7 Tips Mencuci Softlens untuk Menjaga Kebersihannya

7 Tips Mencuci Softlens untuk Menjaga Kebersihannya
kumparan.com

Seruni.id – Alih-alih membuat penglihatan bagus, menggunakan softlens yang kotor tentu bisa berdampak buruk untuk kesehatan mata. Maka itu, kamu perlu tahu cara mencuci softlens untuk menjaga kebersihannya.

7 Tips Mencuci Softlens untuk Menjaga Kebersihannya
otc-fahrenheit.co.id

Softlens dengan warna-warnanya yang cantik, mampu membuat mata terlihat lebih indah. Bagi pengguna softlens, kalian perlu tahu nih bahwa menjaga kebersihannya adalah hal wajib yang perlu kamu lakukan. Di mana kamu harus melakukan perawatan rutin agar softlens tetap bersih dan terhindar dari bakteri yang dapat membahayakan kesehatan mata.

Sebab, jika kamu tidak menjaga kebersihannya, maka akan berisiko merusak lensa mata. Alih-alih ingin tampil menarik malah justru dapat berisiko sakit mata jika tidak rajin membersihkan softlens. Tanpa perlu ke optik untuk perawatan softlens, kamu bisa mencuci softlens sendiri di rumah. Untuk hal itu, Seruni akan memberikan tips mencuci softlens di rumah berikut ini:

1. Cuci Tangan Sebelum Memegang Softlens

Salah satu tips penting dalam merawat lensa kontak adalah selalu mencuci tangan sebelum memegangnya. Usahakan untuk mencuci tangan menggunakan sabun, kemudian bilas hingga bersih. Pastikan tidak ada sisa sabun, parfum, minyak, atau losion yang menempel pada telapak tanganmu. Pasalnya, jika langsung memegang softlens tanpa cuci tangan terlebih dahulu akan berisiko memindahkan patogen penyebab infeksi dari tangan ke softlens.

2. Pastikan Kuku Tangan Pendek dan Bersih

Tips mencuci softlens berikutnya, pastikan kuku tanganmu pendek dan bersih, ya. Karena jika kukumu panjang, dikhawatirkan akan membuat softlens mudah rusak. Selain itu, juga memungkinkan kotoran tertinggal di sela-sela kuku dan dapat berpindah saat mencuci softlens.

3. Gunakan Cairan Pembersih Softlens

Saat mencuci softlens, sebaiknya gunakanlah cairan pembersih yang memang dikhususkan untuk softlens. Adapun cara mencucinya adalah dengan menggosok secara lembut dan membilasnya dengan cairan pembersih. Lalu simpan softlens dengan cairan pembersih softlens yang baru. Hindari mencampur cairan pembersih softlens yang lama dengan yang baru.

4. Jangan Bersihkan Softlens dengan Air Keran

Hindari penggunaan air keran saat mencuci softlens. Sebab, air keran berisiko terhadap bakteri yang mungkin akan menyebar ke permukaan softlens. Bakteri yang terdapat pada air keran dapat menyebabkan iritasi mata.

5. Selalu Jaga Kebersihan Wadah Softlens

Tidak hanya softlens yang harus dijaga kebersihannya, tapi juga wadah penyimpanannya. Cuci wadah softlens dan bilas dengan cairan pembersih softlens. Simpan wadah softlens bersih dalam posisi terbalik dan dialasi selembar tisu atau kain tak berserat agar tidak ada serat yang tertinggal di wadah.

6. Lepas Softlens Sebelum Mandi dan Tidur

Tips berikutnya, kamu harus ingat kapan waktu yang tepat untuk melepas softlens. Lepaskanlah lensa kontak sebelum mandi, berenang, atau kegiatan apa pun yang dapat membuat matamu kemasukan air. Hal ini bertujuan agar kuman atau senyawa kimia dalam air, seperti klorin, tidak menempel pada softlens. Jika dibiarkan, biasanya gejala-gejala ringan akan muncul, seperti mata sakit dan terasa gatal.

Lupa melepas softlens saat mandi dapat berujung pada konjungtivitis akibat infeksi bakteri. Selain itu, untuk merawat dan menjaga kebersihannya, kamu harus melepas softlens sebelum tidur. Hal ini karena saat kamu tidur, mata yang terpejam tidak membuat air mata tidak dapat membawa oksigen sebanyak ketika kamu membuka mata.

7. Perhatikan Tanggal Kedaluwarsa

Hal ini juga tidak kalah penting dari poin sebelumnya, kamu harus selalu memperhatikan tanggal kedaluwarsa penggunaan softlens. Tanggal kedaluwarsa merupakan batas aman sampai kapan lensa kontak tersebut dapat dipakai tanpa membahayakan mata. Jika lensa kontak yang kamu miliki sudah lewat dari tanggal kedaluwarsa, sebaiknya dibuang dan jangan kamu gunakan kembali.

Sebab, lensa kontak yang sudah kedaluwarsa memungkinkan kontaminasi bakteri dan jamur di dalam larutan garam steril. Hal ini membuat lensa kontak yang akan kamu pakai di mata terlapisi dengan berbagai debu atau partikel kecil lainnya. Adapun akibat dari menggunakan softlens kedaluwarsa adalah, lensa menjadi tidak nyaman dipakai dan parahnya lagi dapat menyebabkan infeksi pada mata.

Baca Juga: 8 Warna Softlens yang Cocok untuk Kulit Sawo Matang

Menggunakan lensa kontak artinya kamu sudah berkomitmen untuk mengetahui dan melaksanakan cara merawat dan mencuci softlens dengan benar. Kalau kamu masih ragu dan khawatir terkena infeksi, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter dan melihat apakah softlens yang kamu pakai sekarang sudah cocok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.