Tips Mengisi Liburan Anak di Rumah

surabayapagi.com

Seruni.id – Siapa bilang liburan seru hanya bisa diwujudkan di luar rumah? Anda bisa memberikan liburan seru tak terlupakan, walaupun hanya di rumah, loh, Moms. Sesungguhnya, di dalam rumah, ada banyak sekali hal-hal seru dan menarik lainnya yang dapat dilakukan anak. Tak hanya itu, berlibur di rumah bersama anak juga akan membuat hubungan Anda dan mereka semakin dekat. Bagaimana sih caranya? Berikut tipsnya:

Ciptakan Permainan Kreatif

youtube.com

Liburan adalah waktu yang tepat untuk mencoba kegiatan baru. Anda bisa bereksperimen dengan permainan baru yang melibatkan seluruh anggota keluarga. Permainan ular tangga sangat cocok untuk keluarga dan anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar. Sebab, dari permainan tersebut, mampu mempererat kedekatan orangtua dan anak, melatih anak mengenal angka, melatih kemampuan berbahasa anak, serta melatih kesabaran dan ketekunan anak dalam mencapai cita-cita. Sangat seru, kan?

Berlomba Menghias Kue

kumparan.com

Menghias kue bisa menjadi salah satu cara menghilangkan rasa bosan loh, Moms. Anda bisa membuat kue mangkok atau kue kecil lainnya dan buatlah sebuah perlombaan menghias kue bersama anak. Sediakan krim kocok, serta hiasan berupa chocochip, gula-gula aneka warna. Anda juga bisa mengajak seluruh anggota keluarga atau teman si kecil untuk mengikuti lomba ini. Selain bisa memenangkan hadiah, keceriaan juga terbangun sambil menikmati kue hasil lomba tersebut.

Bersepeda

arahman.id

Mengisi liburan anak di rumah bisa juga dilakukan dengan bersepeda mengelilingi komplek loh, Moms. Selain menyehatkan, kegiatan ini juga bisa menambah ke-akraban antara orangtua dan anak. Bersepeda bisa dilakukan pada pagi maupun sore hari.

Mendongeng

gaya.tempo.co

Nah, Anda juga bisa mengisi liburan anak di rumah dengan mendongeng loh, Moms. Tak usah malu, karena mendengarkan dongeng adalah hal yang disukai anak. Ceritanya tak melulu harus sama dengan buku cerita, ya. Anda juga bisa menggunakan imajinasi sendiri, dengan tokoh yang dibuat sendiri. Agar lebih seru, libatakan anak dan ajak mereka untuk berimajinasi. Ketika mendongeng, Anda juga bisa menggunakan properti seperti boneka, wayang, ataupun hasil karya sendiri.

Menggambar dan Mewarnai

natuna.asia

Anak tentu sangat menyukai kegiatan yang satu ini. Akan tetapi, agar kegiatan menggambar dan mewarnai menjadi lebih menyenangkan, Anda bisa mengganti alat menggambar tersebut dengan alat yang jarang diketahui anak. Misalnya, cat air atau crayon diganti dengan pewarna makanan, kuasnya menggunakan ranting kayu, pelepah pisang atau yang paling sederhana dengan menggunakan jari jemari sendiri. Kegiatan ini tak hanya melatih imajinasi dan ke-kreatifan anak, tetapi juga bisa melatih motorik anak loh, Moms.

Berkebun

ibudanmama.com

Ajak anak untuk mencintai lingkungan dengan menanam tanaman di rumah. Jika tidak memiliki halaman, cukup ditanam di dalam pot saja. Ajak pula anak untuk menyiram dan memperhatikan tanaman tubuh disetiap harinya, dengan begitu anak bisa lebih menghargai lingkungan di sekitarnya.

Movie Marathon

jalantikus.com

Selain itu, Anda juga bisa mengajak anak menonton film bersama di rumah. Tentunya dengan genre filmnya disesuaikan dengan usia anak dan memiliki sisi edukatif, ya, Moms. Namun, ada cara menyenangkan agar tidak hanya sekedar menonton saja. Anda bisa menyiapkan sebuah meja, jadikan meja tersebut seolah adalah loket. Arahkan anak untuk menjadi petugas karcis.

Sediakan juga popcorn dan cemilan lainnya untuk menemani saat menonton. Jadi, sebelum duduk di sofa, Anda dan anggota keluarga lainnya bisa membuat suatu transaksi membeli karcis dan cemilan dengan si kecil. Terbayang kan, melihat anak menjadi pelayan kita dan bisa merasa puas dengan apa yang mereka lakukan.

Bermain Rumah-rumahan

Hasil gambar untuk Bermain Rumah-rumahan bersama anak
id.theAsianparent.com

Meskipun hanya di dalam rumah, Anda bisa mengajak si kecil membangun rumah-rumahan atau tenda dari bahan sederhana. Bisa dengan kain sprei tempat tidur yang diletakkan di bawah atas tatanan bangku-bangku. Atau, Anda juga bisa menjahit kain apapun yang dijadikan seperti bentuk rumah, lalu letakkan sebagai penutup meja makan. Si kecil pun bisa bermain di dalamnya layaknya sebuah rumah atau tenda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.