Doa Menyambut Ramadhan Lengap dengan Artinya

  • Bagikan
Doa Menyambut Ramadhan Lengap dengan Artinya

Seruni.id – Doa menyambut Ramadhan sesuai sunnah adalah bentuk syukur kepada Allah SWT karena diri masih diberi kesempatan untuk merasakan nikmatnya bulan penuh berkah. Sudahkah kamu menghafalnya?

Bulan suci Ramadhan sudah di depan mata. Meskipun kita masih harus melewatinya di masa pandemi, tapi kita patut menyambutnya dengan penuh suka cita. Sebab, bulan Ramadhan memiliki keutamaan yang sungguh luar biasa daripada bulan-bulan lainnya.

Di bulan Ramadhan, segala amal kebaikan akan dilipatgandakan pahalanya. Selagi masih menanti keputusan pemerintah kapan puasa Ramadhan akan dilaksanakan, sebaiknya kita mulai menyiapkan diri dengan membaca doa menyambut Raamdhan sesuai sunnah.

Amalan membaca doa menyambut Ramadhan telah diungkap dalam sebuah hadis Rasulullah SAW. Belia menyebut, bulan Ramadhan menjadi momen yang tepat, di mana Allah SWT memperkenankan doa hamba-hamba-Nya.

“Ramadan telah mendatangi kalian, bulan yang penuh dengan keberkahan, Allah meliputi kalian dengannya, Dia menurunkan rahmat dan menghapus kesalahan-kesalahan, memperkenankan doa, Allah memerhatikan persaingan (kebaikan) kalian di dalamnya, para malaikat membangga-banggakan kalian, mereka memperlihatkan pada diri-diri kalian akan kebaikan, sesungguhnya orang yang celaka yaitu, siapa yang diharamkan padanya rahmat Allah SWT.” (HR Ath Thabrani).

 

Doa Menyambut Ramadhan

Berikut bunyi doa menyambut Ramadhan lengkap dengan artinya sesuai dengan hadis at-Tirmidzi no. 3451.

اللهم أهله علينا باليمن والإيمان والسلامة والإسلام ربي وربك الله

“Allahumma ahlilahu ‘alainaa bil yumni wal imani wassalamati wal islami Rabbi wa Rabbukallah.”

Artinya: “Ya Allah, mohon hadirkan awal Ramadhan kepada kami, dengan penuh ketentraman, dan dengan penuh kekuatan iman. Sehat dan selamat, dan dengan kekuatan Islam. Lakukan ini karena Tuhanku, dan Tuhanmu juga.”

Itulah doa menyambut bulan suci yang bisa diamalkan. Namun, jika kamu tidak bisa menghafalkannya, kamu boleh berdoa dengan menggunakan bahasa Indonesia. Sebab, Allah SWT tidak akan memberatkan hamba-Nya yang hendak beribadah kepada-Nya.

Baca Juga: 30 Ucapan Maaf Menjelang Ramadhan, Agar Ibadah Semakin Khusyuk

Demikianlah informasi mengenai doa untuk mennyambut bulan suci yang bisa Seruni bagikan. Semoga dapat diamalkan untuk menyambut datangnya bulan suci di tahun 2022 ini.

  • Bagikan