7 Tips Mengatasi Rasa Nyeri Pasca Operasi Caesar

  • Bagikan
7 Tips Mengatasi Rasa Nyeri Pasca Operasi Caesar
nakita.grid.id

Seruni.id – Melahirkan dengan metode operasi caesar memang membutuhkan waktu pemulihan lebih lama daripada melahirkan normal. Bahkan, rasa nyeri pasca operasi caesar akan berlangsung cukup lama. Hal ini karena metode tersebut melibatkan operasi perut besar yang menjadi penyebab rasa nyeri tersebut, meskipun operasi telah berhasil dilakukan. Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena ada beberapa tips untuk mengatasi masalah tersebut, yakni sebagai berikut:

7 Tips Mengatasi Rasa Nyeri Pasca Operasi Caesar
haibunda.com

 

1. Mandi dengan Air Dingin atau Witch Hazel

Untuk mengatasi rasa nyeri pasca operasi caesar, cobalah mandi dengan menggunakan air dingin atau bisa pula mengompres luka yang terasa nyeri dengan witch hazel. Witch hazel merupakan ekstrak daun dan kulit kayu semak hamamelis yang berkhasiat untuk mendinginkan isitasi dan mempercepat proses penyembuhan luka memar.

 

2. Lakukan Terapi Air Hangat

Selain mandi dengan air dingin, untuk mengatasi rasa nyeri pasca operasi caesar berikutnya adalah dengan melakukan terapi air hangat. Caranya, kamu bisa berendam atau mandi di pancuran air hangat. Dengan begitu, akan ada efek relaksasi yang kamu rasakan. Bahkan, air hangat dipercaya dapat menimbulkan rasa tenang pada ibu yang baru melahirkan secara caesar.

 

3. Mengonsumsi Analgesia Oral

Mengonsumsi obat analgesia oral seperti paracetamol berfungsi untuk mengurangi rasa sakit, terlebih rasa sakit yang ditimbulkan oleh jahitan pasca operasi. Meski demikian, kamu perlu meminta rekomendasi dokter atau resep dokter terlebih dahulu, ya.

 

4. Gel Anestetik

Gel anestetik diketahui juga bermanfaat untuk mengatasi rasa nyeri pasca operasi caesar. Perlu kamu tahu, bahwa gel anestetik adalah obat yang dapat menghilangkan rasa nyeri atau memberi efek mati rasa pada bagian tubuh tertentu untuk sementara waktu. Obat ini bekerja dengan cara menghambat sinyal penyebab nyeri, sehingga mencegah munculnya rasa sakit. Oh ya, gel ini bukan merupakan obat bius total, ya. Sehingga efek mati rasa tidak akan disertai dengan hilangnya kesadaran.

 

5. Duduk di Sofa atau Cincin Karet

Ketika anak tertidur, cobalah santai sejenak dengan duduk di sofa. Buanglah segala pikiran yang membuatmu lelah. Tarik napas dan coba untuk tenang. Dengan begitu akan membuat tubuh menjadi lebih rileks dan segar kembali. Sehingga kamu pun siap dengan segala aktivitas, khususnya merawat si kecil.

 

6. Latihan Dasar Panggul

Latihan dasar panggul dipercaya dapat mengurangi rasa nyeri pasca operasi caesar. Sebab, latihan ini akan meningkatkan aliran darah ke daerah tersebut dan membantu proses penyembuhan luka akibat caesar.

 

7. Gunakan Korset

Cara terakhir untuk mengatasi rasa nyeri pasca operasi caesar adalah dengan memakai korset atau gurita. Hal ini dipercaya bisa membantu mengatasi nyeri setelah melahirkan, karena secara tidak langsung korset yang digunakan akan menyokong otot perut. Kendati demikian, penggunaannya harus diperhatikan, ya.

Sebab, penggunaan jangka panjang hanya akan melemahkan otot perut. Jika kamu ingin memakai alat bantu agar merasa nyaman namun dalam jangka waktu yang panjang, cobalah kompresi. Selain kompresi, cara lain yang bisa kamu coba adalah dengan menyangga perut ketika melakukan aktivitas tertawa, bersin, atau batuk. Dengan menyangga perut, Anda bisa mengurangi rasa nyeri.

Baca Juga: 8 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Pasca Operasi Caesar

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri pasca operasi caesar. Jika masalah tersebut tak kunjung hilang meski sudah melakukan cara di atas, maka segeralah konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

  • Bagikan