Tips Memilih Mukena yang Nyaman Agar Ibadah Ramadhan Lebih Khusyuk

  • Bagikan
Tips Memilih Mukena yang Nyaman Agar Ibadah Ramadhan Lebih Khusyuk
pdjar.com

Seruni.id – Menjelang Ramadhan, mukena adalah barang yang paling banyak diburu kaum wanita. Namun, jangan asal membeli, kamu harus tahu juga bagaimana tips memilih mukena yang nyaman agar ibadah lebih khusyuk.

Tips Memilih Mukena yang Nyaman Agar Ibadah Ramadhan Lebih Khusyuk
kamini.id

Bulan yang penuh berkah akan segera tiba, segala amalan di bulan Ramadhan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Maka, tak heran jika di bulan tersebut umat muslim berlomba-lomba untuk melakukan ibadah. Beberapa orang pun berburu perlengkapan ibadah untuk menyempurnakan ibadahnya.

Mukena adalah perlengkapan ibadah yang paling banyak diburu oleh wanita. Namun sayangnya, banyak yang membeli mukena tanpa memperhatikan aspek lainnya. Padahal, mukena memegang peranan penting agar ibadah lancar dan nyaman. Lantas, apa saja sih yang harus diperhatikan dalam memilih mukena?

 

1. Pilih Ukuran yang Pas

Memilih mukena dengan ukuran yang pas adalah salah satu tips penting yang harus kamu perhatikan. Namun, kebanyakan dari kita kerap mengabaikan hal ini, kita justru lebih sering memilih mukena dengan ukuran all size. Meski ukurannya all size, ternyata mukena memiliki ukran tersendiri, loh. Kebanyakan mukena memang memiliki kesan yang lebar, tapi sebaiknya kamu merinci apakah ukuran tersebut sesuai dengan tubuhmu atau tidak.

Sebaiknya, sesuaikanlah ukuran mukena agar melebihi batas tubuh. Karena dalam hal ini, kamu memilih mukena yang berukuran lebar, tidak harus yang terlalu panjang karena ini akan menyulitkanmu ketika sholat. Pastikan tangan dan kaki kai tertutup dengan kain yang melebihi batas. Jangan sampai kamu menyesal karena ukurannya yang sebenarnya tidak tertutup sempurna. Nggak mau kan ibadahmu sia-sia karena terlihat auratnya?

 

2. Pilihlah Model yang Sesuai Kebutuhan

Ada tiga jenis mukena yang bisa kamu pilih. Pertama, mukena yang terdiri dari dua potong, yakni atasan dan bawahan dengan karet atau tali di bangian kepala. Lalu, ada pula mukena dua potong tanpa bagian kepala, dan mukena terusan yang menyerupai gamis. Ketiganya memang bisa kamu pilih, tapi ada baiknya disesuaikan dengan kenyamanan dan kebutuhanmu. Misalnya, kalau kamu sudah menggunakan kerudung dengan dalaman penutup rambut dan sedang dalam perjalanan, maka mukena dua potong tanpa bagian penutup kepala bisa menjadi pilihan.

 

3. Memilih Mukena dengan Jahitan yang Rapi

Selain model, kamu juga harus memperhatikan jahitan mukena tersebut, ya. Pastikan mukena yang kamu pilih memiliki jahitan yang rapi. Pasalnya, jahitan yang rapi akan membuat mukena lebih tahan lama. Sehingga ibadah pun akan semakin nyaman. Bayangkan saja, jika jahitan copot saat kamu sedang beribadah, terutama pada bagian wajah. Pemandangan benang di sana-sini tentu akan menganngu kekhusyukanmu.

 

4. Memilih Mukena dengan Bahan yang Nyaman

Ada beragam jenis bahan mukena yang dijual di pasaran, dengan harga yang mengikuti jenis kain. Ada yang paling murah, standar, dan paling mahal. Untuk urusan beribadah, pilihlah mukena dengan bahan yang paling nyaman. Seruni sarankan untuk memilih mukena dengan kain yang terasa ‘dingin’, karena bisa membuat ibadahmu menjadi lebih tenang. Sebaliknya, mukena dengan bahan yang panas, justru membuat kamu gerah saat ibadah, sehingga sholat pun akan terganggu.

Nah, mukena yang paling banyak dipilih adalah berbahan katun, baik katun rayon, katun paris atau jenis katun lainnya. Bahan-bahan tersebut membuat mukena terasa nyaman dan dingin, walaupun dipakai dalam jangka waktu yang lama. Hindarilah membeli mukena dengan bahan yang mudah panas, seperti kain parasut, abutai, atau kain spandek.

 

5. Pilih Mukena dengan Tas

Tips memilih mukena yang berikut ini mungkin sering dianggap sepele. Padahal, dengan memilih mukena yang dilengkapi tas, kamu bisa dengan mudah membawanya ke mana pun. Salah satu mukena yang paling sering dilengkapi tas adalah mukena berbahan parasut karena ukurannya yang bisa dilipat sampai sangat kecil.

 

6. Usahakan Memiliki Mukena Lebih dari Satu

Setidaknya kamu memiliki dua mukena, agar bisa digunakan secara bergantian. Tak harus membeli mukena dengan brand tertentu, kok. Sebab, yang terpenting adalah kenyamananmu saat menggunakannya. Bahan yang berkualitas memang sebanding dengan harga yang ditawarkan. Namun, kamu tetap bisa memilih mukena berkualitas dnegan harga yang terjangkau.

Jadi, itulah beberapa tips memilih mukena yang nyaman untuk beribadah di bulan Ramadhan nanti. Semoga tips ini membantu, ya.

  • Bagikan