8 Trik Mengatasi Rasa Lapar Saat Sedang Diet

  • Bagikan
hellosehat.com

Seruni.id – Mengatasi rasa lapar saat diet tentu sering kamu rasakan, terutama saat diet ketat. Namun, jangan biarkan tubuh kamu merasakan lapar yang begitu berat. Jika memang sudah terasa lapar dan bahkan pusing, jangan paksakan untuk menahannya. Diet yang sehat untuk menurunkan berat badan adalah kombinasi antara asupan nutrisi yang baik dan olahraga. Lalu, bagaimana cara tepat mengatasi lapar saat sedang diet? Berikut triknya!

Minum Air Putih

Image result for Minum Air Putih
haibunda.com

Tahukah kamu, bahwa sebagaian rasa apar dan keinginan untuk ngemil yang muncul saat diet merupakan tanda dehidrasi? Ya, dehidrasi alias kekurangan cairan juga bisa membuat kita seperti merasa lapar dan ingin ngemil. Cara mengatasinya, minum air putih saat merasa lapar dan tunggu apakah rasa laparnya hilang dengan segera.

Tingkatkan Konsumsi Makanan Berserat Tinggi

Image result for makanan berserat tinggi
lifestyle.kompas.com

Tentu sudah bukan rahasia umum lagi, bahwa makanan yang memiliki serat tinggi, dapat membantu menurunkan berat badan. Serat tinggi bisa kamu dapatkan dari makanan roti gandum, greek yoghurt, dan oatmeal.

Roti gandum bisa menjadi pengganti roti biasa. Sedangkan oatmeal bisa menjadi makanan pengganti nasi. Konsumsi oatmeal selain memiliki serat tinggi, juga memiliki kandungan protein. Pastinya bisa membuat kamu lebih cepat kenyang sehingga membantu mengatasi rasa lapar saat diet.

Makan Pelan-pelan

Image result for Makan Pelan-pelan
wowmenariknya.com

Sudah mengetahui jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi saat diet, saatnya kamu melahapnya perlahan. Membutuhkan beberapa waktu bagi otak untuk menyadari bahwa tubuh kamu sudah kenyang.

Inilah yang menyebabkan kamu akan terus melahap makanan, apabila mengunyahnya dengan cepat. Makan perlahan-lahan, dapat membantu membuat kamu terasa lebih cepat kenyang dan tidak cepat lapar.

Minum Teh Hijau

Related image
beritasatu.com

Selanjutnya trik yang bisa dipakai untuk mengatasi rasa lapar, yakni meminum teh hijau. Teh hijau memiliki kandungan antioksidan bernama polyphenol yang tinggi dan bisa membuat tubuh menjadi segar. Jangan tambahkan pemanis buatan, baik itu gula maupun madu, agar efek menahan lapar dan ngemil bisa maksimal.

Minum Kopi

Image result for Minum Kopi
hellosehat.com

Minum kopi juga bisa membantu kamu menghindari rasa lapar saat diet. Kafein yang terdapat di dalamnya juga dapat membantu tubuh lebih kuat dan bersemangat. Kamu pasti sering mendengar orang-orang yang minum kopi terlebih dahulu, agar kuat begadang. Hal ini tidak sepenuhnya salah.

Kopi memang dapat merangsang tubuh lebih energik. Selain itu, asam pada kopi juga bisa meningkatkan metabolisme pada tubuh yang sangat dibutuhkan saat diet. Namun, pastikan kamu tidak mencampurkan gula terlalu banyak di dalamnya. Kamu bisa menambahkan sedikit susu full cream atau low fat.

Jangan Pikirkan Makanan

Related image
palembang.tribunnews.com

Kekuatan pikiran berperan cukup besar saat kamu sedang diet. Jika kamu banyak memikirkan tentang makanan, seperti membayangkan enaknya junk food di restoran cepat saji, ramen, hingga sushi, otak akan mengirimkan sinyal lapar pada perut.

Bukan berarti kamu tidak boleh memakannya. Namun, menghindari konsumsi makanan berlebih sangat diperlukan saat kamu ingin diet menurunkan berat badan.

Cukup Tidur

Related image
solo.tribunnews.com

Jangan lupa untuk istirahat dan tidur yang cukup di malam hari. Kurangi kebiasaan tidur terlalu larut dan bangun siang. Setelah lelah aktivitas seharian, tubuh kamu membutuhkan istirahat yang cukup. Hal ini juga tak kalah berpengaruh dalam proses metabolisme.

Jalan Kaki

Image result for Jalan Kaki
jogja.tribunnews.com

Jalan kaki dan bergerak secara umum disebut bisa menahan rasa lapar dan keinginan ngemil. Sebabnya, bisa jadi rasa lapar yang kamu rasakan berasal dari masalah emosional, bukan karena kekurangan energi. Nah, jalan kaki dan jenis aktivitas fisik aerobik lainnya disebut baik untuk menenangkan kondisi emosional, dan membuat rasa lapar pergi.

  • Bagikan