8 Tips Merawat Hijab Berbahan Voal Agar Tak Mudah Rusak

8 Tips Merawat Hijab Berbahan Voal Agar Tak Mudah Rusak
moslemlifestyle.com

Seruni.id – Hijab berbahan voal menjadi favorit para hijabers, karena memiliki tekstur yang lembut, ketebalan yang pas, serta ringan ketika dipakai. Tak heran, jika bahan ini naik daun di kalangan para Muslimah berhijab. Untuk kamu yang memiliki hijab berbahan voal, Seruni sarankan jangan hanya suka mengoleksinya saja, tapi juga harus tahu bagaimana cara merawatnya agar tidak mudah rusak.

8 Tips Merawat Hijab Berbahan Voal Agar Tak Mudah Rusak
winnetnews.com

Sebab, mencucui kerudung voal tidak bisa secara asal-asalan, loh. Jika tidak dilakukan secara benar, bisa saja warnanya akan memudah tak tak selembut semula. Agar tetap awet, berikut ini beberapa cara merawat kerugung voal dengan benar.

1. Cuci dengan Tangan

Cara merawat hijab voal yang mesti diperhatikan adalah bagaimana cara mencucinya. Nah, sebaiknya hijab berbahan voal ini dicuci menggunakan tangan, karena dipercaya jauh lebih baik dibanding menggunakan mesin cuci. Meski mencuci dengan tangan, alangkah lebih baik lagi untuk tidak menyikat dan menguceknya terlalu keras, cukup bilas dengan lembut. Terlebih jika hijab tidak kotor.

2. Pakai Shampo

Beberapa orang menyarankan untuk mengganti deterjen dengan shampo untuk mencuci hijab berbahan voal. Sebab, formula shampo jauh lebih ringan dibandingkan deterjen, sehingga tidak cepat merusak serat kain. Jika ingin lebih terjamin kebersihannya, kamu bisa memakai sabun cuci berformula lembut seperti deterjen khusus pakaian bayi.

3. Hindari Sinar Matarahi Secara Langsung

Setiap hijab voal memiliki kualitas warna yang berbeda-beda. Khusus untuk kerudung voal bermotif, tak semua warna hasil print atau sublime berkualitas baik, loh. Nah jadi, untuk menjaganya, hindari sinar matahari secara langsung ketika dijemur, ya.

4. Setrika dengan Suhu Sedang atau Medium

Hijab yang kusut terkadang membuat kita tidak percaya diri, bukan? Agar terlihat rapi terkadang kita harus menyetrikanya terlebih dahulu. Namun, pada saat menyetrika hijab ini, pastikan suhu setrikaan tidak terlalu panas alias sedang atau medium. Karena jika menyetrika dengan suhu terlalu tinggi akan merusak kualitas kain dan warnannya. Apalagi, voal bukan termasuk jenis kain yang mudah kusut, cukup setrika dengan suhu rendah daja hijab sudah licin kembali.

5. Jangan Dilipat

Nah, ketika sudah disetrika, hindari menyimpan hijab voal dengan cara dilipat. Karena bahan jenis ini sangat snsitif terhadap bekas lipatan. Akibatnya, kerudung malah akan terlihat kusut dan berantakan. Sebaiknya gunakan alat khusus untuk menggantung hijab dengan bentuk seperti lingkaran.

6. Perhatikan Penggunaan Jarum

Hindari peniti atau bros yang memiliki sudut. Serat kain bisa tersangkut ketika akan melepas peniti. Sebaiknya gunakan tuspin atau peniti bohlam yang tidak bikin hijab nyangkut. Pilih bentuk jarum yang tipis agar hijab tidak cepat berlubang.

7. Mencuci Bahan Sebelum Menjahit

Tips terakhir ini adalah tips khusus untuk kamu yang menjual hijab voal, atau membeli bahan voal untuk dibuat hijab sendiri. Sebaiknya cuci hijab voal sebelum kalian menjahitnya. Kain voal juga bisa menyusut ukurannya setelah dicuci. Jadi kalian harus pastikan dengan baik bahwa kain sudah dicuci dulu sebelum masuk produksi hijab.

Baca Juga: Ini 8 Cara Mencegah Bau Tak Sedap pada Hijab

8. Cara Pemakaian

Merawat hijab voal tidak cukup sampai situ saja, saat akan mengenakan hijab pun perlu kamu ketahui. Pasalnya, penggunaan hijab voal yang asal lambat laun akan mengubah warna dan tampilan hijab, untuk itu perlu untuk mengenakan ciput atau dalaman hijab sebelum mengenakan hijab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.