11 Manfaat Bunga Calendula untuk Kesehatan Kulit

  • Bagikan
11 Manfaat Bunga Calendula untuk Kesehatan Kulit
wolipop.detik.com

Seruni.id – Manfaat bunga Calendula untuk kesehatan kulit sudah dikenal sejak lama dalam industri kecantikan. Bukan hanya membantu dalam proses penyembuhan luka, tanaman berbunga kuning ini juga sering dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai penyakit kulit. Untuk selengkapnya, simak penjelasannya pada artikel berikut, ya.

11 Manfaat Bunga Calendula untuk Kesehatan Kulit
pikiran-rakyat.com

Calendula offcinalis atau pot marigold merupakan tanaman herba yang kerap ditemukan dalam produk herbal perawatan kulit. Nama abadi ini berasal dari bahasa Latin yakni “Kalendae” yang berarti “Kalender kecil” atau “Hari pertama setiap bulan”. Bunga berwarna orenye atau emas dengan aroma khasnya, adalah salah satu ramuan terpercaya selama aberabad-abad, Calendula diketahui telah digunakan secara tradisional dalam Pengobatan Ayurveda dan Tradisional Cina.

Manfaat bunga Calendula didapat dari beragam senyawa bioaktif yang terdapat di dalamnya. Berkat kandungan tersebut, Calendula sering dijadikan sebagai suplemen, minyak, balsem, krim, hingga skin care. Berikut manfaat bunga Calendula untuk kesehatan yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Ektrak bunga Calendula baik dalam bentuk minyak, balsem, maupun salep dapat merangsang produksi protein tertentu yang berguna dalam mempercepat proses penyembuhan luka. Selain itu, ekstrak Calendula juga dapat meningkatkan jumlah kolagen pada luka seiring pernymbuhannya. Kolagen pada luka berguna untuk pertumbuhan jaringan kulit baru.

2. Sebagai Obat Jerawat

Manfaat Calendula untuk wajah berjerawat sepertinya tidak perlu diragukan lagi. Menurut penelitian laboratorium, menemukan bahwa ekstrak dari bunga Calendula mungkin berguna dalam mengobati dan mencegah jerawat vulgaris. Jika sulit menemukan bunga Calendula, kamu bisa menggunakan produk Calendula dalam bentuk sabun pembersih wajah. Selain itu, bisa juga mengaplikasikan krim Calendula, minyak, atau perawatan spot ke seluruh wajahmu atau menggunakannya pada area yang rawan berjerawat.

3. Menghidrasi dan Menutrisi Kulit Kering

Kini sudah banyak skin care yang memiliki kandungan Calendula. Hal ini karena manfaat bunga Calendula sudah tidak diragukan lagi. Salah satunya yakni dapat menghidrasi serta menutrisi kulit kering. Calendula dapat dimanfaatkan untuk meredakan berbagai jenis kondisi kulit yang dapat menyebabkan area kering, gatal, atau iritasi.

Calendula juga dapat meredakan kulit yang mengalami gejala eksim, dematitis, dan sejenisnya. Dengan mempromosikan produksi kolagen, protein penting untuk kulit bercahaya, Calendula membantu dapat memelihara kulit agar lembut dan tetap terhidrasi. Meskipun efeknya kuat, kelembuatan dari ramuan Calendula dalam perawatan kulit juga dapat dirasakan oleh pemilik kulit sensitif.

4. Sebagai Tabir Surya

Untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari lansung, Calendula mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Berdasarkan studi laboratorium 2012 menemukan bahwa minyak Calendula memiliki sifat SPF sebagai campuran krim. Namun, terkait hal ini, masih membutuhkan pengujian lebih lanjut untuk mendukung krim Calendula sebagai tabir surya yang memungkinkan.

5. Mencegah Tanda-tanda Penuaan

Manfaat bunga Calendula untuk wajah berikutnya yaitu dapat mencegah tanda-tanda penuaan. Hal tersebut karena kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya. Bahkan, sebuah studi pun telah membuktikan, bahwa ekstrak Calendula dapat meningkatkan kelembapan, kekencangan, dan kekenyalan pada kulit, sehingga membuat kulit tampak lebih awet muda.

6. Menngatasi Infeksi Jamur

Salah satu manfaat bunga Calendula ini adalah memiliki sifat anti jamur. Kandungan tersebut cukup efektif dalam mengatasi infeksi yang disebabkan oleh kutu air dan kurap. Bahkan, pada studi lain ditemukan, bahwa krim Calendula juga efektif dalam mengatasi kandidiasis vaginalis, walaupun waktu penyembuhannya lebih lama daripada obat jamur yang sesuai standar.

7. Membantu Meregenerasi Kulit

Bunga Calendula memiliki sifat yang menenangkan, sehingga ekstrak minyak Calendula dapat dimanfaatkan sebagai aromaterapi yang dapat merangsang pertumbuhan sel-sel pada kulit.

8. Meredakan Ruam Popok

Calendula diketahui juga bisa dimanfaatkan sebagai pengobatn alami ruam popok. Bahakn, dalam sebuah studi disebutkan, bahwa penggunaan salep dengan kandungan Calendula jauh lebih efektif dalam meredakan ruam popok daripada penggunaan bahan alami lainnya, seperti gel lidah buaya.

9. Melembapkan Kulit

Minyak atau face oil yang mengandung bunga Calendula menjadi obat yang efektif bagi pemilik kulit kering. Karena dapat membuat kulit menjadi lembap. Selain itu, kulitmu pun akan tampak lebih bercahaya dan terlihat awet muda.

10. Mengatasi Dermatitis Kontak

Dermatitis kontak merupakan kondisi di mana kulit mengalami radang dan iritasi. Biasanya kondisi ini ditandai dengan munculnya ruam merah pada kulit. Namun, dengan menggunakan produk berbahan bunga Calendula, dermatitis kontak akibat paparan radiasi pun dapat dicegah.

11. Mampu Menangkal Sel Kanker

Selain vitamin dan senyawa, Calendula juga mengandung antioksidan yang mampu mencegah dan menangkal sel kanker. Berdasarkan penelitian yang dirilis oleh The Journal Nutrition, para peneliti dari Washington State University menemukan kandungan antioksidan dalam Calendula yang dapat meredam jumlah sel tumor sekaligus mencegah sel tumor baru datang lagi. Selain itu, kandungan antioksidan pada Calendula juga mampu melawan sel kanker usus besar, leukimia, dan melanoma.

Baca Juga: 7 Jenis Bunga yang Bisa Dikonsumsi Sebagai Teh

Demikianlah manfaat bunga Calendula yang perlu kalian tahu. Ternyata selain untuk kesehatan kulit, manfaat bunga Calendula juga dapat tubuh rasakan secara keseluruhan, mulai dari mengobati radang gusi, meredakan sakit tenggorokan, meningkatkan kesehatan jantung, hingga mengambat pertumbuhan sel kanker.

Meski demikian, beberapa manfaat di atas masih perlu pembuktikan lebih lanjut melalui penelitian dalam skala yang lebih tinggi. Jadi, kamu harus tetap berhati-hati dalam menggunakan Calendula sebagai pengobatan dan perawatan wajah.

  • Bagikan
seruni.id