui juga berdasarkan warna lidah. Makanya sering kali ketika check up ke rumah sakit, dokter selalu menyuruh untuk menjulurkan lidah. Sebab, lidah merupakan bagian tubuh yang berada pada rongga mulut. Meskipun setiap orang memiliki lidah yang tampak berbeda-beda. Akan tetapi, normalnya lidah yang sehat berwarna merah mudah tidak mencolok dan permukaannya terdapat bintik-bintik kecil apa disebut sebagai papilla.

Kenali 10 Warna Lidah yang Dapat Mendeteksi Kondisi Kesehatanmu!
hype.grid.id

Di mana bintik tersebut berfungsi untuk mengetahui rasa dari makanan maupun minuman yang dicicipi. Faktanya, lidah bisa berubah warna sesuai dengan kondisi kesehatan tubuh. Lalu, apakah kamu pernah memperhatikan warna lidahmu berubah? Bagaimana cara mengetahuinya, ya? Berikut ini 10 warna lidah yang dapat mendeteksi kondisi kesehatanmu:

1. Hitam

Lidah berwarna hitam menjadi suatu hal yang tak sedap dipandang mata. Warna lidah yang pekat seperti ini, terjadi karena adanya penumpukan keratin. Di mana keratin sendiri merupakan protein yang terdapat pada kulit, rambut, dan kuku. Penumpukan terjadi bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari kebersihan mulut yang kurang baik, mengonsumsi obat-obatan tertentu, penggunaan tembakau, hingga terapi radiasi. Dalam kasus yang jarang terjadi, lidah yang berwarna hitam bisa menjadi pertanda kondisi kesehatan yang serius, seperti diabetes atau HIV.

2. Putih

Warna lidah putih atau pucat disertai dengan bercak putih yang timbul terjadi karena adanya infeksi jamur seperti sariawan oral. Umumnya, kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit, bercak tebal, putih, atau merah di lidah. Penyebab lain lidah berwarna putih adalah leukoplakia yang menyebabkan bercak putih atau plak terbentuk di lidah. Warna putih biasanya dikarenakan adanya bakteri dan sel-sel mati yang terdapat pada lidah. Hal ini sering terjadi akibat kebiasaan merokok.

3. Kuning

Kalau warna lidah yang berikut ini, biasanya disebabkan jika seseorang adalah perokok aktif atau pemakai tembakau kunyah. Lambat laun, warna kuning tersebut dapat berubah menjadi warna kecokelatan atau hitam, terutama pada bagian ujung lidah. Penyakit kuning maupun psoriasis berpotensi mengalami lidah berwarna kuning.

4. Merah

Warna lidah yang merah, bukan berarti merah muda tua, ya. Melainkan warna merah yang menunjukkan bahwa tubuh sedang kekurangan vitamin B, sehingga dapat diatasi dengan mengonsumsi suplemen. Penyakit demam berdarah dan eksim juga bisa menjadi faktor lidah memerah. Selain itu, penyakit Kawasaki bisa menyebabkan lidah berwarna merah stroberi. Mengutip dari laman Healthline, kondisi yang disebut geographic tounge ialah adanya bercak merah dengan batas putih di sepanjang lidah. Namun, hal tersebut tidaklah berbahaya.

5. Abu-abu

Pernah mendapati lidahmu berwarna abu-abu? Biasanya kondisi ini sering kali dikaitkan dengan adanya masalah hati dan usus. Perubahan warna ini bisa disebabkan oleh tukak lambung atau eksim. Tak hanya itu, masalah pencernaan juga bisa menjadi faktor berubahnya warna lidah menjadi ungu.

6. Ungu

Warna lidah cenderung ungu bisa terjadi karena sirkulasi darah yang tidak lancar. Kurangnya sirkulasi ini bisa dengan cepat berubah menjadi kelesuan dan mengganggu kesehatan emosional, bahkan pada beberapa kasus hal ini bisa menyebabkan depresi. Dan biasanya kondisi ini juga sering terlihat pada seseorang dengan kolesterol yang tinggi hingga masalah jantung.

7. Biru

Kekurangan oksigen dalam darah bisa menyebabkan lidah menjadi berwarna biru. Hal ini bisa disebabkan oleh kurangnya oksigen di paru-paru, kelainan darah, penyakit pembuluh darah, atau penyakit ginjal. Oleh karena itu, tingkat oksigen yang rendah dalam darah membutuhkan perhatian medis segera.

8. Cokelat

Warna lidah selanjutnya, yakni cokelat atau cokelat gelap. Biasanya hal ini disebabkan karena mengonsumsi makanan atau minuman tertentu. Selain itu, perubahan warna lidah ini bisa menunjukkan kemungkinan orang tersebut mengidap penyakit kanker. Seseorang yang memiliki lidah berwarna ini akan mengalami rasa sakit setiap saat. Misalnya rasa seperti terbakar, bengkak, ketidakmampuan dalam mencicipi sesuatu, gerakan abnormal, bahkan kesulitan menggerakkan lidah.

9. Oranye

Faktor penyebab lidah berubah warna menjadi oranye adalah kebersihan mulut yang kurang baik dan kering. Penggunaan antibiotik dan makanan tertentu yang mengandung beta-karoten tinggi, seperti wortel, juga bisa mengubah warna lidah menjadi oranye.

10. Hijau

Penumpukan bakteri dapat mengubah warna lidah menjadi hijau. Kondisi ini bisa menunjukkan adanya suatu infeksi jamur pada mulut.

Baca Juga: 7 Bahaya Lidah yang Bisa Menjerumuskan ke Api Neraka

Itulah ulasan mengenai berubahnya warna lidah yang dapat mendeteksi adanya masalah kesehatan dalam tubuh. Perlu kamu ingat, perubahan warna yang terjadi pada lidah bukan disebabkan oleh makanan atau minuman ya karena warna tersebut hanya bersifat sementara.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

seruni.id