7 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh dan Kulit di Tengah Suhu Panas yang Melanda

  • Bagikan
7 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh dan Kulit di Tengah Suhu Panas yang Melanda
hellosehat.com

Seruni.id – Menjaga kesehatan tubuh dan kulit penting sekali dilakukan. Terlebih, akhir-akhir ini kita sedang mengalami suhu panas. Menurut informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), suhu panas yang terjadi dikarenakan Indonesia akan memasuki musim pancaroba. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit selama cuaca panas terjadi. Cek di bawah ini, yuk!

 

1. Memperbanyak Minum Air Putih

Kita disarankan untuk memenuhi asupan cairan di dalam tubuh, caranya adalah dengan memperbanyak minum air putih. Apalagi di tengah cuaca panas yang melanda Indonesia akhir-akhir ini. Untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit, minumlah air putih lebih banyak dari biasanya. Tujuannya agar kebutuhan cairan di dalam tubuh tetap terjaga sehingga terhidrasi dengan baik.

 

2. Makan Buah-buahan

Minum air putih saja tidaklah cukup untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit, tapi harus menyeimbangkan dengan mengonsumsi buah-buahan dengan kandungan air yang tinggi. Buah-buahan dengan tinggi kadar airnya, dapat dijadikan sebagai camilan sehari-hari.

 

3. Menggunakan Pelembap

Ketika suhu panas melanda, kulit cenderung lebih cepat kering, dan pastinya kondisi ini membuat kita kurang nyaman. Salah satu cara agar kulit tetap lembap adalah dengan rutin menggunakan pelembap, meskipun kamu hanya di dalam rumah. Selain dapat menutrisi kulit, mengaplikasikan pelembap juga akan mencegah kerusakan kulit lebih parah karena suhu panas.

 

4. Batasi Minuman Berkafein

Hindarilah minuman berkafein di saat cuaca sedang panas. Sebab, minuman berkafein bersifat diuretik, yang berarti bisa membuat hilangnya cairan dalam tubuh, sehingga hanya akan membuat dehidrasi.

 

5. Hindari Terlalu Sering Mandi

Ketika cuaca panas mandi adalah solusi untuk membuat tubuh menjadi lebih segar. Namun sayangnya, terlalu sering mandi ketika cuaca sedang ekstrem hanya akan membuat kulitmu menjadi kering. Sebaiknya mandilah dengan sewajarnya, yakni dua kali sehari.

 

6. Batasi Aktivitas di Luar Ruangan

Tips menjaga kesehatan tubuh dan kulit berikutnya adalah dengan membatasi aktivitas di luar ruangan, terlebih di siang hari ketika cuaca sedang terik. Jika mengharuskan untuk keluar, maka gunakan topi atau payung.

 

7. Pilih Pakaian Berbahan Katun

Mengapa harus katun? Sebab, pakaian dengan bahan tersebut cenderung lebih mudah menyerap keringat daripada bahan lainnya. Baju berbahan katun, juga dinilai tidak menyimpan panas, sehingga akan membuat tubuh terasa dingin.

Itulah tips menjaga kesehatan tubuh dan kulit ketika cuaca panas melanda. Semoga tips di atas bisa bermanfaat, ya. Selamat mencoba!

Baca Juga: Penyebab Cuaca Terik dan Gerah yang Tak Biasa Akhir-akhir ini

  • Bagikan