5 Tips Menjadi Istri Cerdas Finansial, Agar Makin Disayang Suami

  • Bagikan
5 Tips Menjadi Istri Cerdas Finansial, Agar Makin Disayang Suami
sisternet.co.id

Seruni.id – Menjadi istri cerdas finansial adalah salah satu kebanggaan seorang suami. Cerdas finansial adalah istilah yang menggambarkan seseorang yang dapat dengan mudah mengatur urusan-urusan keuangan, baik pribadi maupun keluarga. Ketika seorang istri pandai mengatur keuangan, bukan tidak mungkin akan semakin disayang oleh suami.

5 Tips Menjadi Istri Cerdas Finansial, Agar Makin Disayang Suami
cermati.com

Nah, maka dari itu, kamu harus menjadi salah satu istri cerdas finansial. Bagaimana caranya? Yuk baca tips di bawah ini, cocok juga loh untuk kamu yang baru akan berumah tangga.

 

1. Buat Anggaran Setiap Kali Menerima Gaji

Biasanya seorang suami akan menyerahkan seluruh gajinya kepada istrinya untuk dikelola dengan baik. Mengelola gaji suami, tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi para istri. Sebagai istri cerdas finansial, kamu pastinya sudah tahu apa yang harus dilakukan. Salah satunya adalah dengan membuat anggaran setiap kali menerima gaji. Alokasikan dana secermat mungkin, sesuaikan dengan kebutuhan keluarga. Apakah hal ini sudah rutin kamu lakukan?

 

2. Membayar Tagihan Tepat Waktu

Membayar tagihan tepat waktu, adalah salah satu tips istri cerdas finansial. Agar tidak ada yang terlewat, cobalah buat list tagihan yang harus dibayarkan setiap bulannya. Mulai dari listrik, sekolah, air dan tagihan lainnya. Usahakan tidak menunda-nunda, karena khawatir akan terlupa sehingga menyebabkan tagihan semakin membengkak. Kamu bisa mencatatnya di buku khusus maupun di handphone.

 

3. Usahakan untuk Memiliki Tabungan

Tabungan adalah hal yang wajib, apalagi setelah menikah. Sebab, akan banyak sekali kebutuhan yang tak terduga. Usahakan untuk memiliki tabungan produktif atau minimal dana darurat. Cara cerdas finansial ini akan sangat berguna untuk hal-hal bersifat urgent atau dadakan. Cara yang paling mudah adalah dengan memisahkan tabungan keluarga di rekening yang berbeda. Selain itu, minimal nominalnya juga harus ditentukan.

 

4. Efektif dalam Mengalokasikan Anggaran Belanja Bulanan

Belanja bulanan adalah kegiatan yang paling menyenangkan bagi ibu rumah tangga sekaligus bikin ‘senam jantung’. Karena kadang kala, belanja yang dikeluarkan lebih besar daripada anggaran yang ditentukan. Nah, agar menjadi istri cerdas finansial, cobalah mengalokasikan anggaran belanja bulanan agar lebih hemat. Selain itu, kamu juga harus banget ‘bersahabat’ dengan promo dan diskon.

 

5. Tidak Pernah Merasa Kekurangan di Akhir Bulan

Mereka yang cerdas dalam mengelola finansial, biasanya tidak akan merasakan kekurangan di akhir bulan. Sebab, mereka pandai mengatur keuangan bulanan dengan baik berdasarkan poin-poin di atas. Jika kamu masih merasa kekurangan, maka cobalah perbaiki caramu mengelola keuangan.

Baca Juga: 5 Tips Menyiasati Kenaikan Harga Bahan Pokok Agar Keuangan Terkendali

Jadi, itulah lima cara menjadi istri cerdas finansial. Coba diterapkan yuk, agar semakin disayang oleh suami.

  • Bagikan