Tips Menggunakan Kunyit Agar Masakan Tidak Langu dan Getir

Tips Menggunakan Kunyit Agar Masakan Tidak Langu dan Getir

Seruni.id – Kunyit adalah salah satu tanaman rimpang serbaguna dari Asia Tenggara yang bisa dimanfaatkan untuk jamu hingga bumbu masakan. Bumbu dapur yang satu ini tidak hanya menambah rasa dan aroma pada masakan saja, tapi juga memberikan warna kuning yang khas.

Tips Menggunakan Kunyit Agar Masakan Tidak Langu dan Getir

Namun, apakah kalian tahu, ternyata penggunaan kunit tidak dibutuhkan banyak dalam beberapa resep masakan? Mungkin sekilas rasanya tidak terlalu kuat bahkan hambar, namun mengapa takaran atau porsinya perlu diatur? Karena makanan yang terlalu banyak kunyit ternyata bisa memberikan rasa getir di lidah.

Meski mungkin beberapa orang tak masalah dengan rasa getir ini, namun untuk lidah yang sensitif, makanan getir karena terlalu banyak kunyit pasti tak akan nikmat. Lalu bagaimana cara menentukan agar masakan tidak terasa pahit dan getir? Begini tips yang bisa kamu ikuti.

1. Pilih yang Tua dan  Masih Segar

Ketika ingin mengolah masakan menggunakan bahan yang satu ini, maka kamu harus jeli memilihnya, ya. Sebaiknya, pilihlah kunyit yang tua dan segar, ciri kunyit yang tua dan segar biasanya ditandai dengan umbinya yang besar, kulit tidak kering dan berkeriput, kemudian teksturnya pun keras sehingga akan memberikan warna dan aroma yang lebih kuat. Namun, hindarilah penggunaan kunyit yang terlalu tua, karena hanya akan memberikan rasa pahit pada masakan.

2. Bakar Terlebih Dahulu

Rasa getir dan pahit biasanya dihasilkan dari kunyit yang masih mentah. Nah, untuk mengurangi rasa tersebut, kamu bisa membakarnya terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Tak perlu sampai hangus, yang terpenting warnanya berubah.

3. Jangan Asal Memakai Kunyit Bubuk

Kalau kamu lebih memilih menggunakan bumbu dalam bentuk bubuk, usahakan menggunakannya secukupnya saja, ya. Dan pastikan kamu memberikannya sedikit demi sedikit untuk mengetahui takaran yang pas. Satu sendok makan adalah takaran yang sangat banyak, jadi mulai dulu dengan sejumput atau 1/4 sendok teh kunyit untuk makanan dalam porsi besar, dan kurang dari itu untuk makanan dengan porsi kecil.

4. Gunakan Secukupnya Saja

Agar makanan yang kamu buat tidak getir ataupun pahit, kunci utamanya adalah gunukan secukupnya, baik untuk yang masih segar pun bubuk. Gunakan secukupnya, jangan lebih dari yang tertera pada resep. Karena rasanya tidak akan hilang atau memudar begitu saja meski kamu telah memasaknya dengan waktu yang lama, justru akan semakin teras.

Baca Juga: 7 Rempah Tradisional untuk Menjaga Sisitem Imun Tubuh

Itu dia sekian tips yang bisa kamu terapkan jika ingin membuat makanan dengan bumbu kunyit yang tidak pahit dan getir. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.