Tips Menjaga Kesehatan Ketika Menunaikan Ibadah Haji

radarbangka.co.id

Seruni.id – Menjalankan ibadah haji memerlukan banyak persiapan. Apalagi, ibadah yang dilakukan di Tanah Suci ini menjadi pariputna dari keislaman seorang muslim. Tak hanya menyiapkan pakaian, uang, dan kebutuhan lainnya. Ada hal yang tak kalah penting untuk dipersiapkan, yaitu kesiapan mental dan fisik. Selain mempersiapkan fisik selagi masih ada di tanah air, kita juga perlu menjaga kesehatan selama di Tanah Suci agar ibadah tetap berjalan dengan baik. Berikut tipsnya:

mnctrijaya.com

Tips Menjaga Kesehatan Saat di Tanah Suci

  • Saat berada di Tanah Suci, Anda harus memperhatikan kebersihan ya, mulai dari makanan dan minuman. Selama di sana, biasanya Anda akan menemukan makanan yang tidak familiar. Nah, selain kebersihan, perhatikan pula jenis-jenis makanan yang bisa menyebabkan alergi.
  • Perjalanan antara Mekkah dan Madinah menghabiskan waktu kurang lebih selama 10 jam, tentunya Anda membutuhkan energy yang lebih. Untuk itu, sebaiknya bawalah bekal seperti air mineral atau snack-sanck lainnya. Air mineral yang aman dikonsumsi selain air yang Anda bawa sendiri, adalah air zam zam yang bisa langsung diminum merski tidak dimasak. Sebab, di dalam air zam zam sendiri terkandung fluoride yang tinggi dan mampu membunuh kuman.
  • Ketika tengah berada di Tanah Suci, jangan lupa untuk selalu menggunakan masker, apalagi saat berada di keramaian dan kawasan gurun. Tujuannya untuk menghindari diri dari alergi karena debu taupun penyebaran penyakit dari jamaah lain.
  • Bawalah selalu sabun pribadi ke manapun Anda pergi, agar memermudah ketika mencuci tangan sebelum makan.

Perhatikan Makan dan Kesehatan Fisik

  • Ketika mendapatkan jatah makanan, segera santap makanan tersebut selagi masih hangat dan segar. Hindari menyimpan jatah makanan terlalu lama, ya. Banyak jemaah haji yang tak ingin repot makan saat dibagi jatah makanan dan menyimpannya untuk dimakan di hotel atau tempat istirahat. Lebih baik sedikit repot daripada makanan menjadi basi karena terlalu lama disimpan dan kitapun kurang energi.
  • Perhatikan penyakit yang telah dialami sebelum berangkat ke Tanah Suci. Periksakan diri dan kondisi terakhir sebelum berangkat, konsultasikan juga pada dokter Anda agar dokter bisa memberi saran untuk menghindarkan terjadinya kemungkinan komplikasi atau penyakit kambuh.
  • Beritahukan juga kondisi Anda pada kepala kelompok agar dapat waspada dengan berbagai kemungkinan.
  • Usahakan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter dalam kelompok. Terutama bagi yang memiliki penyakit diabetes agar dapat mengatur pola makan tapi juga tidak perlu berhenti makan karena gula dara naik.
  • Istirahatlah yang cukup. Jamaah haji membutuhkan stamina yang baik untuk dapat menyelesaikan berbagai rangkaian ibadah haji. Fokuskan untuk ibadah dna kurangi jalan-jalan dan belanja jika stamina tidak memungkinkan.
  • Bagi jamaah yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya sedikan krim anti nyamuk dan anti jamur untuk melindungi kulit dari gigitan serangga dan menjaga kelembaban kulit.
  • Hindari aktivitas yang tidak berhubungan dengan rangkaian ibadah haji, terutama di tempat terbuka untuk menghindari udara panas di Tanah Suci.

Itulah tips menjaga kesehatan selama menunaikan ibadah haji. Dengan melakukan cara dan persiapan menjaga kesehatan, diharapkan Anda dapat terhindar dari penyakit dan kondisi yang merugikan selama di Tanah Suci hingga tetap sehat sampai kembali ke tanah air.

Berikan Dukungan Kepada Kami Dengan Memberikan Rating

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.