Tips Meningkatkan Keimanan Wanita Ketika Sedang Haid

bersamadakwah.net

Seruni.id – Umumnya setiap bulan wanita akan mengalami haid. Kondisi ini sangat rentan dengan penurunan keimanan. Karea itu, wanita memerlukan sarana untuk menguatkan dan meningkatkan keimanan mereka ketika sedang haid. Lalu, bagaimana menyiasati agar keimanan tetap stabil? Berikut tips bagi wanita haid agar keimanannya tetap terjaga, di antaranya:

[read more]

 

Menerima Fitrah

Gambar terkait
dream.co.id

Perempuan tidak perlu berburuk sangka kepada Allah. Sebab, Allah tidak mungkin sengaja ingin menurunkan keimanan seorang wanita dengan mentakdirkan haid. Seperti yang diriwayatkan Bukhari, Rasulullah pernah berkata kepada Aisyah, sesunggunya haid merupakan ketetapan Allah bagi putri-putri Adam. Hal ini dikatakan melihat dari apa yang dipaparkan Rasululllah, ridha terhadap apa yang ditetapkan Allah mengandung ibadah dan nilai keikhlasan.

Perbanyak Berdzikir

Hasil gambar untuk wanita sedang berdzikir
kabarmakkah.com

Agar dapat meningkatkan keimanan saat sedang haid, kita bisa melakukan dzikir. Kegiatan ini tentu tidak berdosa, bahkan Allah akan memberikan pahala yang berlebih bagi wanita yang tetap menyabut nama-Nya meskipun sedang haid. Meskipun tubuh sedang tidak suci, dzikir bisa dilakukan kapan saja.

Jauhi Musik Atau Film

Gambar terkait
mercuryshop.com.br

Untuk meningkatkan keimanan seorang wanita ketika sedang haid, maka wanita tersebut diharuskan untuk menjahui segala jenis musik pun film. Karena jika tidak, hal tersebut akan menyebabkan seseorang menjadi lalai. Jika memang ingin menikmatinya, kamu bisa membatasi durasi musik atau pun film yang kamu nikmati. Jangan sampai dalam sehari penuh hanya dihabiskan untuk menonton film.

Mengikuti Kajian Keislaman

Gambar terkait
republika.co.id

Ketika sedang haid, wanita masih bisa meningkatkan keimanan mereka dengan cara mengikuti berbagai kajian keislaman. Tak harus datang ke tempatnya langsung, sekarang ini semua telah dipermudah, kamu bisa mengikuti berbagai kajian melalui Youtube, bisa secara online pun offline.

Muroja’ah Hafalan Alquran

Hasil gambar untuk muslimah sedang Muroja'ah Hafalan Alquran
syariahonline-depok.com

Selanjutnya, kamu bisa melakukan muroja’ah atau hafalan Alquran untuk meningkatkan keimanan. Tidak ada yang tidak bisa selama mau berusaha. Entah itu hanya 1 juz, atau lebih.

Membaca Buku Positif

Hasil gambar untuk muslimah membaca buku
ruangmuslimah.co

Wanita yang sedang haid secara hormonal kagak labil. Oleh karena itu sangat penting untuk mendapatkan asupan-asupan positif, baik dari buku bacaan ataupun dari artikel-artikel online yang banyak diperoleh di website Islami.

Haid bukan alasan untuk wanita meninggalkan ibadah, karena jika ibadah ditinggalkan maka akan berpotensi menurunkan keimanan seorang wanita. Wanita yang sedang datang bulan masih berpeluang melaksanakan ibadah. Semoga bermanfaat.

[/read]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.