Tips Merawat Kulit Saat Musim Hujan

Tips Merawat Kulit Saat Musim Hujan
lifestyle.okezone.com

Seruni.id – Ketika musim penghujan telah tiba, menjaga kondisi tubuh agar tetap vit, penting sekali untuk kita lakukan. Dan merawat kulit saat musim hujan pun tak kalah pentingnya, loh. Sebab, sama halnya di musim kemarau, berbagai masalah kulit bisa saja muncul secara tiba-tiba.

Tips Merawat Kulit Saat Musim Hujan
hellosehat.com

Seperti masalah kulit, bibir kering, pecah-pecah, dan kaki gatal serta kasar, umum terjadi di musim hujan. Nah, bagaimana sih cara merawat kulit saat musim hujan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan? Berikut tipsnya yang telah Seruni rangkum dari berbagai sumber.

1. Menggunakan Tabir Surya

Mungkin banyak yang berpikir, bahwa tabir surya hanya bisa digunakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari saja. Padahal, tabir surya juga berguna digunakan saat musim hujan meskipun matahari tak menampakan sinarnya. Sebab, air hujan yang mengenai kulit kamu juga bisa menimpulkan kerusakan. Jadi, di saat musim hujan seperti saat ini, jangan lupa memakai tabir surya, ya.

2. Hindari Mandi dengan Air Panas

Saat musim hujan, hawa panas pun akan berubah menjadi terasa lebih dingin. Tak jarang membuat sebagian orang malas sekali untuk mandi karena tidak tahan dingin. Jika memang benar-benar tidak tahan, cobalah mandi dengan air hangat. Sebab, hal ini akan meluruhkan pelembab alami di dalam tubuh. Karena itulah, batasi waktu mandi dengan air panas atau hangat sehingga maksimum 10 menit, dan tidak mandi air panas lebih dari sekali dalam sehari.

3. Gunakan Pembersih dan Toner Bebas Alkohol

Pembersih yang memiliki kandungan susu di dalamnnya dapat membantu menjaga kulit tetap halus dan mencegah kulit kering. Jangan gunakan masker yang terbuat dari tanah liat pada kulit karena dapat meluruhkan kelembapan alami kulit. Pastikan pembersih dan toner yang kamu gunakan bebas dari alkohol, ya.

4. Banyak Minum Air Putih

Tips merawat kulit saat musim hujan juga bisa dengan minum air putih yang banyak. Mudah banget, kan? Air putih merupakan sumber nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh dan kulit kita. Selain itu, air putih juga bisa mengeluarkan racun di dalam tubuh dan membuat kulit tampak lembap dan bercahaya. Oleh sebab itu, minumlah air putih sedikitnya delapan gelas sehari.

5. Eksfoliator

Pada musim hujan, jangan lupa untuk melakukan eksfoliasi kulit lebih sering. Dalam jangka waktu dua kali atau lebih dalam seminggu untuk menghilangkan sel kulit mati. Dengan begitu, pori-pori kulit akan terbuka dan bernafas, serta tetap dalam kondisi lembab.

6. Mencuci Rambut dengan Teratur

Kamu perlu mencuci rambut lebih sering ketika musim hujan, untuk merawat kulitmu agar tetap dalam keadaan baik. Karena kelembaban pada cuaca hujan bisa meresap dan membuat kita mudah berkeringat. Keringat akan menimbulkan banyak kuman dan membuat debu menempel di kulit. Selain itu, cucilah sarung bantal lebih sering dan pastikan bantal dalam kondisi tetap bersih. Bantal yang kotor akan membuat kulit mudah tersumbat dengan kotoran dan akan muncul jerawat pada wajah.

7. Hindari Memakai Baju yang Bisa Mengiritasi Kulit

Beberapa jenis pakaian tidak melulu baik digunakan saat musim hujan, karena bisa menilbulkan iritasi pada kulit. Sebaiknya kenakan saja kemeja berbahan katun, atau sweater dan mantel. Bahan wol kedua jenis baju hangat tidak akan mengiritasi dan mengeringkan kulit.

Baca Juga: 10 Jenis Minuman Hangat yang Cocok Diseruput Saat Musim Hujan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.